Apa yang Dimaksud dengan Topik Karangan?

Loading...

ASTALOG.COM – Dalam membuat sebuah karangan, Anda diharuskan membuat kerangkan yang akan membantu setiap penulis untuk menghindari kesalahan- kesalahan yang tidak perlu dilakukan. Kerangka karangan membantu menyusun karangan secara teratur, memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda – beda, menghindari penggarapan sebuah topik sampai dua kali atau lebih dan memudahkan penulis untuk mencari materi pembantu.

Cara Membuat Kerangka Karangan
Adapun cara membuat kerangka suatu karangan adalah sebagai berikut:

1. Merumuskan tema dan menetukan judul suatu karangan
Sebelum membuat karangan, tentukanlah dahulu tema karangan yang akan dibuat. Tema ini yang akan mempengaruhi seluruh isi dari karangan yang akan dibuat. Pilihlah tema-tema yang sedang hangat atau tema yang menjadi kesenangan Anda. Hal ini akan sangat membatu untuk mengembangkan karangan.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Tanaman Jagung yang Dibudidayakan

Setelah mendaptkan tema, tentukan juga judul karangan yang akan dibuat. Usahakan membuat judul yang singkat dan menarik pembaca untuk membaca karangan tersebut.

2. Mengumpulkan bahan
Setelah mendapatkan tema, yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan pendukung yang berupa topik-topik yang berhubungan dengan tema untuk dikembangkan menjadi sebuah karangan. Topik-topik tersebut antara lain, pengertian, tujuan, jenis, contoh, dan lain-lain. Catatlah semua topik yang terlintas di dalam pikiran untuk memudahkan penseleksian bahan atau topik.

3. Menseleksi bahan
Setelah mendapatkan topik, seleksilah topik-topik tersebut yang sesuai dengan tema karangan dan penting. Hindari membahas topik-topik yang tidak penting untuk di bahas.

4. Mengembangkan kerangka karangan

BACA JUGA:  Macam-Macam Bangun Ruang

Jika sudah mendapatkan tema, judul dan topik, buatlah karangan yang utuh dengan cara mengembangkan kerangka karangan yang telah dibuat. Perluas topik-topik yang telah ditentukan pada kerangka dan usahakan jangan membahas topik yang tidak ada di dalam kerangka karangan.

Salah satu isi dari kerangka karangan adalah topik karangan. Topik karangan menjadi bagian penting yang harus ada dalam sebuah karangan.

Pengertian Topik Karangan
Topik karangan adalah jabaran dari tema karangan. Topik dalam karangan seharusnya lebih sempit dan terbatas. Dalam kerangka karangan, topik karangan dijabarkan menjadi gagasan-gagasan utama.
Menetapkan topik adalah suatu yang harus dilakukan setiap kali hendak membuat karangan berdasarkan tema.

Ciri Topik Karangan
Ciri-ciri topik, antara lain:
1. Topik harus menarik perhatian si pembaca, sehingga mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca.
2. Mencakup keseluruhan isi cerita

BACA JUGA:  Alga Merah Dapat di Olah Menjadi?

Cara menetapkan topik karangan adalah sebagai berikut:
1. Topik yang diambil hendaknya berkaitan erat dengan tema.
2. Topik yang diambil haruslah topik yang benar-benar anda kuasai agar idea tau gagasan yang ada dibenak anda dapat dituangkan dengan baik dalam tulisan.
3. Topik yang dipilih hendaknya menarik dan menjadi isu di masyarakat.
Demikian informasi Pengertian Topik karangan yang bisa saya sampaikan semoga berguna.