Apakah Lagu Kebangsaan Negara Saudi Arabia?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Aash Al Maleek adalah lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi yang ditetapkan pada 1950. Lirik lagu ditulis oleh Ibrahim Khafaji dan musik oleh Abdul Rahman Al-Khateeb.
Pada tahun 1947, Kerajaan Arab Saudi belum memiliki lagu kebangsaan yang tetap. Ketika Raja Abdul Aziz bin Saud berkunjung ke Mesir pada tahun tersebut, dia meminta seorang musikus Mesir bernama Abdul Rahman Al-Khateeb untuk menciptakan sebuah lagu kebangsaan. Saat itulah ‘Aash Al-Maleek diciptakan.

Melodi lagu tersebut sangat terinspirasi oleh model mars-mars bangsa Arab, yang juga mirip dengan lagu-lagu kebangsaan berbagai negara Arab di Timur Tengah pada masa itu. Kemudian (kemungkinan pada tahun 1950), lirik pertama lagu kebangsaan ‘Aash Al-Maleek ditulis oleh Mohammed Talat. Lalu pada tahun 1984, Raja Fahd bin Abdul Aziz memerintahkan seorang penyair bernama Ibrahim Khafaji untuk menulis ulang lirik lagu kebangsaan ‘Aash Al-Maleek, yang terus digunakan sebagai lirik resmi lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini.

PELAJARI:  Apa yang Dibuat Oleh James Watt?
 

Sebagai negara berbentuk kerajaan, Arab Saudi, seperti halnya negara-negara Arab kerajaan lain di dunia, lagu kebangsaannya sangat mengandung unsur penghormatan kepada raja. Apalagi, Arab Saudi adalah negara berbentuk monarki absolut.

Selama kurun waktu 1947 sampai dengan 1958, lagu kebangsaan Arab Saudi hanya berupa irama musik instrumental tanpa judul dan tanpa lirik. Oleh karena itu, pada tahun 1958 seorang musikus bernama Muhammad Talat menuliskan satu set lirik bagi lagu kebangsaan Arab Saudi yang saat itu masih berupa irama instrumental saja. Sejak tahun 1958, lagu kebangsaan Arab Saudi untuk kali pertama diperkenalkan dengan judul “يعيش الملك” / “Ya’ish Al-Malik!” (“Hiduplah Sang Raja!”).

 

Lagu Ya’ish Al-Malik gubahan Muhammad Talat kemudian digunakan sebagai lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi mulai dari masa kekuasaan Raja Saud bin Abdul Aziz Al-Saud, Raja Faisal bin Abdul Aziz Al-Saud, Raja Khalid bin Abdul Aziz Al-Saud, hingga awal-awal era kepemimpinan Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud selama kurun waktu 1958 sampai dengan 1984. Hanya saja, selama 26 tahun tersebut, secara resmi lagu kebangsaan Ya’ish Al-Malik jarang ‘terdengar’ kumandangnya.

PELAJARI:  Air Terjun Niagara Terdapat di Negara

Akhirnya pada tahun 1984, Pelayan Dua Tanah Suci Paduka Yang Mulia Raja Fahd bin Abdul Aziz Al-Saud menugaskan seorang pujangga Arab Saudi bernama Ibrahim Al-Khafaji untuk menuliskan lirik baru bagi lagu kebangsaan kerajaan. Saat ini, lirik karya Ibrahim Al-Khafaji tersebut resmi digunakan sebagai lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi dengan judul “عاش الملك” “‘Aash Al-Malik!” (“Hidup Raja!”).

Sebagai negara berbentuk kerajaan, Saudi Arabia, seperti halnya negara-negara Arab kerajaan atau emirat lainnya di dunia, lagu kebangsaannya mengandung unsur penghormatan kepad raja.

Lagu Kebangsaan Arab Saudi

Syair Arab ‘Aash al-Malik:

ﺴﺎﺮﻋﻲﻠﻠﻤﺠﺪﻮﺍﻠﻌﻠﻴﺎﺀ

ﻤﺠﺪﻱﻠﺨﺎﻠﻕﺍﻠﺴﻤﺎﺀ

ﻮﺍﺭﻓﻌﻰﺍﻠﺨﻓﻕﺃﺨﺿﺭ

ﻴﺤﻤﻝﺍﻠﻨﻮﺭﺍﻠﻤﺴﻄﺭ

ﺭﺩﺩﺃﷲﺃﻜﺑﺭ

ﻴﺎﻤﻮﻄﻨﻲ

ﻤﻮﻄﻨﻲ

ﻗﺩﻋﺸﺖﻓﺨﺭﺍﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦ

ﻋﺎﺶﺍﻠﻤﻠﻚﻠﻠﻌﻠﻢﻮﺍﻠﻮﻂﻦ

Syair ‘Aash al-Malik:

Saari’ii lil-majdi wal ‘alyaa-a
Majjidii li-khaaliqis samaa-a
Warfa’il khaffaaq akhdhar
Yahmil an-nuur al-musaththar
Raddidiy ALLAHU AKBAR!
Yaa Mawthini!
Mawthini!
Qad ‘ishta fakhr al-muslimiin,
‘Aash al-malik, lil-’alam wal-wathan!

PELAJARI:  Gaya Hidup Kebarat-Baratan

Artinya:
Bergegas menuju kemuliaan & kegemilangan,
Kemuliaan bagi Sang Pencipta langitMengibarkan bendera hijau
Membawa cahaya yg terang benderang
Ulangilah Allah Maha Besar!
Wahai negeriku!
Negeriku!
Sungguh telah jaya kaum muslimin,
Semoga raja panjang umur, bagi alam & bangsa!

Secara historis, lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi diperkenalkan untuk kali pertama pada tahun 1947, ketika Paduka Yang Mulia Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud berkunjung ke Mesir. Dalam kunjungannya ke Mesir, Paduka Yang Mulia Raja Ibnu Saud (sapaan lain bagi Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Saud) menunjuk seorang komponis Mesir bernama Abdul Rahman Al-Khatib untuk membuat sebuah lagu kebangsaan bagi Kerajaan Arab Saudi, yang saat itu sudah berdiri selama 15 tahun. Atas permintaan Sang Raja, Abdul Rahman Al-Khatib kemudian menciptakan sebuah musik dengan irama mars yang nuansa Arabnya sangat kental sebagai lagu kebangsaan Arab Saudi.