3 Kota Besar di Britania Raya

Loading...

ASTALOG.COM – Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari Pulau Britania Raya, bagian timur laut Pulau Irlandia dan sejumlah pulau-pulau yang lebih kecil. Irlandia Utara adalah satu-satunya bagian dari Britania Raya yang berbagi perbatasan darat dengan negara berdaulat lain, yaitu Republik Irlandia. Selebihnya, perbatasan darat Britania Raya dikelilingi oleh Samudera Atlantik, Laut Utara, Selat Inggris, dan Laut Irlandia.

Pada umumnya, dahulu Britania Raya dikenal juga sebagai Inggris Raya, yaitu sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Britania Raya adalah sebuah negara kesatuan dengan sistem pemerintahan yang diatur di  bawah sistem monarki konstitusional dan sistem parlementer, dengan kursi pemerintahannya berada di ibu kota London. Meskipun begitu, terdapat 4 negara dalam kedaulatan Britania Raya yang masing-masingnya berdiri sendiri, yaitu Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

3 Kota Besar di Britania Raya

Britania Raya memiliki sejumlah kota besar yang bisa dikatakan sebagai kota metropolitan. Metropolitan sendiri adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga dan daerah sekitarnya. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya.

BACA JUGA:  Prinsip dan Sendi Pokok Demokrasi Pancasila

Adapun 3 kota besar di Britania Raya, yaitu:

1. London

London adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya, sekaligus juga merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya dan juga zona perkotaan terbesar di Uni Eropa menurut luas wilayah. Berlokasi di sepanjang Sungai Thames, London telah menjadi permukiman utama selama 2 milenium sejak didirikan oleh Romawi pada abad ke-1 dengan nama Londinium. Wilayah kota London diatur dan dibawahi oleh walikota London dan Majelis London yang dipilih melalui pemilihan umum.

London adalah kota global terkemuka yang unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, media, layanan profesional, penelitian dan pengembangan, pariwisata, serta transportasi. London merupakan pusat keuangan terkemuka di dunia dan menjadi kota dengan PDB terbesar ke-5 di dunia atau yang tertinggi di Eropa. London juga dikatakan sebagai pusat kebudayaan dunia. Sementara itu, universitas di London membentuk konsentrasi pendidikan tinggi terbesar di Eropa.

BACA JUGA:  Sistem Saraf

2. Manchester

Manchester adalah sebuah kota di Manchester Raya, Inggris yang terletak di kawasan perkotaan Manchester Raya, sekaligus merupakan kawasan perkotaan terbesar ketiga di Britania Raya, dengan populasi sekitar 2,2 juta jiwa. Penduduk lokal Manchester dikenal dengan sebutan Mancunian. Secara historis, sebagian besar wilayah Manchester adalah bagian dari Lancashire, meskipun wilayah selatan Sungai Mersey juga berada di Cheshire. Sepanjang Abad Pertengahan, Manchester tetap menjadi kota bangsawan.

Kota ini terkenal karena arsitektur, budaya, musik, jaringan media, ilmu pengetahuan dan teknik, dampak sosial, dan olahraganya. Klub sepak bola terkemuka di Liga Utama Inggris, Manchester City dan Manchester United berasal dari kota ini. Manchester juga merupakan tempat kelahiran stasiun kereta api pertama di dunia, dan tempat para ilmuwan pertama kali memisahkan atom dan menciptakan program penyimpanan komputer.

3. Liverpool

Liverpool adalah sebuah kota dan distrik metropolitan di Merseyside, Inggris. Liverpool terletak di sebelah tebing timur Muara Sungai Mersey di bagian barat laut Inggris. Liverpool dibangun di kawasan berbukit rendah, dengan kawasan Bukit Everton setinggi 70 meter sebagai kawasan tertinggi. Kawasan perkotaan Liverpool memanjang sampai ke Bootle and Crosby dalam daerah Sefton di sebelah utara, dan sampai ke kawasan Huyton dan Prescot dalam daerah Knowsley di sebelah Timur. Liverpool menghadap Wallasey dan Birkenhead di seberang Sungai Mersey di sebelah Barat. Pusat kota Liverpool terletak sekitar 8 kilometer dari Teluk Liverpool dan Laut Irlandia.

BACA JUGA:  Jelaskan Sistem Pemerintahan Indonesia

Penduduk lokal Liverpool disebut dengan Liverpudlians. Liverpool juga menjadi pusat perindustrian, tetapi dalam abad ke-20, Liverpool kehilangan dasar perindustriannya dan perekonomiannya merosot. Kini ekonomi Liverpool telah naik kembali. Liverpool terkenal sebagai pusat budaya, khususnya kaitannya dengan musik pop. Liverpool adaah tempat lahirnya grup legendaris The Beatles. Pada tahun 2008, Liverpool memegang gelar sebagai “Ibukota Budaya Eropa” (European Capital of Culture). Salah satu klub sepakbola terkenal di dunia, yaitu Liverpool atau The Reds juga berbasis di kota ini.