4 Pulau Utama di Jepang

Loading...

ASTALOG.COM – Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan RRC, Korea, dan Rusia. Jepang terdiri dari sekitar 6.852 pulau yang menjadikanya sebagai negara kepulauan. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Pulau-pulau paling utara Jepang berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern berada di tangan Perdana Menteri.

4 Pulau Utama di Jepang

Jepang memiliki 4 pulau-pulau utama yang tersusun dari utara ke selatan, yaitu:

1. Honshu

Honshu adalah pulau terbesar Jepang. Letaknya di selatan Hokkaido, utara Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto, dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimonoseki. Jika diukur dengan seluruh dunia, Honshu merupakan pulau terbesar ke-7 di dunia dan pulau terpadat kedua di dunia setelah Jawa.

BACA JUGA:  Jalur Pelayaran Vasco da Gama

Honshu yang bergunung dan banyak mempunyai gunung berapi sering dilanda gempa bumi. puncak gunung tertingginya ada di Gunung Fuji (3.776 m) yang berapi dan masih aktif. Terdapat banyak sungai termasuk Sungai Shinano, sungai terpanjang di Jepang.

Kebanyakan penduduknya bermukim di dataran rendah, terutama di Hamparan Kanto di mana 25% dari seluruh penduduk tinggal dan di sekitar Tokyo dan Yokohama. Kota lainnya termasuk Kyoto, Osaka, Kobe, Hiroshima, Sendai, dan Nagoya. Pulau ini biasanya dibagi menjadi 5 daerah dan berisi 34 prefektur, termasuk Tokyo metropolitan.

3/4 dari kota-kota besar dan modern Jepang terdapat di pulau Honshu, termasuk 23 distrik khusus seperti Tokyo, Yokohama, Osaka, Nagoya, Kobe, Kyoto, Akita, Sendai, Fukushima, Niigata, dan Hiroshima. Pusat budaya juga terletak di Honshu, seperti Kyoto (yang modern namun juga menyimpan bersifat kebudayaan), Nara, dan Kamakura.

BACA JUGA:  Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Diagram Peta

2. Hokkaido

Hokkaido adalah nama pulau sekaligus nama prefektur Jepang yang menempati Pulau Hokkaido, Jepang. Hokkaido adalah prefektur terbesar di Jepang, sekaligus satu-satunya prefektur di Jepang yang dibentuk atas kesatuan 14 sub prefektur. Kota terbesar di Hokkaido adalah Sapporo yang juga berstatus sebagai ibu kota prefektur.

Pulau Hokkaido adalah pulau terbesar kedua di Jepang. Selat Tsugaru memisahkan Pulau Hokkaido dari Pulau Honshu. Pulau Hokkaido dan Pulau Honshu dihubungkan oleh terowongan bawah laut Seikan. Suku bangsa asli di Hokkaido adalah suku Ainu. Banyak nama daerah yang memakai bahasa Ainu, seperti Sapporo.

3. Kyushu

Kyushu adalah pulau terbesar ketiga di Jepang dan yang paling selatan dan barat dari keempat pulau utama Jepang. Nama kuna Kyushu adalah Saikaido. Ia dikenal sebagai tempat lahirnya kaum Jepang. Wilayah Kyushu sangat bergunung, dimana gunung berapi aktif terbesar di Jepang, yaitu Gunung Aso (1592 m) terletak di Kyushu. Ada banyak tanda aktivitas tektonik lainnya, termasuk banyak daerah pemandian air panas. Yang paling terkenal dari semuanya ada di Beppu, di timur laut, dan Aso, di Kyushu tengah.

BACA JUGA:  Legenda Adalah?

Kyushu mempunyai 7 prefektur di pulau Kyushu, yaitu Fukuoka, Kagoshima, Kumamoto, Miyazaki, Nagasaki, Oita, dan Saga, ditambah dengan satu lainnya di pulau yang terpisah, yaitu Okinawa. Kota utama di pulau ini adalah Fukuoka, yaitu sebuah pelabuhan dan pusat utama industri berat. Kitakyushu dan Omuta juga adalah pusat industri. Pelabuhan utamanya terletak di Nagasaki.

4. Shikoku

Shikoku adalah pulau terkecil dan yang paling sedikit jumlah penduduknya di antara 4 pulau utama Jepang. Daerah Shikoku yang terdiri dari seluruh pulau Shikoku meliputi sekitar 18.800 km² dan terdiri dari 4 prefektur, yaitu: Ehime, Kagawa, Kochi, dan Tokushima.

Shikoku dihubungkan dengan Honshu melalui feri dan pesawat, dan sejak 1988 oleh jaringan Jembatan Seto-Ohashi. Hingga jembatan tersebut diselesaikan, pulau ini terisolasi dari bagian Jepang lainnya, dan pergerakan yang lebih bebas antara Honshu dan Shikoku diharapkan akan membantu mengembangkan ekonomi di kedua daerah yang masih belum terjadi hingga saat ini.