Ciri-ciri Zaman Prakambrium

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Prakambrium adalah nama informal untuk eon-eon pada skala waktu geologi yang terjadi sebelum eon Fanerozoikum saat ini. Periodenya dimulai dari pembentukan Bumi sekitar 4500 juta tahun yang lalu hingga evolusi hewan makroskopik bercangkang keras, yang menandai dimulainya Kambrium, periode pertama dari era pertama (Paleozoikum) eon Fanerozoikum, sekitar 542 juta tahun yang lalu. Umumnya Prakambrium dianggap terdiri dari eon Hadean, Arkean, dan Proterozoikum.

Bumi berdasarkan pengetahuan terbaru dibentuk pada 4560 Ma (million years ago) Kambrium dimulai pada 542 Ma (Geologic Time Scale 2004 – Gradstein et al., 2004). Maka, pra-Kambrium berlangsung dari 4560542 Ma, atau meliputi sekitar 7/8 sejarah Bumi. Zaman prakambium adalah kurun waktu yang lebih tua dari 600 juta tahun yang lalu.

Pada masa Prakambrium dapat diketahui pula bahwa di beberapa daerah terdapat iklim yang sangat dingin (endapan terbentuk oleh es darat atau gletser), sedangkan pada saat lain, iklimnya panas dan lembap (lapisan yang berwarna merah dengan rekah kerut), tetapi sangat sukar untuk menentukan iklim dari lapisan-lapisan sedimen yang ada.

Pada waktu itu permukaan bumi yang ada di atas muka laut merupakan gurun, yang tidak disebabkan karena kekurangan air yang sangat besar (Sahara), tetapi karena pada waktu itu belum terdapat tumbuh-tumbuhan darat. Faktor lain adalah adanya oksigen bebas dalam atmosfer, yang jauh lebih sedikit daripada sekarang.

Ciri Zaman Prakambrium
Ciri zaman prakambium adalah lapisan-lapisannya selalu terdapat di bawah lapisan-lapisan yang mengandung fosil. Lapisan batuan di zaman prakambium selalu tertutup lapisan berfosil dari masa kambrium.

Batuan prakambium terdiri atas batuan-batuan berhablur, baik yang berasal dari pembekuan magma cair maupun peleburan dan penghabluran kembali sedimen-sedimen dari batuan lainnya yang di sebabkan oleh perubahan kimiawi dan fisis pada sedimen dan batuan beku.

Batuan prakambium sangat jarang di temui di permukaan bumi, hanya terdapat di beberapa daerah tertentu. Batuan prakambium tidak tampak di permukaan bumi karena sejak pembentukannya batuan pernah tertutup oleh sedimen yang lebih muda atau sedimen-sedimen tersebut sudah habis terkikis oleh erosi. Umumnya daerah-daerah tersebut merupakan pusat gempa.

Wilayah batuan dan metamorf yang luas, relatif datar, dan stabil pada kerak bumi di sebut perisai benua. Di sekitar bagian pusat yang berbentuk perisai itu, lapisan prakambuim tertutup oleh lapisan-lapisan yang lebih muda. Semakin jauh dari bagian pusat, lapisan tersebut akan semakin tebal.

Sifat Batuan Pra_Kambrium
Batuan yang berumur Pra-Kambrium terutama terdiri dari batuan hablur, baik yng merupakan magma maupun yang merupakan peleburan dan penghabluran kembali batuan jenis lain akibat peristiwa metamorfisme. Pada batuan Pra-Kambrium strukturnya sudah sangat komplek sehingga sangat sulit mengenal kembali peristiwa-peristiwa mana yang telah berlangsung padanya.

Untuk melihat wujud dari batuan pada masa Pra-Kambrium, berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi langsung:

Grand Canyon, di daerah Arizona di Sungai Colorado di Amerika
Perisai Kanada, di daerah Kanada sekitar Teluk Hudson
Perisai Brasilia, di daerah Guyana sekitar Venezuela
Perisai Afrika Pusat, di daerah pusat Benua Afrika
Perisai Fenoskandia (Perisai Baltik), di daerah Finlandia, Swedia, negara-negara Baltik
Perisai Angara, di daerah Siberia dan Tiongkok Utara
Perisai Gondwana, di daerah India yang meliputi hampir seluruh daerah selatan lembah Indus-Gangga
Perisai Sjan, di derah Tiongkok Tenggara dan Indocina
Perisai Australia, di Benua Australia