Apa Manfaat Berolahraga?

ASTALOG.COM – Kebugaran jasmani dapat pula disebut kebugaran fisik yang merupakan suatu keadaan atau kondisi umum kesehatan dan kesejahteraan tubuh dalam kemampuannya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kebugaran jasmani juga bisa diartikan sebagai keadaan fisiologis seseorang, baik yang dicapai melalui kombinasi diet yang baik, latihan fisik secara teratur, maupun praktek-praktek lain untuk mendapatkan kesehatan tubuh.

Kebugaran jasmani tidak hanya mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas, namun manfaatnya secara luas sangat penting untuk tubuh, berikut ini diantaranya :

Terhindar Dari Penyakit Jantung

Melakukan latihan kebugaran jasmani juga dapat membantu seseorang untuk terhindar dari resiko penyakit jantung. Manfaat kesegaran jasmani dengan latihan fisik, dapat membantu aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pada saat proses itu berlangsung, otot-otot jantung dapat berkontraksi dengan cepat. Sehingga dapat melatih kinerja otot jantung menjadi lebih baik, yang pada akhirnya dapat menghindarkan dari resiko penyakit jantung seperti stroke, maupun gangguan jantung lainnya.

Terhindar Dari Obesitas

Seseorang yang memiliki tubuh atau jasmani yang bugar, ia dapat melakukan kegiatan maupun aktivitas apapun. Kemudian hal tersebut dapat membantu tubuh untuk mengolah zat-zat makanan untuk proses pembakaran energi dalam tubuh. Sedangkan orang yang kurang melakukan gerakan tubuh, hal itu dapat mengakibatkan zat-zat makanan serta energi yang berlebih akan menumpuk didalam tubuh. Pada akhirnya akan berdampak pada timbulnya obesitas.

Dengan melakukan kegiatan fisik, akan dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu menjaga berat badan. Hal tersebut dikarenakan aktivitas fisik dapat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Semakin kita intens dalam melakukan aktivitas, semakin banyak kalori yang akan bakar.

Terhindar Dari Resiko Diabetes

Manfaat kebugaran jasmani, akan membantu menormalkan kadar insulin yang terjadi akibat kegemukan atau obesitas. Hal tersebut akan dapat menghindarkan Anda dari resiko terkena diabetes tipe 2. Namun tentusaja harus diiringi pola makanan sehat seperti konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk diabetes.

Terhindar Dari Hipertensi

Jasmani yang bugar dan sehat dapat menghindarkan seseorang dari gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai macam gangguan penyakit seperti penyakit jantung, maupun stroke.

Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Melakukan aktivitas kebugaran jasmani seperti jogging atau jalan kaki dapat membantu seseorang untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) serta menaikkan kolesterol baik (HDL).

Terhindar Dari Resiko Kanker

Dari beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat kebugaran jasmani dapat menghindarkan Anda dari resiko terjangkitnya penyakit kanker dengan prosentase mencapai 30% seperti kanker payudara, kanker sumsum tulang, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan lainnya.

Terhindar Dari Osteoporosis (Tulang Keropos)

Latihan kebugaran jasmani dapat membantu untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Hal ini akan menghindarkan diri dari resiko osteoporosis atau terjadinya tulang keropos. Dengan melakukan berbagai aktivitas fisik akan membantu menghasilkan otot dan tulang yang kuat. Hal ini dapat mengurangi risiko arthritis maupun gangguan tulang lainnya. Latihan fisik yang rutin juga dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Hal ini juga dapat membantu tubuh untuk memperkuat jaringan ikat pada sendi, sehingga jaringan ini menjadi lebih kuat, lebih fleksibel dan lebih rentan terhadap cedera.

Mencegah Insomnia

Mempertahankan kebugaran jasmani dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu seseorang untuk tertidur lebih cepat dan lebih pulas. Hal ini akan menurunkan resiko terjadinya gangguan susah tidur (insomnia).

Meningkatkan Gairah Seksual

Latihan kebugaran secara teratur dapat membuat tubuh lebih berenergi untuk melakukan apapun. Hal ini juga memiliki efek positif pada kehidupan seks seseorang. Fisik yang bugar akan dapat menyebabkan peningkatan gairah seksual untuk perempuan. Orang-orang yang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi daripada pria yang tidak berolahraga.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat kebugaran jasmaniakan memberikan dampak tersendiri bagi jaringan otak seseorang. Dengan melakukan latihan fisik, akan dapat membantu sirkulasi darah ke otak. Hal ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, serta menurunkan resiko penyakit alzheimer.

Mencegah Penuaan Dini

Diantara manfaat kebugaran jasmani adalah mencegah penuaan dini dan menyebabkan pola pikir positif, serta meningkatkan kepercayaan diri. Aktivitas yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga dapat menunda proses penuaan dan meningkatkan gairah hidup.

SISWA LAIN JUGA MEMBACA INI: