5 Danau yang Mengelilingi Gunung Fujiyama

ASTALOG.COM – Gunung Fujiyama adalah gunung tertinggi di Jepang yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Gunung Fujiyama dikelilingi oleh 3 kota, yaitu Gotemba (timur), Fuji Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh 5 danau. 

Gunung Fujiyama merupakan simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan. Gunung Fujiyama sendiri diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. Gunung Fujiyama termasuk sebuah gunung berapi yang kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah. Gunung Fujiyana terakhir kali meletus pada tahun 1707.

5 Danau yang Mengelilingi Gunung Fujiyama

Gunung Fujiyama dikelilingi oleh 5 danau yang terkenal, yaitu:

1. Danau Yamanaka

Danau Yamanaka adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, Prefektur Yamanashi, Jepang. Di antara ke-5 danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, danau ini merupakan danau yang terluas, sekaligus danau terluas nomor 3 di Jepang. Selain itu, danau ini lokasinya lebih tinggi dibandingkan 4 danau lainnya yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, tapi juga merupakan danau yang paling dangkal dibandingkan yang lainnya. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Fuji Hakone Izu. Di antara kelima danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, danau ini letaknya paling tenggara, merupakan hulu Sungai Sagami yang di Prefektur Yamanashi disebut sebagai Sungai Katsura. Di antara ke-5 danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, danau ini juga merupakan satu-satunya danau yang menjadi hulu sebuah sungai.

2. Danau Kawaguchi

Danau Kawaguchi adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, Prefektur Yamanashi, Jepang. Danau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Fuji Hakone Izu. Di antara ke-5 danau di kaki Gunung Fujiyama, danau ini memiliki panjang tepian yang paling panjang, tapi lokasinya paling mudah dicapai dan paling rendah dibandingkan 4 danau lainnya. Selain itu, di antara ke-5 danau di kaki Gunung Fujiyama, danau ini merupakan danau terluas nomor 2 setelah Danau Yamanaka. Di tengah-tengah danau terdapat pulau Unoshima. Danau ini letaknya paling utara dan seluruhnya terletak di dalam wilayah kota Fujikawaguchiko.

3. Danau Saiko

Danau Saiko adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, Prefektur Yamanashi, Jepang. Danau ini terletak di kota Fujikawaguchiko. Di sisi selatan terdapat kawasan hutan Aokigahara yang penuh misteri. Di tepi sebelah barat danau terdapat rumah penginapan berharga murah (minshuku) dan tempat-tempat untuk berkemah. Rumah penginapan dan tempat berkemah dimanfaatkan untuk perkemahan musim panas serta kelompok pemuda. Di antara ke-5 danau Gunung Fujiyama, danau ini merupakan danau yang paling sepi dari wisatawan.

4. Danau Motosu

Danau Motosu atau Motosuko adalah danau di sebelah utara kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi, Jepang. Danau ini adalah danau terdalam dari ke-5 danau di kaki Gunung Fujiyama. Tepian danau berada di kota Fujikawaguchiko yang terletak di Distrik Minamitsuru dan kota Minobu di Distrik Minamikoma. Sama halnya dengan Danau Saiko, danau ini diperkirakan berasal dari Danau Shoji yang terbagi 2 akibat aliran lava letusan Gunung Fujiyama. Ketiga danau ini diperkirakan saling bersambungan di bagian dasar danau.

5. Danau Shoji

Danau Shoji adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fujiyama, Prefektur Yamanashi, Jepang. Danau ini merupakan danau terkecil dari 5 danau yang mengelilingi Gunung Fujiyama, danau ini termasuk wilayah kota Fujikawaguchiko. Di zaman dulu, Danau Shoji terkena aliran lahar akibat letusan Gunung Fujiyama hingga terbagi 2a dan terbentuklah Danau Motosu. Aliran lava akibat letusan besar pada tahun 864 kembali memisahkan sebagian danau ini menjadi Danau Sai.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: