Perubahan Kenampakan Rasi Bintang akibat Revolusi Bumi

ASTALOG.COM – Rasi bintang disebut juga konstelasi yang merupakan sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang 3 dimensi, kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam.  Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang.

Susunan rasi bintang yang tidak resmi, yaitu yang dikenal luas oleh masyarakat tapi tidak diakui oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional, juga disebut asterisma. Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang mempunyai hubungan astrofisika. Rasi bintang itu hanya kebetulan saja tampak berdekatan di langit yang tampak dari Bumi dan biasanya terpisah sangat jauh.

Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya cukup acak, dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula. Namun, Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang resmi dengan batas-batas yang jelas, sehingga setiap arah hanya dimiliki oleh satu rasi bintang saja. Pada belahan bumi bagian utara, kebanyakan rasi bintangnya didasarkan pada tradisi Yunani yang diwariskan melalui abad pertengahan dan mengandung simbol-simbol zodiak.

Perubahan Kenampakan Rasi Bintang akibat Revolusi Bumi

Rasi bintang adalah susunan bintang-bintang yang tampak dari bumi membentuk pola-pola tertentu. Bintang-bintang membentuk sebuah rasi sebenarnya tidak berada pada lokasi yang berdekatan. Karena letak bintang-bintang itu sangat jauh, maka ketika diamati dari bumi seolah-olah tampak berdekatan. Rasi bintang yang dikenal antara lain Aquarius, Scorpio, Pisces, Gemini, Leo, dan lain-lain.

Saat berada di bumi, orang-orang hanya dapat melihat bintang pada malam hari. Ketika bumi berada di sebelah timur matahari, orang-orang hanya dapat melihat bintang-bintang yang berada di sebelah timur matahari. Ketika bumi berada di sebelah utara matahari, orang-orang hanya dapat melihat bintang-bintang yang berada di sebelah utara matahari. Akibat adanya revolusi bumi, bintang-bintang yang nampak dari bumi selalu berubah, yang berarti rasi bintang yang nampak dari bumi juga berubah.

Beberapa Jenis Rasi Bintang dalam Simbol-simbol Zodiak

  1. Aquarius atau pembawa air adalah salah satu dari 88 rasi bintang di langit. Dalam Zodiak, orang-orang yang memiliki bintang Aquarius, adalah mereka yang terlahir pada 20 Januari hingga 18 Februari, ketika matahari ada pada bintang Aquarius.
  2. Pisces atau ikan adalah suatu zodiak rasi bintang berada antara Aquarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. Dalam astrologi, Pisces identik dengan lambang feminin atau negatif, juga merupakan perlambangan air. Dalam zodiak, pisces dilambangkan dengan sepasang ikan yang berenang dengan arah berlawanan. Secara tradisional, Pisces bertahta di Planet Jupiter, tapi sejak penemuannya, Neptunus merupakan tahta modern dari lambang ini. Dalam Zodiak, orang-orang yang memiliki bintang Pisces, terlahir pada 19 Februari hingga 20 Maret, ketika Matahari ada pada bintang Pisces.
  3. Aries merupakan rasi bintang yang berada antara Pisces di sebelah barat dan Taurus di sebelah timur. Dalam zodiak, orang-orang yang memiliki bintang Aries, terlahir pada 21 Maret hingga 19 April, ketika matahari berada pada bintang Aries.
  4. Taurus yang dilambangkan dengan kerbau merupakan rasi bintang yang terletak antara Aries di sebelah barat dan Gemini di sebelah timur, dimana di sebelah utara terdapat Perseus dan Auriga, di sebelah barat daya terdapat Orion, dan di sebelah tenggara terdapat Eridanus dan Cetus. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Taurus terlahir pada 20 April hingga 20 Mei, ketika matahari berada pada bintang Taurus.
  5. Gemini merupakan rasi bintang yang terletak di bagian langit musim dingin, antara Taurus di sebelah barat dan Cancer yang redup di sebelah timur, dengan Auriga dan Lynx yang hampir tak kelihatan di sebelah utara, serta Monoceros dan Canis Minor di sebelah selatan. Dalam Zodiak, individu yang memiliki bintang Gemini terlahir pada 21 Mei hingga 21 Juni, ketika matahari ada pada bintang Gemini.
  6. Cancer merupakan rasi bintang yang berukuran kecil dan redup, dan banyak orang menganggap rasi ini tidak menyerupai kepiting. Rasi ini berada di antara Gemini di sebelah barat dan Leo di sebelah timur, Lynx di sebelah utara serta Canis Minor dan Hydra di sebelah selatan. Dalam Zodiak, orang-orang yang memiliki bintang Kanser, terlahir pada 22 Juni hingga 22 Juli, ketika matahari berada pada bintang Cancer.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: