4 Kota Kembar Jakarta di Amerika Serikat

Loading...

ASTALOG.COM – Kota kembar (sister cities) adalah istilah yang merujuk pada konsep penggandengan 2 kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar penduduk. Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diibaratkan sebagai sahabat pena antara 2 kota. Hubungan kota kembar sangat bermanfaat bagi program pertukaran pelajar dan kerjasama di bidang budaya dan perdagangan.

Gagasan kota kembar bagi Amerika Serikat berawal dari pencanangan program “People-to-People” oleh Presiden Dwight Eisenhower pada 1956. Setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Geneva tahun 1955 yang juga dihadiri Uni Soviet, Eisenhower berkeinginan meningkatkan kunjungan warga sipil untuk mempelajari negara-negara asing.

Sebuah program kemudian diusulkan kepada Eisenhower oleh Theodore Steinbert yang waktu itu menjabat Direktur Dinas Penerangan Amerika Serikat. Program yang diajukan Steinbert menyediakan berbagai macam cara untuk meningkatkan arus manusia dan arus gagasan dengan menggunakan terbitan, siaran radio, pameran, presentasi budaya, pameran dagang, pertukaran tim olahraga, delegasi warga sipil.

BACA JUGA:  Fungsi Serta Kewenangan Mahkamah Agung Dan Mahkamah Konstitusi

Program kota kembar yang menurut visi Eisenhower merupakan “roda penggerak diplomasi warga negara“, berkembang sepanjang dekade 1950-an dan 1960-an. Pada tahun 1967, organisasi bernama Town Affiliation Association of the U.S didirikan untuk mengkoordinasikan hubungan antara kota-kota kembar. Jaringan Sister Cities International kini mencakup 1.200 kota di Amerika Serikat yang memiliki hubungan kota kembar dengan 2.000 kota di 127 negara.

4 Kota Kembar Jakarta di Amerika Serikat

Menyikapi mengenai kota kembar, kota Jakarta, Indonesia sendiri memiliki banyak kota kembar, salah satunya adalah 4 kota kembar yang berada di Amerika Serikat. Adapun 4 kota kembar Jakarta di Amerika Serikat adalah:

1. New York

New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat, sekaligus pusat wilayah metropolitan New York yang merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Sebuah kota global terdepan, New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. Sebagai tempat markas besar PBB, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting. Kota ini sering disebut New York City atau City of New York untuk membedakannya dari negara bagian New York, tempat kota ini berada.

BACA JUGA:  Jenis Pasar Menurut Pengorganisasiannya

2. Miami

Miami merupakan sebuah kota di Amerika Serikat. Kota ini terletak di bagian selatan, negara bagian Florida. Pada tahun 2002, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 362.470 jiwa dan memiliki luas wilayah 143,1 km². Kota ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 2.532,1 jiwa/km². Di wilayah metropolitan, berjumlah 5.413.212 jiwa.

3. Las Vegas

Las Vegas adalah kota terpadat di negara bagian Nevada, ibukota Clark County, dan kota resort besar terkenal secara internasional untuk industri perjudian, perbelanjaan, dan hiburan. Las Vegas, dijuluki ibukota hiburan dunia yang terkenal karena sejumlah resort kasinonya dan hiburan sejenis. Las Vegas adalah kota terpadat ke-28 di Amerika Serikat dan dikatakan pula sebagai sebuah kota pensiunan dan keluarga. Toleransi kota terhadap berbagai bentuk hiburan dewasa memberinya julukan Kota Dosa (Sin City), dan julukan ini menjadikan Las Vegas sebagai tempat populer untuk pembuatan film dan program televisi. Di sisi lain, Las Vegas juga memiliki jumlah gereja terbanyak per kapita daripada kota-kota lain di AS. Tampilan lampu luar ada di mana-mana di Las Vegas Strip dan di sejumlah tempat di seluruh kota. Dilihat dari luar angkasa, wilayah metropolitan Las Vegas adalah kota paling terang di Bumi.

BACA JUGA:  Asal Usul Persebaran Tanaman Jagung

4. Washington DC

Washington DC (DC = the district) adalah ibukota Amerika Serikat. Distrik ini bukan bagian dari negara bagian AS manapun dan secara langsung diawasi oleh pemerintah federal. Pusat dari ketiga cabang pemerintahan federal AS berada di Distrik ini, sebagaimana halnya beberapa monumen dan museum nasional. Washington, D.C. memiliki 176 kedutaan besar asing serta kantor pusat Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS), Inter-American Development Bank, dan Pan American Health Organization (PAHO). Kantor pusat berbagai institusi lain seperti serikat dagang, organisasi nirlaba, grup pelobi, dan asosiasi profesional juga berdiri di kota ini.