Sebutkan Nama-nama Binatang Mamalia

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau “berdarah panas”.

Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang memiliki empat ruang. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia theria (berplasenta dan berkantung atau marsupial)

Ciri-ciri Mamalia
Ciri umum dari mamalia antara lain:

1. Tubuh mammalia terdiri atas bagian kepala, leher, badan dan ekor. Pada anggota gerak mammalia dimana pada bagian depan dan belakang memiliki jari-jari yang terdapat kuku dan cakar. Anggota gerak depan termodifikasi yang difungsikan untuk berlari, menggali lubang, berenang, dan terbang.
2. Memiliki kelenjar susu (glandula mammae) pada anggota badan seperti dada, perut, atau ketiak.
3. Kelenjar susu betina dapat keluar setelah kelahiran anaknya. Pada Marsupialia (mammalia berkantong) dan Placentalia memiliki puting, sedangkan Monotremata (mammalia bertelur) tidak memiliki puting. Pada mammalia jantan tidak menghasilkan kelenjar susu
4.Memiliki rambut, sedikitnya dalam satu fase siklus hidupnya. Setiap helai rambut akan tumbuh didalam kantong yang mengeluarkan minyak pada kulit. Dari berbagai kantong-kantong rambut itu terletak pada posisi yang miring sehingga rambut memiliki arah tertentu. Rambut dapat berdiri karena otot-otot dalam kulit.
5. Mammalia bersifat homoiotern (berdarah panas). Mammalia mempertahankan suhu tubuh yaitu 36°C. Dari sebagian spesies mammalia melakukan hibernasi. Hibernasi adalah tidak aktif atau tidur selama musim dingin. Pada saat udara yang panas, kelebihan panas tubuh mammalia yang dibuang melalui keringat.
6. Ruas tulang belakang leher pada Mammalia berjumlah tujuh buah
7. Mammalia mempunyai sekat yang dapat mengatasi rongga dada dengan rongga perut, yang disebut dengan diafragma.
8. Memiliki sistem pencernaan yang lengkap, sistem pencernaan mammalia mulai dari mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar (kolom), dan anus. Pada rahang bawah mulut dibentuk oleh satu tulang tungga dan dipinggir rahang terdapat gigi. Umumnya terdapat empat tipe gigi pada mammalia yaitu gigi seri, gigi taring, gigi gerahan depan, dan gigi gerahan belakang. Mammalia hanya akan berganti gigi satu kali. Mammaia memiliki sekum (usus buntu) pada pertemuan usus halus dengan kolon.
9. Bernapas dengan paru-paru. Mammalia bernapas dengan paru-paru yang terdiri dari dua lobus dan terdapat didalam ruang pleura serta terdapat pita suara pada laring.
10.Sistem ekskresi Mammalia mempunyai ginjal metanefros dengan dua ureter yang mengalirkan urine ke kandung kemih (vesika urinaria).
11.Alat indra yang berupa mata, telinga, lidah, dan hidung. Mata dilindungi oleh kelopak mata atas dan kelopak mata bawah yang dapat dipejamkan. Mammalia mempunyai tiga tulang pendengaran, yaitu martil (maleus), landasan (incus), dan sanggurdi (stapes) yang pada akhirnya organ pendengar berbentuk gelung yang disebut dengan koklea. Lidah mempunyai papila-papila pengecap rasa. Hidung berhubungan dengan lubang tunggal di tengkorak.
12.Mammalia memiliki otak yang berukuran besar dan berkembang baik yang berpengaruh pada pendaian atau intelektualnya.
13.Memiliki alat kelamin terpisah antara jantan dan betina. Fertilisasi yang terjadi secara internal dan bersifat vivipar. Pada mammalia jantang memiliki alat kopulasi yang berupa penis dan spermatozoid yang diproduksi oleh testis yang tersimpan di skrotum. Pada mamalia betina, embrio berkembang didalam uterus dan pada pertukaran metabolisme (misalnya respirasi dan nutrisi) antara embrio dengan induk menjadi terpisah melalui plasenta. Lubang genital pada Mammalia terpisah dengan anus.

BACA JUGA:  Pemberontakan PKI di Madiun

Contoh Mamalia
Contoh hewan mamalia pemakan tumbuhan antara lain , sebagai berikut :
Banteng
Jerapah
Gajah
Sapi
Domba
Kambing
Antilop
Kerbau
Rusa

Contoh hewan mamalia pemakan daging antara lain , sebagai berikut:
Serigala
Anjing
Dubuk
Kucing
Harimau
Macan tutul
Cheetah
Cerpelai
Singa

Reproduksi Mamalia
Sebagian besar mamalia di dunia ini berkembang biak dengan jalan beranak atau melahirkan. Setelah itu mereka menyusui anak mereka dengan kelenjar mamae yang biasanya sudah terisi cadangan makanan untuk anak mereka. Akan tetapi ternyata ada dua jenis hewan mamalia yang berkembang biak dengan bertelur, mereka adalah platipus dan ekidna.

Ordo Mamalia
Sebenarnya cukup sulit untuk bisa menjelaskan detail macam-macam mamalia secara singkat. Sebab, coba bayangkan, ada kurang lebih 5000 genus di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih dibagi lagi menjadi puluhan bahkan ratusan ribu spesies yang berbeda. Melelahkan bukan jika ingin dibahas satu persatu. Namun secara ilmiah agar lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam sepuluh ordo yang berbeda. Di antaranya:

BACA JUGA:  Ciri-ciri Tumbuhan Spermatophyta

Ordo Artiodactyla yang meliputi sapi, domba, kerbau, babi, kambing, jerapah, dll.
Ordo Proboscidea yang meliputi gajah.
Ordo Carnivora yang meliputi singa, harimau, anjing, kucing, beruang, musang, dll.
Ordo Rodentia yang meliputi tikus, hamster, marmut, dll.
Ordo Lagomorpha yang meliputi kelinci dll.
Ordo Cetacea yang meliputi paus dan lumba-lumba.
Ordo Sirenia yang meliputi dugong, sapi laut, dll.
Ordo Monotremata yang meliputi platipus, echidna.
Ordo Perissodactyla yang meliputi zebra, badak, kuda, tapir, dll.
Ordo Primata yang meliputi gorila, simpane, orangutan, dll.