Apa yang Dimaksud dengan Nitrat?

ASTALOG.COM – Nitrat adalah senyawa kimia dengan karakteristik yang mendefinisikannya antara lain, mengandung ion nitrat poliatomik, yang terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom oksigen, bersama-sama memiliki muatan bersih negatif tunggal. Nitrat yang biasa terlihat dalam studi kimia anorganik serta kimia organik. Dalam pengobatan, nitrat adalah obat-obat yang digunakan untuk mengobati kondisi jantung seperti angina, dan telah digunakan selama lebih dari satu abad.

Sifat Fisik dan Struktur Kimia
Nitrat dibentuk dari asam nitrit yang berasal dari ammonia melalui proses oksidasi katalitik. Nitrit juga merupakan hasil metabolisme dari siklus nitrogen. Bentuk pertengahan dari nitrifikasi dan denitrifikasi. Nitrat dan nitrit adalah komponen yang mengandung nitrogen berikatan dengan atom oksigen, nitrat mengikat tiga atom oksigen sedangkan nitrit mengikat dua atom oksigen. Di alam, nitrat sudah diubah menjadi bentuk nitrit atau bentuk lainnya.3,4

Struktur kimia dari nitrat Berat molekul: 62.05 Struktur kimia dari nitritO == N — O-Berat molekul: 46.006

Pada kondisi yang normal, baik nitrit maupun nitrat adalah komponen yang stabil, tetapi dalam suhu yang tinggi akan tidak stabil dan dapat meledak pada suhu yang sangat tinggi dan tekanan yang sangat besar. Biasanya, adanya ion klorida, bahan metal tertentu dan bahan organik akan mengakibatkan nitrat dan nitrit menjadi tidak stabil. Jika terjadi kebakaran, maka tempat penyimpanan nitrit maupun nitrat sangat berbahaya untuk didekati karena dapat terbentuk gas beracun dan bila terbakar dapat menimbulkan ledakan. Bentuk garam dari nitrat dan nitrit tidak berwarna dan tidak berbau serta tidak berasa. Bersifat higroskopis.2,4

Bahaya Nitrat
Terlalu Banyak nitrat bisa berbahaya bagi kesehatan seseorang, sementara yang lain dapat memiliki efek yang kurang lebih netral. Beberapa benar-benar digunakan untuk memperpanjang hidup dalam kondisi darurat medis. Jika kadar nitrat dalam darah meningkat terlalu tinggi, dalam beberapa kasus menyebabkan kurangnya penyerapan oksigen oleh tubuh. Ion nitrat mengandung oksigen, dan ketika bagian ini berikatan dengan hemoglobin dalam sel darah, itu akan menahan unsur oksigen, mengurangi kemampuan darah secara keseluruhan untuk membawa oksigen. Kondisi ini kadang-kadang terlihat pada bayi baru lahir dan bayi yang lebih muda dari enam bulan. Lingkungan yang menjadi sumber jenis nitrat dapat mencakup limpasan pertanian yang mengandung pupuk dan air limbah industri.

Manfaat Nitrat
Beberapa jenis nitrat, seperti natrium nitrat, digunakan dalam produk makanan sebagai pengawet. Yang paling umum digunakan mereka dalam produk daging untuk mempertahankan warna dan menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan botulisme. Tidak diketahui pasti apakah bahan kimia ini menimbulkan bahaya di tingkat di mana mereka biasanya dicerna, dan mereka umumnya dianggap aman.

Perbedaan Nitrat dan Nitrit
Nitrit dan nitrat adalah dua molekul yang berbeda yang terdiri dari baik nitrogen dan oksigen. Perbedaan kimia antara nitrit dan nitrat adalah berapa banyak atom oksigen yang hadir pada masing-masing senyawa. Nitrit memiliki dua atom oksigen dan satu nitrogen, sedangkan nitrat memiliki tiga atom oksigen. Hal ini dimungkinkan untuk nitrat berubah menjadi nitrit dengan kehilangan atom oksigen, dan sebaliknya bisa terjadi juga. Nitrat sering ditemukan dalam pupuk, dan keduanya nitrit dan nitrat adalah umum digunakan dalam berbagai proses pengawetan makanan seperti pembuatan sosis.