Apa yang Dimaksud dengan Massa Jenis?

Loading...

ASTALOG.COM – Massa jenis zat merupakan hasil bagi antara massa zat dan volume zat . Massa jenis zat sebanding dengan massa zat dan berbanding terbalik dengan volume zat.

Dilansir dari wikipedia, Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. Sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi (misalnya besi) akan memiliki volume yang lebih rendah daripada benda bermassa sama yang memiliki massa jenis lebih rendah (misalnya air).

Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg·m-3)

BACA JUGA:  Wawancara Tentang Tanah Longsor

Fungsi Massa Jenis
Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama

Rumus Massa Jenis
Rumus massa jenis dapat dituliskan :
ρ = m / v
dimana :
ρ : massa jenis zat
m : massa zat
v : volume zat

Dalam sistem SI, satuan massa jenis dinyatakan dengan kilogram per meter kubik (kg/m^3), sedangkan dalam sistem cgs satuan massa jenis adalah gram per sentimeter kubik (g/cm^3).

Cara Menentukan Massa Jenis Benda
1. Menentukan massa jenis zat padat

a. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya teratur.
Menetukan massa jenis zat yang bentuknya teratur dengan cara menentukan massa benda tersebut dengan cara menimbang benda menggunakan neraca. Kemudian menghitung volume benda tersebut menggunakan rumus volume bangun ruang. Massa jenis benda dapat diketahui dengan cara membagi massa benda dengan volume benda.

BACA JUGA:  Sebutkan Contoh Perilaku Menyimpang?

b. Menentukan massa jenis zat padat yang bentuknya tidak teratur.
untuk menentukan massa jenis zat yang bentuknya tidak teratur , seperti kerikil. Langkah pertama yang harus teman- teman lakukan adalah menentukan massa benda dengan cara menimbang benda tersebut menggunakan neraca. Langkah selanjutnya teman – teman menyediakan gelas ukur, kemudian gelas tersebut di isi dengan air. Teman-teman catat volume gelas ukur tersebut kemudian masukkan kerikil ke dalam gelas ukur dan catat volume gelas ukur setelah diberi kerikil. Hitung volume batu dengan cara mengurangi volume air di dalam gelas ukur setelah diberi kerikil dan volume air sebelum di beri kerikil. Kemudian hitung massa jenis keriki dengan cara membegi massa kerikil dengan volume kerikil.

BACA JUGA:  Jelaskan Secara Singkat Masuknya Agama Hindu ke Indonesia

2. Menentukan massa jenis zat cair
Massa jenis zat cair diukur menggunakan hidrometer. Untuk mengetahui massa jenis suatu zat cair dengan cara memasukkan hidometer ke dalam zat cair yang akan diukur. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan hidrometer adalah semakin dalam hidrometer tercelup maka massa jenis zat cair yang diukur semakin kecil.