Gunung Fujiyama Terletak di Pulau Apa?

Loading...

ASTALOG.COM – Fujiyama adalah gunung tertinggi di Jepang, yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fujiyama terletak dekat pesisir Pasifik di pusat pulau Honshu. Jadi sudah jelas jika Gunung Fujiyama terletak di pulau Honshu. Gunung Fujiyama dikelilingi oleh 3 kota, yaitu Gotemba (timur), Fujiyoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh 5 danau, yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.

Sekilas Mengenai Pulau Honshu

Honshu yang secara harfiah berarti “Provinsi Utama” adalah pulau terbesar Jepang. Letaknya di selatan Hokkaido, utara Shikoku, di seberang Laut Pedalaman Seto, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Jika diukur dengan seluruh dunia, maka pulau Honshu merupakan pulau terbesar ke-7 di dunia dan pulau terpadat ke-2 di dunia setelah Jawa. Panjang pulau Honshu adalah sekitar 1.300 km dan lebarnya bervariasi antara 50 hingga 230 km. Total wilayahnya adalah 230.500 km², dimana sekitar 60% total luas wilayahnya adalah Jepang. Garis pantainya sepanjang 5.450 km.

Pulau Honshu yang bergunung dan banyak mempunyai gunung berapi sering dilanda gempa bumi. Puncak tertingginya ada di Gunung Fuji yama (3.776 m) yang berapi dan masih aktif. Terdapat banyak sungai termasuk Sungai Shinano, yang merupakan sungai terpanjang di Jepang.

BACA JUGA:  Kaki Onta Tebal Berfungsi Untuk?

5 Prefektur di Pulau Honshu

1. Chubu

Chubu adalah wilayah geografis di pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Batasnya kira-kira sama dengan hamparan Chubu. Hamparan Chubu adalah suatu daerah yang relatif datar di Jepang di mana Nagoya berada. Region ini terdiri dari 9 prefektur, yaitu: Prefektur Aichi, Prefektur Fukui, Prefektur Gifu, Prefektur Ishikawa, Prefektur Nagano, Prefektur Niigata, Prefektur Shizuoka, Prefektur Toyama, dan Prefektur Yamanashi. Wilayah-wilayah Chubu, yaitu:

Aichi-ken, Fukui-ken, Gifu-ken, Ishikawa-ken, Nagano-ken, Niigata-ken, Toyama-ken, Shizuoka-ken, Yamanashi-ken.

2. Chugoku

Chugoku terletak di bagian barat dari pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Secara harfiah Chugako berarti “Negara Pertengahan”. “Negara Pertengahan dan “Negara Jauh” (Ongoku), didasarkan pada jaraknya dari ibukota Jepang dahulu, Kyoto. Chugoku terdiri dari 5 prefektur, yaitu: Hiroshima-ken, Okayama-ken, Shimane-ken, Tottori-ken, dan Yamaguchi-ken.

3. Kanto

Kanto adalah adalah wilayah geografis di pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Batasnya kira-kira sama dengan hamparan Kanto. Hamparan Kanto adalah suatu daerah yang relatif datar di Jepang di mana Tokyo berada. Istilah Kanto umumnya dianggap berarti kepada wilayah di timur perbatasan Hakone.

Penamaan Kanto sendiri secara harafiah berarti “Sebelah Timur Perbatasan,” yang merujuk kepada pos-pos perbatasan yang didirikan pada masa periode Tokugawa di jalan tol Tokaido yang menghubungkan Edo dengan Kyoto. Wilayah ini terdiri dari 7 prefektur, yaitu: Gunma, Tochigi, Ibaraki, Saitama, Tokyo, Chiba, dan Kanagawa.

4. Kinki

Kinki atau Kansai adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wilayah Jepang di bagian barat Pulau Honshu yang terdiri dari 7 prefekturm, yaitu: Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, dan Wakayama. Tergantung pada siapa yang membuat perbedaan, Fukui, Tokushima dan bahkan Tottori juga disertakan. Sedangkan penggunaan istilah “Kansai” dan “Kinki” telah berubah selama sejarah, dalam konteks yang paling modern menggunakan 2 istilah yang dapat dipertukarkan. Wilayah perkotaan Osaka, Kobe, dan Kyoto (wilayah Keihanshin) merupakan populasi terpadat ke-2 di Jepang setelah Tokyo.

5. Tohoku

Tohoku adalah salah satu wilayah di Jepang yang dibagi berdasarkan letak geografis. Tohoku merupakan Bahasa Jepang yang berarti “timur laut”, dan Wilayah Tohoku terletak di bagian timur laut dari Pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Wilayah ini juga dikenal sebagai Michinoku. Wilayah ini terdiri dari 6 prefektur, yaitu: Akita, Aomori, Fukushima, Iwate, Miyagi dan Prefektur Yamagata.

BACA JUGA:  Peranan Golongan Elit Nasional Dalam Pertumbuhan Nasionalisme

Sebagai daerah kekuasaan terakhir Suku Ainu di Honshu dan sebagai tempat terjadinya banyak peperangan, Wilayah Tohoku mempertahankan reputasinya sebagai wilayah yang tertinggal, dengan menawarkan pemandangan yang indah namun dengan iklim yang keras.

Tohoku memiliki banyak bukit dan pegunungan, dengan Pegunungan Ou yang membentang dari utara ke selatan. Meskipun industri besi, baja, semen, kimia, kertas, dan pengolahan minyak mentah baru dimulai pada tahun 1960-an, Tohoku sudah dikenal sejak lama sebagai ‘gudang pertanian’ Jepang, karena wilayah ini menyuplai Sendai dan Tokyo-Yokohama dengan beras dan aneka komoditi pertanian lainnya. Tohoku juga merupakan penghasil 20% dari produksi beras nasional.