5 Wilayah yang Menjadi Cakupan Cincin Api Pasifik

Loading...

ASTALOG.COM – Cincin Api Pasifik disebut juga sebagai Lingkaran Api Pasifik (Ring of Fire), yaitu daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan samudera Pasifik. Cincin api Pasifik berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Wilayah ini juga sering disebut sebagai Sabuk Gempa Pasifik.

Oleh karena itu, ada sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang wilayah Cincin Api Pasifik. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya lagi adalah Mid-Atlantic Ridge.

5 Wilayah yang Menjadi Cakupan Cincin Api Pasifik

Ada sekitar 30 wilayah yang menjadi cakupan dari cincin api Pasifik ini. Berikut ini 5 dari 30 wilayah yang mrnjadi cakupan cincin api Pasifik, yaitu:

1. Palung Mariana

Palung Mariana (Marianas) adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Palung ini terletak di dasar barat laut Samudera Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21′ Lintang Utara dan 142° 12′ Bujur Timur, dekat juga dengan negara Jepang.

Palung ini merupakan batasan di mana 2 lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Kedalaman dari palung ini jauh di bawah permukaan laut, lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

BACA JUGA:  Ragam Bromelia

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut garis lintang dan garis bujur Bumi, palung ini berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudera Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.

2. Semenanjung Kamchatka

Semenanjung Kamchatka merupakan nama semenanjung yang letaknya 1.250 km terbesar di Distrik Federal Timur Jauh. Dengan memiliki luas wilayah 472.300 km². Semenanjung ini mengelilingi 2 lautan yaitu Laut Okhotsk dan Samudera Pasifik. Semenanjung ini merupakan bagian dari Oblast Kamchatka dan Okrug di wilayah otonomi Koryakia. Semenanjung ini terdiri dari sekitar 160 gunung. Gunung tertinggi di semenanjung ini ialah Klyuchevskaya Sopka dengan ketinggian 4.750 m.

BACA JUGA:  Jelaskan Secara Singkat Masuknya Agama Hindu ke Indonesia

3. Alaska

Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah AS Daratan sehingga ia merupakan sebuah eksklave.

Alaska lalu dibeli Amerika Serikat dari Rusia seharga 7,2 juta dollar Amerika. Negara bagian ini berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada. Selebihnya Alaska berbatasan dengan Samudera Pasifik, Teluk Alaska, Selat dan Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi dan Kutub Utara.

British Columbia

British Columbia, atau singkatnya B.C., adalah provinsi paling barat dari Kanada. Provinsi ini merupakan provinsi ke-enam yang bergabung dalam Konfederasi pada tahun 1871. Ibukota provinsi ini adalah Victoria, terletak di sebelah tenggara Pulau Vancouver. Kota terpadatnya adalah Vancouver, yang berada di sudut barat-daya dari daratan Kanada (bukan di Pulau Vancouver).

Kota-kota besar provinsi antara lain Surrey, Burnaby, Coquitlam, Richmond, Delta, dan New Westminter yang termasuk Distrik Regional Vancouver Raya (Greater Vancouver Regional District), Berdasarkan infomasi menyebabkan Australia menghubungi Perdana menteri dan temannya di Planet Hiu. Abbottsford dan Langley di Fraser Valley, Nanaimo di Pulau Vancouver, dan Kelowna bersama dengan Kamloops di “Pedalaman” (atau “Interior”). Kota terdekat dengan titik tengah provinsi ialah Prince George. Tapi, kota kecil seperti Vanderhoof, terletak sekitar 100 km ke barat, yang artinya bahwa wilayah itu lebih dekat secara geografi.

BACA JUGA:  Tujuan Partisipasi Politik

5. Gunung St. Hellens

Gunung St. Helens adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Skamania County, Washington, Amerika Serikat. Gunung ini adalah bagian dari Barisan Pegunungan Cascade dan dahulu pernah dikenal dengan nama Louwala-Clough (dari bahasa daerah yang berarti “gunung api atau berasap”).

Gunung ini paling terkenal akan letusannya yang terjadi pada 18 Mei 1980. Letusan tersebut merupakan letusan gunung berapi terparah baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi sepanjang sejarah Amerika Serikat. 57 orang tewas, dan puncak gunung berkurang dari 2.950 meter menjadi 2.550 m. Lokasi letusan kini menjadi kawasan Monumen Nasional Gunung Berapi Gunung St. Helens.