Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa

Loading...

ASTALOG.COM – Kain batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia. Kain batik memiliki corak yang beraneka ragam dari berbagai daerah. Warisan budaya kain batik tersebut telah diakui dunia, dan menjadi salah satu promosi pariwisata Indonesia. Batik menjadi kebanggaan Indonesia, mengangkat derajat bangsa Indonesia di mata dunia, dan menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat Indonesia.

Apakah kalian dapat menemukan keragaman lain yang dimiliki bangsa Indonesia? Ya, ada berbagai keragaman sosial budaya bangsa Indonesia, sebut saja: keragaman suku bangsa, bahasa, budaya, dan religi.

Apakah keragaman tersebut memiliki fungsi dan peran dalam pembangunan nasional? Berikut ini kami paparkan fungsi dan peran keragaman suku bangsa. Simak, yuk!

Keragaman Suku Bangsa

Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan suku? Suku adalah suatu kesatuan masyarakat atas dasar kesamaan bahasa, budaya, dan tempat tinggal. Misalnya suku Dayak, mereka tinggal di Pulau Kalimantan, mereka memiliki bahasa dan beradat istiadat Dayak. Demikian pula suku Jawa, mereka tinggal di Pulau Jawa, mereka berbahasa dan beradat istiadat Jawa.

BACA JUGA:  Bisakah Kita Tinggal di Planet Mars?

Daerah asal suku-suku di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Setiap suku memiliki kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup ini menjadi budaya dan ciri khas suku masing-masing hingga membentuk suatu keragaman budaya.

Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang majemuk atau heterogen. Bangsa kita mempunyai beraneka ragam suku bangsa, budaya, agama, dan adat istiadat (tradisi). Semua itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Misalnya dalam upacara adat, rumah adat, baju adat, nyanyian dan tarian daerah, alat musik, dan makanan khas.

Mengapa kita mempunyai suku bangsa yang beraneka ragam? Karena konon pada awalnya nenek moyang kita berasal dari kelompok suku yang berbeda.

Keragaman suku bangsa merupakan sumber kebudayaan nasional. Suku bangsa adalah suatu kelompok masyarakat yang terikat kesatuan budaya, bahasa, dan tempat tinggal. Oleh karena itu, setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda. Tradisi dan kebudayaannya juga berbeda. Misalnya, suku Asmat yang tinggal di Irian Barat. Mereka menggunakan bahasa dan budaya Asmat. Suku Asmat berbeda dengan suku Batak. Suku Batak tinggal di Sumatra Utara. Suku Batak memakai bahasa dan budaya Batak.

BACA JUGA:  Bioteknologi Modern dan Konvensional

Suku bangsa adalah bagian dari suatu bangsa. Suku bangsa mempunyai ciri-ciri mendasar tertentu. Ciri-ciri itu biasanya berkaitan dengan asal-usul dan kebudayaan.

Ada beberapa ciri yang dapat digunakan untuk mengenal suatu suku bangsa, yaitu: ciri fisik, bahasa, adat istiadat, dan kesenian yang sama. Contoh ciri fisik, antara lain warna kulit, rambut, wajah, dan bentuk badan. Ciri-ciri inilah yang membedakan satu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya. Suku bangsa merupakan kumpulan kerabat (keluarga) luas. Mereka percaya bahwa mereka berasal dari keturunan yang sama. Mereka juga merasa sebagai satu golongan. Dalam kehidupan sehari-hari mereka mempunyai bahasa dan adat istiadat sendiri yang berasal dari nenek moyang mereka.

Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa

Setiap suku bangsa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Contoh: suku bangsa yang tinggal di Pulau Jawa, rata-rata pandai dalam bidang pertanian. Suku bangsa di daerah kepulauan, pandai dalam bidang pelayaran. Keragaman suku bangsa, akan menyebabkan keragaman budaya, bahasa, teknologi, dan sebagainya. Dengan demikian, sesungguhnya keragaman suku bangsa di Indonesia merupakan potensi pembangunan bangsa Indonesia.

BACA JUGA:  Pertanyaan Seputar Plantae

Setiap suku bangsa memiliki keahlian, teknologi, dan kebudayaan bawaan yang diturunkan oleh nenek moyang. Dapatkah kalian mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan yang banyak dikerjakan oleh masyarakat dari berbagai suku bangsa tersebut?

Memahami Keunggulan Setiap Suku Bangsa

Untuk membantu lebih memahami berbagai keunggulan yang dimiliki setiap suku bangsa di Indonesia, kamu bisa melakukan aktivitas kelompok berikut ini:

– Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
– Amatilah jenis pekerjaan yang biasa dilakukan penduduk dari berbagai macam etnis.
– Diskusikan keunggulan keahlian penduduk tersebut dalam kegiatan ekonomi.
– Tuliskan hasilnya pada tabel.
– Presentasikan hasil pekerjaan kalian di depan kelas.

Setelah melakukan aktivitas kelompok di atas, tentu kalian semakin memahami bahwa perbedaan suku bangsa yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan potensi. Setiap suku bangsa, memiliki keunggulan masing-masing. Berbagai keunggulan tersebut, harus dikelola dengan baik.

Setiap suku bangsa, saling mengisi dan melengkapi sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan hebat.