Negara-negara Bagian di Australia

Loading...

ASTALOG.COM – Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindiacdan Samudra Pasifik. Australia berbatasan dengan:

  • Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara
  • Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan New Caledonia di Timur Laut
  • New Zealand di Tenggara

Berdasarkan catatan sejarah, kira-kira 40.000 tahun sebelum pendudukan bangsa Eropa pada akhir abad ke-18, Australia telah dihuni oleh suku Aborigin. Kemudian pada tahun 1606, imigran Eropa yang datang ke Benua Australia adalah orang-orang Belanda. Namun, di akhir abad ke-18, Inggris menduduki benua ini, dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal.

Pada pertengahan abad ke-19, ditemukan tambang emas di Australia sehingga benua itu pun ramai didatangi para imigran yang didominasi dari Eropa. Sejak itu pula, mereka memperjuangkan kemerdekaan untuk mengatur sendiri Australia, terlepas dari kontrol Inggris. Hingga kini, Australia masih tergabung dalam Negara Persemakmuran Inggris.

Sejak zaman federasi, Australia telah memelihara sistem politik demokrasi liberal yang stabil dan menjadi bagian dari dunia persemakmuran. Populasinya sebanyak 22 juta jiwa, dimana hampir 60%-nya terpusat atau berada di dekat pusat-pusat pemerintahan negara-negara bagian di daratan utama; yaitu Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide. Australia beribukota di Canberra, yang merupakan wilayah Teritorial Ibu Kota Australia. Hampir 56% populasi Australia menetap di Victoria atau New South Wales, dan hampir 77% menetap di pantai timur daratan utama.

BACA JUGA:  Tari Maengket Berasal dari?

Australia merupakan salah satu negara yang maju di dunia, dimana Australia memiliki tingkat ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antar bangsa seperti pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, dan perlindungan kebebasan sipil, dan hak-hak politik.

Deskripsi Singkat Australia

  • Nama resmi: Persemakmuran Australia (Commonwealth of Australia)
  • Ibukota: Canberra
  • Kota terbesar: Sidney
  • Bahasa nasional: Inggris
  • Lagu kebangsaan: Advance Australia Fair
  • Bentuk pemerintahan: Monarki konstitusional, yang terdiri dari Ratu Elizabeth II, Gubernur Jenderal, dan Perdana Menteri.
  • Luas total wilayah: 7.692.024 km2
  • Mata uang: Dolar Australia (AUD)

Negara-negara Bagian di Australia

Australia memiliki 6 negara bagian, yaitu:

  1. New South Wales adalah salah satu negara bagian Australia, yang juga merupakan negara bagian yang paling tua yang didirikan pada tahun 1788. Ibukota negara bagian ini adalah Sydney. Negara bagian ini juga merupakan negara bagian yang paling banyak penduduknya. 3 kota terbesar di New South Wales adalah Sydney, New Castle, dan Wollongong.
  2. Queensland (Quenslandia) adalah negara bagian terbesar ke-2 di Australia setelah Western Australia, dan menempati daerah timur laut di benua ini. Negara bagian ini berbatasan dengan Northern Territory di bagian barat, South Australia di bagian barat daya, dan New South Wales di bagian selatan. Di bagian timur, Queensland berbatasan dengan Laut Koral dan Laut Pasifik. Negara bagian ini adalah negara bagian terpadat penduduknya ketiga setelah New South Wales dan Victoria. Queensland beribukota di Brisbane dengan memiliki luas wilayah daratan sekitar 1.730.648 km².
  3. South Australia beribukota di Adelaide. Negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan sekitar 983.482 km². Sebelum bergabung dengan Persemakmuran Australia pada 1901, wilayah ini berstatus sebuah provinsi Britania Raya. Sebagian besar penduduknya tinggal di daerah pesisir dan di sepanjang Sungai Murray.
  4. Tasmania adalah sebuah negara bagian Australia dan pulau dengan nama yang sama. Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan sekitar 22.357 km². Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie.
  5. Victoria (Vitoria) adalah negara bagian Australia terkecil yang masuk di benua tersebut dan beribukota di Melbourne. Victoria terletak di bagian tenggara benua Australia dengan luas daratannya sekitar 237.629 km².
  6. Western Australia adalah negara bagian terbesar di Australia, dimana luasnya mencakup sepertiga luas wilayah Australia. Negara bagian ini berbatasan dengan South Australia dan Teritori Utara. Ibukotanya adalah Perth.

Wilayah Teritorial Australia

Selain ke-6 negara bagian, Australia juga memiliki 2 wilayah teritorial, yaitu:

  1. Northern Territory (NT) adalah wilayah (territory) Australia yang beribukota di Darwin. Wilayah ini memiliki luas sekitar 1.347.519 km² atau 520.308 mil².
  2. Australian Capital Territory (ACT) atau wilayah ibukota Australia adalah salah satu wilayah Australia, tempat beradanya ibu kota Australia, yaitu Canberra. ACT dikelilingi oleh negara bagian New South Wales di seluruh bagiannya.
BACA JUGA:  Apa Fungsi dan Manfaat Hutan?

Loading...