Sebutkan 5 Negara di Asia Barat Beserta Ibu Kotanya

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Asia Barat adalah wilayah bagian sebelah barat benua Asia, terdiri dari negara-negara wilayah yang identik dengan Timur Tengah dan Timur Dekat yang berada di benua Asia.

Istilah “Asia Barat” lebih sering digunakan dalam tulisan mengenai arkeologi dan masa prasejarah kawasan itu. Para ahli geografi terusik dengan ambiguitas istilah “Timur Tengah” yang lebih populer daripada “Asia Barat”. Negara seperti India lebih suka menggunakan istilah “Asia Barat”, kemungkinan karena istilah “Timur Tengah” lebih Keeropaan atau Eurosentris. Namun ada kalangan yang menganggap Timur Tengah juga meliputi negara-negara di Afrika Utara atau paling tidak negara Mesir saja.

Di Asia Barat turut mencatat sejarah dunia masa lampau, baik sejarah maupun prasejarah. Di sana banyak terdapat situs-situs peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya. Dari Asia Baratlah awal peradaban dunia.

Letak Asia Barat berada di sebelah selatan Eropa Timur yang dikelilingi oleh 7 laut, yaitu sebagai berikut :
1. Laut Tengah
2. Laut Merah
3. Laut Persia
4. Laut Aegea
5. Laut Hitam
6. Laut Kaspia
7. Laut Arab

Negara di Asia Barat
Kebanyakan negara-negara Asia Barat didominasi bangsa Arab. Beberapa Negara yang termasuk dalam kawasan Asia Barat antara lain:

BACA JUGA:  Sifat-sifat Batuan Sedimen

1. Arab Saudi
Ibukota : Riyadh
Luas wilayah : 2.240.690 km persegi
Mata uang : Riyal
Bentuk negara : Kerajaan
Lagu Kebangsaan : Aash Al Maleek

Arab Saudi atau Saudi Arabia atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab. Beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir dengan gurun pasir yang terbesar adalah Rub Al Khali. Orang Arab menyebut kata gurun pasir dengan kata sahara. Arab Saudi sebuah negara yang memiliki luas 2.240.000 Km2.

2. Irak
Ibukota : Baghdad
Luas wilayah : 438.317 km persegi
Mata uang : Dinar
Bentuk negara : Republik
Lagu Kebangsaan : Mawtini

Irak merupakan negara yang meliputi sebagian besar daerah Mesopotamia. Ibu kota negara ini terletak di Kota Bagdad. Irak mempunyai sejarah yang unik dan panjang, negara ini mendapatkan kemerdekaannya pada 1 Oktober 1919 dari kerajaan Ottoman dan kemudian berbentuk negara Republik. Irak merupakan negara yang kaya karena memiliki ladang minyak. Namun negara ini masih sering terlibat dalam konflik saudara yakni dengan negara Iran. Irak memiliki luas 437.042 km2. Bahasa resmi yang digunakan ialah Arab dan Kurdi. Mata uang yang digunakannya yakni Dinar (IQD). 97% penduduknya memeluk agama Islam.

BACA JUGA:  Otot dan Gerak Tubuh

3. Iran
Ibukota : Teheran
Luas wilayah : 1.638.057 km persegi
Mata uang : Rial
Bentuk negara : Republik
Lagu Kebangsaan : Sorood-e Jomhoori-e Eslami

Iran atau yang juga di sebut negeri Persia merupakan sebuah negara yang memiliki luas 1. 648,195 km2. Pada tahun 1979, sebuah Revolusi Iran yang dipimpin Ayatollah Khomeini mendirikan sebuah Republik Islam teokratis sehingga nama lengkap Iran saat ini adalah Republik Islam Iran. Ibu kota Iran yakni kota Teheran. Sebagian besar penduduknya memeluk agama Islam. Bahasa resmi yang digunakan yakni bahasa Persia. Mata uang yang digunakan yakni Rial (IRR).

4. Yaman
Ibukota : Sana
Luas wilayah : 527.970 km persegi
Mata uang : Rial
Bentuk negara : Republik
Lagu Kebangsaan : United Republic

Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab. Sana’a menjadi ibu kota dari negara ini sekaligus kota terbesar. Yaman menggunakan sistem pemerintahan Kesatuan Republik Presidensiil, yang resmi bersatu pada 22 Mei 1990. Arab merupakan bahasa resmi dari negara ini. Rail Yaman (YER) merupakan mata uang resmi dari negara ini. Sebagaian besar penduduknya memeluk agama Islam.

BACA JUGA:  Kemunduran Sarekat Islam

5. Turki
Ibukota : Ankara
Luas wilayah : 779.452 km persegi
Mata uang : Lira Turki
Bentuk negara : Republik
Lagu Kebangsaan : Istiklâl Marsi

Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Turki adalah sebuah Republik konstitusional yang demokratis, sekuler, dan bersatu yang kemudian menjadi Pemerintahan Republik Parlementer. Ibu kota Turki berada di Ankara namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Dengan menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa resmi. Turki mendapatkan hak proklamasi negara republik pada 29 Oktober 1923. Mata uang resmi yang digunakan yakni Lira Turki (TRY). Penduduk Turki memeluk agama Islam, Sejak tahun 2005, Turki adalah satu-satunya negara Islam pertama yang berunding menyertai Uni Eropa, setelah merupakan anggota koalisi sejak tahun 1963