Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Bermain Voly?

ASTALOG.COM – Pada tahun 1974, permainan bola voly pertama kali dipertandingkan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola Voli Internasional atau Internationnal Voli Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara dan berkedudukan di Paris.

Pendiri Permainan Voly
Permainan bola voli diciptakan oleh William B Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). William B Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christain Association (YMCA). Permainan bola voli di Amerika sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bola voli nsional.

Teknik Permainan Bola Voly
Dalam permainan bola voly, ada beberapa teknik permainan yang perlu diketahui pemain antara lain:

1. Passing
Passing Bawah (Pukulan/pengambilan tangan kebawah)
Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
tangan dirapatkan, satu dengan yang lain dirapatkan.
Gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.
Passing Keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas)
Sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.
Badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola.
Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
Penyentuhan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan
Menggunakan gerakan kaki untuk menambah power

2. Smash
Dalam teknik smash, ada beberapa gerakan antara lain:

a. Awalan
Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuaidengankebiasaan individu (tergantung smasher normal atau kidal).Langkahkan kaki satu langkah ke depan (pemain yang baik dapatmengambil ancang-ancang sebanyak 2-4 langkah). Kedua lenganmulai bergerak ke belakang. Berat badan berangsur-angsur merendahuntuk membantu tolakan.

b. Tolakan
Langkahkan kaki selanjutnya hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agar kedepan sedikit untuk mengerem gerak ke depan dan sebagai persiapan melompat ke arah vertikal. Ayunkankedua lengan ke belakang atas sebatas kemampuan kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110º, badan siap untuk melompatdengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki yang di depan.

c. Meloncat
Mulailah melompat dengan tumit dan jari kaki terhentak lantaidan mengayunkan kedua lengan ke depan atas, saat kedua kakimendorong naik ke atas, telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yangsempurna, gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.

d. Memukul Bola
Jarak antara di depan atas sejangkauan lengan memukul, segeralecutkan lengan ke belakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola.

e. Mendarat
Mendarat dengan kedua kaki mengeper, lutut lentur saatmendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendaratdengan jari-jari kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badancondong ke depan.

Perlengkapan Permainan Bola Voly
Dalam permainan bola voly, dibutuhkan peralatan dan perlengkapan yang mendukung untuk melakukan permainan tersebut. Alat dan perlengkapan tersebut antara lain:

1.Lapangan permainan
Ukuran lapangan bola voli yang umum dan biasa di gunakan dalam olimpiade adalah 9m x 18m.
Batas jarak garis tengah dengan pemain belakang berjarak 3m dan jarak garis depan dengan jaring (net) berjarak 5cm.

2.Bola
Banyak jenis dan ukuran bola voli yang bisa di pilih, yang umum dan sesuai standar pakai yaitu bola yang memiliki keliling lingkaran 65-75cm dan berat 260-280 gram
Tekanan udara dari dalam bola yang pas adalah 0.30 hingga 0.325kg/cm2 (4.26-4.61psi, 294.3-318.82mbar atau hpa)

3.Net (jaring-jaring)
Ukuran tinggi net untuk pria yaitu 2,43m dan untuk putri 2,24m.

Sarana yang harus anda perhatikan dalam permainan bola voli ialah:
-Panjang garis samping 18m
-Lebar lapangan seluas 9m
-Lebar garis serang seluas 3m