Perilaku Sesuai Dengan Norma Yang Berlaku Dalam Masyarakat

ASTALOG.COM – Memahami bagaimana bersikap dan berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat merupakan suatu keharusan bagi setiap manusia dalam kehidupannya sehari-hari. Masyarakat selalu butuh untuk melakukan interaksi sosial, berkomunikasi dengan anggota masyarakat lain di sekitar. Misalnya saja di lingkungan kawan sebaya, dan masih ada lagi bentuk interaksi sosial lainnya, dalam hal inilah kita harus memperlihatkan sikap yang sesuai dengan cerminan norma yang berlaku.

Salah satu bentuk organisasi yang dapat dijadikan wadah dalam mengembangkan perilaku positif para generasi muda adalah karang taruna. Organisasi positif ini dibuat untuk dan oleh masyarakat karena adanya rasa kesadaran serta tanggung jawab sosial. Dan ketika berinteraksi dengan para anggota karang taruna, kita benar-benar harus memperhatikan norma sosial.

Norma Agama

Beberapa tindakan yang mencerminkan norma agama adalah perilaku seperti menjaga perasaan setiap anggota karang taruna, serta menjadi pengingat waktu ibadah bagi satu sama lain. Dalam agama apapun, satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah menyakita hati dan perasaan manusia lain, karena ini dianggap sebagai perbuatan dosa. Bagi mereka yang selalu mengingatkan yang lain waktu untuk beribadah, maka akan mendapatkan pahala.

Dalam kehidupan, yang menjadi norma dasar adalah norma agama. Setiap perilaku dan tindakan yang berkaitan dengan aktivitas manusia hendaknya dilaksanakan sesuai dengan norma agama. Misalnya saat melakukan kegiatan gotong royong, Anda tetap dapat menerapkan norma agama dengan beribadah tepat pada waktunya. Kegiatan apapun sebaiknya dihentikan saat telah memasuki waktu untuk beribadah. Setelah melakukan kewajiban, Anda dapat melanjutkan kegiatan apapun yang sempat terhenti.

Norma Hukum

Mematuhi segala aturan yang ada dalam karang taruna merupakan salah satu bentuk mengamalkan norma hukum. Sama halnya dengan berbagai organisasi lainnya, karang taruna juga tentu memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota. Dalam hal ini, norma hukum dibuat oleh pimpinan beserta dengan seluruh anggota yang terkait sehingga norma hokum tersebut mengikat semua anggota. Beberapa contoh norma hokum yang berlaku dalam organisasi karang taruna antara lain membayar iuran, menampilkan citra yang baik bagi organisasi serta menggalang dana guna melaksanakan kegiatan sosial. Sudah menjadi hal yang umum dimana sebuah organisasi akan berjalan mulus jika setiap anggota menuruti segala aturan yang diterapkan, begitu pula halnya dengan karang taruna.

Norma Kesopanan

Norma kesopanan dapat dicerminkan dengan berbagai perilaku dan tindakan seperti misalnya senantiasa menyebar senyum kepada orang lain, menghargai mereka yang sedang berbicara serta mengucapkan kata permisi di hadapan orang lain. Sama halnya dengan norma lainnya, norma kesopanan ini juga mengikat seluruh anggota yang terkait. Dan apabila dilaksanakan, maka aka nada kesenangan tersendiri dalam hati Anda. Selain itu juga akan menambah nilai Anda dalam pandangan orang-orang, mereka akan merasa segan dan senang dengan Anda. Namun sebaliknya, apabila Anda mengabaikan norma kesopanan ini maka cibiran dan celaan akan menjadi santapan sehari-hari.

Norma Kesusilaan

Membuat suasana hati orang lain merasa senang adalah satu dari sekian bentuk norma kesusilaan. Norma ini bersumber dari hati nurani, yang mana berarti bahwa sanksi yang dapat ditimbulkan oleh norma kesusilaan ini dapat dikatakan lebih berat jika dibandingkan dengan sanksi norma kesopanan. Beberapa hal yang bertolak belakang dengan perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan antara lain menjahili teman, menghinda serta memaki kawan. Sanksi dari perbuatan ini dapat berupa rasa penyesalan seumur hidup sehingga hati akan merasa tidak tenang. Beberapa orang yang melakukan pelanggaran terhadap norma ini biasanya dijauhi oleh kawan dan orang terdekat.

Negara kita merupakan negara yang dimana penduduknya terkenal ramah dan sopan kepada siapa saja. Ini tentu merupakan suatu bentuk kebudayaan yang telah diajarkan sejak kecil oleh orang tua kepada anak-anaknya. Sikap seperti itulah yang harus terus dilestarikan dan ditunjukkan agar dapat menjadi contoh bagi para penerus. Membiasakan diri untuk berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku dapat menjadi terapi guna membentuk pribadi yang lebih baik.

Jadi, sebisa mungkin perhatikan setiap norma yang berlaku dalam masyarakat untuk kemudian melaksanakannya dengan baik dan menghindarkan diri dari segala perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma tersebut. Dengan melakukan hal ini, maka Anda dapat menjadi warga negara yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan baik.