Pengertian Dan Contoh Alat Musik Ritmis

Loading...

ASTALOG.COM – Alat musik adalah sebuah alat yang diciptakan dengan maksud agar dapat menghasilkan musik atau nada. Jika dilihat dari fungsinya, alat musik dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu alat musik melodis (sering pula disebut alat musik bernada), alat musik harmonis, serta alat musik ritmis (tidak bernada).

Disamping alat musik ritmis, penting pula untuk mengetahui jenis alat musik lainnya, seperti alat musik melodi dan harmonis. Alat musik melodi ini, adalah jenis alat musik yang banyak dimainkan orang guna menghasilkan suatu melodi pada sebuah lagu. Sebagai contoh yaitu biola, flute dan recorder. Penggunaan serta cara memainkan alat musik melodis tentu berbeda antara yang satu dengan yang lain. Ada yang dipetik, ditiup ataukah digesek.

Alat musik ritmis berbeda dengan alat musik melodis, alat musik ini tidak bernada. Umumnya digunakan untuk mengatur irama lagu. Beberapa cara penggunaan alat musik ritmis yaitu dipukul, entah itu dengan tangan ataukah menggunakan alat pemukul. Disamping itu, alat musik ritmis dapat pula dimainkan dengan cara dikocok. Contohnya adalah drum, tamborin, kastanyet, dan lain sebagainya. Biasanya alat musik ini digunakan sebagai musik pengiring dan pengatur tempo lagu. Gendang, merupakan salah satu contoh alat music ritmis tradisional.

BACA JUGA:  Jelaskan Perkembangbiakan Pada Hydra!

Sedangkan yang dimaksud dengan alat musik harmonis adalah alat musik digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Beberapa alat musik yang termasuk dalam alat musik harmonis antara lain gitar, piano, kentrung, dan lain sebagainya.

Untuk lebih mengenal jauh alat musik ritmis, berikut disajikan beberapa contoh alat musik ritmis yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri:

1. Tamborin
Tamborin adalah satu dari sekian alat musik ritmis yang umumnya digunakan sebagai pengiring lagu yang memiliki irama riang. Alat musik ini berbentuk menyerupai lingkaran logam yang disetiap sisinya ada bulatan-bulatan logam tipis yang dipasang rangkap. Memiliki kerincingan kecil di sekitarnya sehingga akan menghasilkan bunyi bergemerincing jika digoyangkan. Ada pula jenis tamborin yang terbuat dari kulit.

2. Rebana
Rebana merupakan gendang yang memiliki bentuk bundar dan pipih dengan bingkai yang terbuat dari kayu yang dilapisi oleh kulit kambing. Beberapa negara ASEAN seperti Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura seringkali menggunakan alat musik ini dalam berbagai acara keseniannya. Rebana seringkali digunakan dalam mengiringi musik irama padang pasir, seperti, gambus, kasidah dan hadroh. Cara penggunaannya yaitu dengan dipukul-pukul menggunakan telapak tangan.

BACA JUGA:  Jamur pada Hasil Fermentasi Tempe

3. Drum
Drum dapat dikategorikan ke dalam kelompok alat musik pukul yang dibuat dari kulit dan dipukul dengan sebuah batang agar menghasilkan bunyi. Disamping kulit, bahan lain yang biasanya digunakan dalam pembuatan drum yaitu plastik. Drum merupakan salah satu alat musik populer di dunia dan terdiri dari beberapa jenis, misalnya kendang, timpani, dan lain-lain. Dalam dunia musik pop, mereka yang memainkan drum disebut sebagai “drummer”.

4. Kastanyet
Kastanyet adalah jenis alat musik ritmis yang banyak digunakan untuk mengiringi tari-tarian Spanyol. Alat musik ini dimainkan dengan cara meletakkannya pada tangan bagian kiri, lalu tangan kanan menepuk-nepuk tangan kiri agar kastanyet menghasilkan bunyi yang diinginkan.

5. Timpani
Timpani merupakan jenis alat musik ritmis lainnya yang penggunaannya dipukul dengan alat yang berupa stik atau mallet timpani. Tabung timpani memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk, dan terbuat dari bahan kuningan. Alat musik timpani biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.

BACA JUGA:  Hal-hal yang Melatar Belakangi Wawasan Nusantara

6. Simbal tangan
Simbal termasuk dalam golongan alat musik tradisional karena telah dimainkan sejak berabad-abad yang lalu. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul-pukul guna menghasilkan bunyi. Contoh simbal tangan umumnya digunakan pada Marching Band, yang mana terdiri dari dua keping besi/logam berbentuk bulat dan terpasang di kedua tangan pemainnya.

7. Marakas
Alat musik marakas ini sangat identik dengan pantai beserta dengan angin laut yang segar. Marakas adalah salah satu alat musik ritmis tradisional yang jika dimainkan akan menghasilkan bunyi rincik yang semarak. Marakas ini merupakan bagian yang tidak dapat dilepaskan dari musik Cuba, Salsa, serta Rumba.

Musik adalah hal terbaik yang dapat menjadi hiburan bagi siapa saja, seluruh kalangan masyarakat tentu menyukai musik. Dan satu hal yang memainkan peran penting dalam musik adalah instrumen atau alat musik. Jadi tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa jenis alat musik ritmis yang ada di dunia.