Pengertian Uretra

ASTALOG.COM – Dalam ilmu Biologi khususnya yang mempelajari mengenai anatomi tubuh manusia, dikenal istilah uretraUretra adalah saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh. Uretra berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Pada pria, uretra juga berfungsi dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani.

Dalam hal ini, kantung kemih mengumpulkan dan menyimpan urin sampai kapan siap untuk dibuang melalui uretra. Sementara fungsi tetap sama untuk kedua jenis kelamin, meskipun terdapat sedikit perbedaan  karena adanya perbedaan alat kelamin antara wanita dan pria.

Infeksi lebih sering terjadi pada uretra wanita daripada pria. Kondisi yang paling umum disebut uretritis, yang melibatkan peradangan dan nyeri buang air kecil. Penyebabnya mungkin bervariasi dan dapat termasuk infeksi virus atau bakteri. Gejalanya mungkin termasuk purulen atau nanah seperti kotoran. Perawatan tergantung pada penyebab dan gejala yang tepat, tetapi kebanyakan perawatan melibatkan jenis yang berbeda-beda tergantung dengan resep obat.

Anatomi Uretra pada Wanita dan Pria

1. Pada Wanita

Pada wanita, panjang uretra sekitar 2,5 sampai 4 cm dan terletak di antara klitoris dan pembukaan vagina. Pria memiliki uretra yang lebih panjang dari wanita. Artinya, wanita lebih berisiko terkena infeksi kantung kemih atau sistitis dan infeksi saluran kemih.

2. Pada Pria

Pada pria, panjang uretra sekitar 20 cm dan berakhir pada kepala/glans penis. Uretra pada pria dibagi menjadi 4 bagian dan dinamakan sesuai dengan letaknya:

  • pars pra-prostatica, terletak sebelum kelenjar prostat.
  • pars prostatica, terletak di prostat, terdapat pembukaan kecil, dimana terletak muara vas deferens.
  • pars membranosa, sekitar 1,5 cm dan di lateral terdapat kelenjar bulbouretralis.
  • pars spongiosa/cavernosa, sekitar 15 cm dan melintas di corpus spongiosum penis. Bagian ini terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu:
    • pars bulbosa, pars spongiosa yang terlapisi otot bulbocavernosus dan menempel pada tubuh karena tergantung oleh ligamantum suspensorium penis.
    • pars pendulosa, pars spongiosa yang tidak terlapisi otot dan menggantung pada kondisi tidak ereksi.

Perbedaan antara Uretra dengan Ureter

Selain istilah uretra, dikenal juga istilah ureter. Sistem kemih pada dasarnya terdiri dari ginjal, ureter, kantung kemih, dan uretra. Fungsi utama dari sistem ini adalah proses ekskresi. Sistem ini mengeluarkan produk limbah dari metabolisme dan bahan lainnya dalam bentuk urin. Juga, sistem ini penting untuk mempertahankan homeostasis dengan mengatur jumlah air dan garam yang diekskresikan dalam urin. Uretra dan ureter merupakan tabung fibromuskular yang dilalui urin dalam sistem kemih. Lalu apa perbedaan antara keduanya?

Uretra adalah tabung fibromuskular yang mengeluarkan urin dari kandung kemih ke luar. Ini dimulai di leher kandung kemih dan berakhir di lubang uretra eksternal. Uretra dilapisi dengan lapisan sel yang dapat mengeluarkan lendir, dan lapisan otot penting untuk dilalui urin melalui tabung.

Ureter adalah tabung fibromuskular yang mendorong urin dari ginjal ke kandung kemih. Otot-otot halus dapat membuat gelombang tidak secara sadar seperti kontraksi dan mendorong urin terhadap kandung kemih. Rangkaian kontraksi otot yang teratur dikenal sebagai gerakan peristaltik. Pada orang dewasa, ureter memiliki panjang sekitar 25 sampai 30cm dan diameter sekitar 3 sampai 4mm. Bagian atas ureter adalah tepat pada perut sedangkan bagian bawah adalah di dinding panggul lateral. Pada pria, ureter terletak pada lipatan sacrogenital dan menyilang medial oleh ductus deferens. Pada wanita, ureter terletak pada ligamentum uterosakral dan menyilang anterior oleh arteri uterina. Ureter tertanam sekitar 2cm di sisi dinding belakang kandung kemih. Lumen ureter paling sempit dan berotot dengan selubung dari ureter dan kandung kemih yang kontinu.

Atau dapat pula disimpulkan perbedaan antara keduanya sebagai berikut:

  • Uretra adalah bagian terakhir dari sistem urin, sedangkan ureter terletak di bagian tengah dari sistem urin.
  • Seorang manusia dewasa memiliki 1 uretra dan 2 uterer.
  • Uretra melewatkan urin dari kantung kemih keluar, sedangkan ureter mendorong urin dari ginjal ke kantung kemih.
  • Pada laki-laki, uretra dianggap sebagai bagian dari kedua sistem reproduksi dan saluran kencing, sedangkan ureter dianggap sebagai bagian dari sistem urin.
  • Pada umumnya uretra memiliki diameter lebih besar dari ureter, tetapi ureter lebih panjang dari uretra.
  • Otot-otot halus pada ureter dapat menghasilkan kontraksi menggunakan gerak peristaltik, tidak seperti otot-otot pada saluran kencing.