Jelaskan Cara-Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

ASTALOG.COM – Persoalan ekonomi yang paling mendasar terjadi saat ini adalah kebutuhan dan keinginan manusia yang tidak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memberikan hidup manusia menjadi lebih baik, sedangkan keinginan merupakan kebutuhan manusia yang dapat ditunda baik dalam waktu yang terbatas maupun dengan waktu yang tidak terbatas.

Didalam perkembangannya, kebutuhan manusia dimulai dari kebutuhan yang paling sederhana kemudian meningkat pada kebutuhan yang lebih komplek. Sudah menjadi sifat dasar manusia bahwa manusia tidak pernah puas dari apa yang pernah diperoleh sebelumnya, sehingga manusia selalu berusaha mencari cara atau berinovasi agar kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik.

Sayangnya, kebutuhan manusia yang meningkat menyebabkan masalah kelangkaan ekonomi.

Pengertian Kelangkaan
Kelangkaan atau scarcity adalah keadaan timpang antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dihadapkan pada sarana ekonomi yang terbatas. Kelangkaan (scarcity) ada karena orang ingin memiliki lebih banyak barang dan jasa yang diproduksi dari sumberdaya yang tersedia.

Penyebab Kelangkaan Ekonomi
Penyebab kelangkaan atau keterbatasan sumber daya antara lain:

1. Perbedaan Letak Geografis
Sumber daya alam tersebar tidak merata di muka bumi. Ada daerah yang kaya akan minyak, ada yang tidak. Ada daerah yang subur, ada yang gersang. Perbedaan ini menyebabkan kelangkaan sumber daya alam dan untuk mendapatkan sumber daya yang tidak terdapat di daerahnya diperlukan pengorbanan yang lebih besar.

Misalnya, di daerah pegunungan berkapur seperti Kabupaten Gunungkidul, sumber daya air sulit ditemukan. Pada musim kemarau, masyarakat di sana harus membeli air. Berbeda dengan masyarakat di dataran rendah yang bisa mengambil air sumur.

2. Cepatnya Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produksi barang dan jasa akan menyebabkan kesenjangan antara kebutuhan dibandingkan persediaan barang dan jasa.

Gejala ini sudah menjadi perhatian seorang ekonom, Thomas Robert Malthus. Malthus mengamati bahwa manusia berkembang jauh lebih cepat dibandingkan produksi hasil-hasil pertanian.

3. Kemampuan Produksi
Kemampuan faktor produksi dalam proses pembuatan barang dan jasa mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Misalnya, tenaga kerja manusia juga membutuhkan masa istirahat, sakit, ataupun cuti. Selain itu, mesin-mesin produksi bekerja dengan kapasitas tertentu.

4. Perkembangan Teknologi yang Tidak Sama
Perkembangan teknologi di berbagai negara tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung cukup cepat. Sedangkan di negara berkembang, perkembangan kebutuhan akan barang dan jasa lebih cepat daripada perkembangan teknologinya. Hal ini karena ada kecenderungan untuk meniru gaya hidup di negara maju.

Cara Mengatasi Kelangkaan
Ada beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan antara lain:
1. Menghemat penggunaan sumber daya alam
2. Memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan baik
3. Menciptakan alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
4. Meningkatkan pengelolaan berbagai macam sumber daya alam, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia

Terbatasnya sumber ekonomi membuat manusia melakukan segala usaha bahkan jika perlu dengan pengorbanan tertentu misalnya menghabiskan dana, tenaga, dan pikiran yang tidak sedikit, agar bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Adapun penyebab kelangkaan sumber ekonomi itu, antara lain, kelangkaan sumber alam, tenaga kerja, serta modal dan teknologi.