Teknik Sepak Bola dan Penjelasannya

Loading...

ASTALOG.COM – Olahraga sepak bola, merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia yang sering kita jumpai dimanapun kita berada. Olahraga sepak bola merupakan permaian beregu yang di mainkan oleh 11 orang pemain inti dan enam pemain cadangan yang ada di bangku cadangan (jika pertandingan resmi hanya ada tiga kali pergantian, sedangkan kalau persahabatan tergantung kesepakatan dari dua belah pihak) dari masing-masing tim.

Olahraga yang satu ini sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa atau bisa dikatakan olahraga semua umur. Karena olahraga yang satu ini tidak terlalu banyak menghabiskan biaya dan bisa di lakukan di mana saja, asalkan tempat tersebut layak dan memadai.

Asal Kata Sepak Bola
Sepak Bola berasal dari dua kata yaitu “Sepak”: dan “Bola”. Sepak atau meyepak dapat di artikan menendang (menggunakan kaki) sedangkan “bola” yaitu alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau sejenisnya.

BACA JUGA:  Nomor-Nomor Yang Dipertandingkan Dalam Permainan Bulutangkis

Dalam permainan sepak bola, sebuah bola disepak/tendang oleh para pemain kian kemari. Jadi secara singkat pengertian Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menendang bola kian kemari yang dilakukan oleh pemaian, dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukan bola ke gawang lawan.

Teknik Bermain Sepak Bola
Teknik Dasar Sepak Bola Terdiri dari:

1. Teknik dasar menendang bola
a. Menendang dengan kaki bagian dalam
Berdiri menghadap arah gerakan, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola, lutut sedikit ditekuk, kaki diayun ke belakang. Pandangan terpusat pada bola, putar pergelangan kaki keluar. Tarik kaki yang digunakan menendang ke belakang lalu ayun ke depan, kenakan bola bagian tengah. Saat menendang menggunakan kaki bagian dalam. Pindahkan berat badan mengikuti arah gerakan.

b. Menendang dengan kaki bagian luar
Berdiri menghadap arah gerakan bola, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola dan pandangan terpusat pada bola. Tariklah kaki kanan ke belakang dan ayunkan ke depan untuk menendang bola dengan memutar pergelangan kaki ke dalam. Perkenaan kaki pada bola tepat pada tengah-tengah bola, berat badan ke depan.

BACA JUGA:  Teknik Dasar Pivot

c. Menendang dengan punggung kaki
Berdiri menghadap arah gerakan bola, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola dan pandangan terpusat pada bola. Tariklah kaki kanan ke belakang dan ayunkan ke depan untuk menendang bola dengan menekuk pergelangan kaki ke bawah. Perkenaan kaki pada bola tepat di tengah bola, berat badan ke depan.

2. Teknik dasar mengontrol bola
a. Menghentikan bola dengan telapak kaki
Sikap badan menghadap datangnya bola, pandangan ke arah bola. Badan agak condong ke depan, kedua lengan di samping badan. Pada saat bola datang, sambut dengan telapak kaki, tumit di bawah. Posisi akhir kaki terangkat, lutut agak tertekuk dan gerakan bola tertahan oleh telapak kaki.

BACA JUGA:  Berapakah Ukuran Lapangan Voli?

b. Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam
Sikap badan menghadap datangnya bola, pandangan ke arah bola. Julurkan kaki ke arah datangnya bola, putar pergelangan kaki ke arah luar untuk menjemput bola. Tarik kaki kembali ke belakang mengikuti arah gerak bola.

c. Menggiring
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menggiring bola berarti membawa lari bola dengan menggunakan kaki. Pada saat menggiring bola, Gunakan kaki bagian dalam atau luar untuk mendorong bola agar bergulir terus-menerus di atas tanah.

Berikut teknik menyundul bola.
a. Berdiri rileks, pandangan ke arah datangnya bola.
b. Kedua lutut agak ditekuk.
c. Begitu bola dekat dengan kepala, ambil awalan dengan menarik kepala ke belakang, lalu patukkan kepala ke depan sehingga dahi menyundul bola.
d. Gerakan menyundul ini dapat dilakukan dengan berdiri atau meloncat.

Loading...