Kata Koor Berasal Dari?

Loading...

ASTALOG.COM – Koor adalah bahasa Belanda, yang berasal dari bahasa Yunani choros (di dalam bahasa Inggris disebut pula sebagai choir), yang berarti gabungan sejumlah penyanyi di mana mereka mengkombinasikan berbagai suara mereka ke dalam suatu harmoni.

Istilah ini biasanya digunakan dalam paduan suara. biasanya dipimpin oleh seorang dirigen atau choirmaster yang umumnya sekaligus adalah pelatih paduan suara tersebut.

Dilansir dari wikipedia, Paduan suara atau kor (dari bahasa Belanda, koor) merupakan istilah yang merujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara (bahasa Inggris: part, bahasa Jerman: Stimme).

Dalam pengertian ini, paduan suara juga mencakup kelompok vokal (vocal group), walaupun kadang kedua istilah ini saling dibedakan.

Jenis-jenis Paduan Suara
Penyajian paduan suara dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1.Paduan Suara Kecil
Bentuk-bentuk paduan suara kecil antara lain :
a. Bentuk Duet: Sajian musik vokal oleh 2 orang penyanyi.
b.Bentuk Trio : Sajian musik vokal oleh 3 orang penyanyi.
c.Bentuk Kwartet: Sajian musik vokal oleh 4 orang penyanyi.
d.Bentuk Kuintet: Sajian musik vokal oleh 5 orang penyanyi.
e.Bentuk Sektet : Sajian musik vokal oleh 6 orang penyanyi.
f.Bentuk Septet : Sajian musik vokal oleh 7 orang penyanyi.
g.Bentuk octet : Sajian musik vokal oleh 8 orang penyanyi.

BACA JUGA:  Kaki Onta Tebal Berfungsi Untuk?

2.Paduan Suara Besar
Pengertian : Paduan suara yang memiliki banyak anggota,dan belum menetapkan jumlah minimumnya.Salah satu ciri paduan suara besar adalah adanya dirigen ( conductor ) yang memimpin kelompok paduan suara tersebut.

Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membentuk paduan suara :
a.Pemilihan anggota.
b.Pelatih.
c.Dirigen.
d.Partitur lagu.
e.Jadwal latihan.
f.Instrumen pengiring.
g.Personel penggiring.

Conductor adalah pemimpin musik yang memulai lagu dengan pola-pola gerakan tangan,gerakan tubuh,dan ekspresi wajah sehingga dapat mengungkapkan jiwa lagu.

Syarat-syarat conductor :
1.Berkepribadian menarik.
2.Cepat menguasai suasana.
3.Menguasai teori dan pengertahuan musik.
4.Menguasai teknik vokal.
5.Pendengaran baik sehingga dapat membedakan suara yang sumbang.
6.Bersikap tenang,sabar,dan beribawa.
7.Dapat menerjemahkan melodi dan syair lagu melalui aba-aba gerakan tangan.

Pembagian Suara dalam Paduan Suara
Dalam Paduan Suara, pasti terdengar oleh telinga kita, bahwa alunan nyanyian yang dibawakan tidaklah hanya satu suara. Terdiri dari beberapa pembagian jenis suara, yaitu :

1. Tenor
Tenor adalah jenis suara tinggi pada penyanyi pria. Secara umum, suara tenor masuk di antara nada C3 (nada C satu oktaf di atas nada C natural) sampai nada A4 (nada A di atas nada C tengah) dalam paduan suara dan sampai C5 untuk penyanyi solo. Ada beberapa penyanyi tenor yang memiliki rentang suara lebih ekstim yakni dari B♭2 (dua B♭ di bawah C natural) sampai ke nada F5 (dua F di atas C tengah).

BACA JUGA:  Ciri Khusus Landak

2. Bass
Bass adalah jenis suara terendah penyanyi pria, biasanya mempunyai jangkauan dari nada E2 sampai E4. Walaupun demikian, beberapa penyanyi yang nada rendahnya bisa sangat ekstrim, bisa mencapai nada C2. Nada bass bisa dihasilkan baik dari suara manusia ataupun dari alat musik. Sesuai dengan namanya bass juga berfungsi sebagai root atau akar; dasar dari sebuah lagu. Oleh karena itu bass merupakan jenis suara yang diharuskan ada dalam setiap komposisi paduan suara campuran (mixed choir) atau paduan suara sejenis pria (male choir).

3. Bariton
Bariton adalah jenis suara yang umum bagi dewasa antara suara bass dan tenor Kata ini berasal dari bahasa Yunani βαρυτονος, yang berarti “suara dalam”. Dalam musik suara ini biasanya ditulis dalam nada A kedua di bawah nada C tengah (A2) hingga ke nada F di atas nada C tengah(F4), tergantung pada keadaan.

BACA JUGA:  Jelaskan Perubahan Sifat Protoplasma Bakteri Pada Saat Pembentukan Endospora

4. Sopran
Sopran adalah penyanyi suara tertinggi dalam klasifikasi vokal di dalam budaya musik klasik barat. Istilah ini berasal dari bahasa Italia ‘sopra’ yang berarti melampaui dan juga bahasa Latin ‘supra’ yang berarti super. Dalam masa kini, istilah sopran hanya digunakan untuk penyanyi wanita yang memiliki jarak suara sopran. Dalam paduan suara, standar jarak suara sopran adalah yaitu dari C4 hingga satu setengah oktaf keatas mencapai G5/A5.

5. MezzoSopran
Mezzo-sopran adalah suara wanita yang lebih rendah dari sopran namun lebih tinggi dari kontralto. Secara umum suara mezzo-sopran masuk di antara nada A3 (di bawah C natural) sampai A5. Namun ada juga suara mezzo-soprano yang jangkauannya cukup ekstrim dari (G3) sampai (C6).

6. Kontraalto
Kontralto adalah tipe suara terendah untuk seorang wanita, dengan tessitura terendah,berada di antara tenor dan mezzo-sopran. Biasanya tipe ini berenggang dari F di bawah C tengah (F3 di scientific pitch notation) sampai G di atas C tengah (G5), walaupun dalam beberapa suara istimewa bisa dari E di bawah C tengah (E3) atau B♭ kedua di atas C tengah (B♭5)

Loading...