Pembuluh Nadi yang Terbesar Disebut?

Loading...

ASTALOG.COM – Pembuluh nadi (arteri) adalah pembuluh darah yang berotot dan membawa darah ke jantung. Dinding pembuluh nadi tersusun dari tiga lapisan,yakni lapisan luar yang bersifat elastis, lapisan tengah yang berupa sel-sel otot polos, dan lapisan dalam yang disusun oleh selapis sel berdinding tipis.

Pembuluh nadi memiliki dinding tebal, kuat, dan elastis, yang membantu tenaga pemompaan jantung untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Pemompaan oleh jantung menyebabkan darah didorong untuk mengalir. Hal itu memberi tekanan di sepanjang dinding pembuluh yang dilaluinya dan menimbulkan denyutan. maka terjadi, darah akan memancar keluar apabila pembuluh nadi terluka. Pada Umumnya, pembuluh nadi berada di bagian dalam tubuh.

Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh ini berpangkal pada bilik kiri jantung dan bertugas membawa darah yang mengandung banyak oksigen (darah bersih) ke seluruh tubuh. Pembuluh ini memiliki sebuah katup yang terletak tepat di luar jantung. Selanjutnya, aorta bercabang dua, satu cabang menuju kekepala dan satu cabang lagi menuju ke tubuh bagian bawah.

BACA JUGA:  Bagian-bagian Kembang Sepatu dan Fungsinya

Kedua pembuluh nadi (arteri). yang keluar dari jantung tersebut kemudian bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh nadi yang lebih kecil. Pembuluh nadi yang paling kecil, disebut arteriol. Arteriol berukuran lebih tipis dari satu sisir rambut. Arteriol ini bercabang-cabang lagi menjadi pembuluh kapiler.

Selain aorta, pembuluh nadi lain yang membawa darah meninggalkan jantung ialah pembuluh nadi paru-paru (arteri pulmonalis). Pembuluh itu berpangkal pada bilik kanan jantung dan berukuran lebih kecil daripada aorta. Tugasnya membawa darah yang mengandung karbon dioksida (darah kotor). dan uap air ke paru-paru.

Melalui pembuluh nadi, darah dari jantung diedarkan ke seluruh jaringan tubuh termasuk jaringan penyusun jantung. Pembuluh nadi yang bertugas mengalirkan oksigen dan zat makanan ke jantung disebut nadi tajuk (arteri koronaria). Pembuluh ini berukuran sangat kecil sehingga mudah tersumbat oleh gumpalan lemak. Penyumbatan aliran darah menyebabkan sebagian sel-sel pada organ jantung menjadi kekurangan makanan dan oksigen. Peristiwa penyumbatan pembuluh nadi jantung ini disebut koronariasis.

BACA JUGA:  Jelaskan yang Dimaksud Komunikasi

Jenis-Jenis Pembuluh Nadi (Arteri)
Berikut ini jenis-jenis pembuluh nadi (Arteri) yaitu,

Arteri Pulmonalis

Arteri pulmonalis atau juga nadi paru-paru ialah suatu pembuluh yang dilewati darah dari bilik menuju ke arah paru-paru. Pembuluh tersebut mengandung banyak sekali karbon dioksida yang akan dilepaskan keparu-paru yaitu di alveolus

Arteri Sistemik

Arteri sistemik ialah suatu pembulu yang mengantar darah ke arah arteriol setelah itu ke pembuluh kapiler tempat dimana zat nutrisi dan juga oksigen ditukarkan

Aorta

Aorta ialah suatu pembuluh terbesar yang terdapat dalam tubuh dan juga keluar dari ventrikel yang membawa banyak sekali oksigen

Arteriol

Arteriol ialah suatu pembuluh nadi yang paling kecil yang berhubungan dengan pembuluh kapiler pada tubuh

Pembuluh Kapiler

Pembuluh kapiler ialah suatu tempat pertukaran zat yang menjadi fungsi utama dalam suatu sistem sirkulasi, pembuluh kapiler adalah suatu pembuluh yang bukan sesungguhnya. Pembuluh kapiler adalah suatu pembuluh yang menghubungkan cabang-cabang dan juga cabang-cabang dari pembuluh balik dengan sel-sel pada tubuh.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Menjaga Hewan yang Hampir Punah?

Fungsi Pembuluh Nadi

1. Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.
2. Menghantarkan oksigen dan juga nutrisi ke semua sel.
3. Mengangkut suatu zat buangan misalnya karbon dioksida.
4. Menjaga keseimbangan suatu mobilitasi protein, kimia, unsur-unsur dari sistem kekebalan tubuh dan juga sel.

Ciri-Ciri Pembuluh Nadi

1. Dinding pembuluh nadi tersenit tersusun atas tiga lapis.
2. Lapisan luar berbentuk(berupa) sel-sel otot elastis,
3. Lapisan tengah berbentuk(berupa) sel-sel otot polos,
4. Lapisan dalam yang hanya disusun dari selapis sel berdinding tipis.
5. Pembuluh nadi mempunyai dinding tebal, kuat, dan juga elastic.
6. Membawa darah bersih.
7. memiliki satu kutup yakni awal pembuluh yang berada di dekat jantung.
8. Jika terluka, darah tersebut akan memancar.
9. Umumnya terletak pada bagian dalam tubuh.