Bagian-bagian Wilayah Seberang Laut Britania

ASTALOG.COM – Wilayah seberang laut Britania (British Overseas Territories) merupakan 14 wilayah Britania Raya yang, walaupun bukan merupakan bagian dari Britania Raya, tetapi berada dalam wilayah yuridisnya. Wilayah-wilayah tersebut adalah sisa koloni Britania yang belum mendapatkan kemerdekaan atau telah memilih untuk tetap menjadi wilayah Britania.

Penggunaan istilah “Wilayah Seberang Laut Britania” diperkenalkan oleh Undang-Undang Wilayah Seberang Laut Britania pada tahun 2002, menggantikan nama Wilayah Dependensi Britania, yang diperkenalkan oleh Undang-Undang Kebangsaan Britania pada tahun 1981. Sebelum tahun 1981, wilayah-wilayah tersebut dikenal sebagai koloni atau Koloni Mahkota.

Selain Teritori Antarktika Britania, yang tidak memiliki penghuni tetap dan Area Pangkalan Kuasa di Siprus yang merupakan pangkalan militer, seluruh wilayah seberang laut lainnya memiliki penghuni tetap. Secara keseluruhan, wilayah-wilayah tersebut mencakup daratan seluas 1.726.950 km2 (667.000 sq mi), walaupun 1.709.400 km2  merupakan Teritori Antarktika Britania. Teritori Antarktika Britania merupakan bagian dari suatu perjanjian pengakuan setara dengan 4 negara berdaulat lain dan wilayah Antarktika mereka. Britania Raya adalah anggota Traktat Antarktika.

Wilayah Jersey, Guernsey, dan Pulau Man, walaupun juga berada di bawah kedaulatan Kerajaan Britania, memiliki hubungan konstitusional yang berbeda dengan Britania Raya, dan diklasifikasikan sebagai Dependensi Mahkota. Wilayah Seberang Laut Britania dan Dependensi Mahkota berbeda dengan Negara-Negara Persemakmuran, yang merupakan suatu asosiasi sukarela yang beranggotakan negara-negara yang memiliki hubungan historis dengan koloni Britania.

Bagian-bagian Wilayah Seberang Laut Britania

Seperti telah disebutkan di atas, ada 14 wilayah seberang laut Britania, yaitu:

  1. Anguila merupakan bagian dari wilayah seberang laut Britania yang berlokasi di Karibia dan Wilayah Atlantik Utara. Anguila terdiri dari 5 pulau, dengan ibu kota The Valley di pulau utama Anguilla. Industri utama Anguilla adalah perikanan dan pariwisata.
  2. British Antarctic Territory (BAT atau Teritori Antarktika Britania) adalah wilayah Antarktika yang diklaim oleh Britania Raya sebagai salah satu dan yang terbesar dari 14 wilayah seberang laut Britania. Teritori ini dibentuk pada 3 Maret 1962, walaupun klaim dari Britania Raya untuk wilayah ini berwal dari surat paten tahun 1908 dan 1917. Wilayah yang sekarang menjadi bagian Teritori ini, sebelum 1962 merupakan bagian dari dependensi Kepulauan Falkland, seperti: Pulau Graham, Kepulauan Orkney, dan Kepulauan Shetland Selatan.
  3. Bermuda adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudera Atlantik bagian utara. Letaknya sekitar 933 km dari pesisir North Carolina, Amerika Serikat. Wilayah yang terdiri dari 138 pulau ini dibagi menjadi 10 lingkungan (parish) dan 2 munisipalitas.
  4. Cayman Islands adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya di Laut Karibia bagian barat. Kepulauan ini terdiri dari 3 pulau, yaitu Big Cayman, Cayman Brac, dan Little Cayman.
  5. Falkland Islands adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudera Atlantik Selatan yang terdiri dari 2 pulau utama, yaitu East Falkland dan West Falkland, serta beberapa pulau kecil. Ibukotanya adalah Stanley, yang terletak di East Falkland.
  6. South Georgia and South Sandwich Island adalah sebuah wilayah seberang laut Britania Raya di Samudera Atlantik bagian selatan. Teritori ini dibentuk pada 1985, dimana sebelumnya merupakan bagian dari Dependensi Falkland Islands. Teritori ini terdiri dari South Georgia Island yang merupakan pulau terbesar dengan sekelompok pulau-pulau kecil yang dinamakan South Sandwich Island. Tidak ada manusia yang menetap secara permanen di teritori ini. Mereka yang berkunjung ke teritori ini adalah para pasukan Britania dan peneliti.
  7. Gibraltar adalah sebuah wilayah seberang laut Britania yang terletak di ujung selatan Semenanjung Iberia di pintu masuk Laut Mediterania. Gibraltar berbatasan dengan Andalusia, Spanyol di sebelah utara.
  8. Montserrat adalah sebuah pulau di Laut Karibia yang berstatus wilayah luar negeri Britania Raya. Penamaan pulau ini dilakukan oleh Christopher Columbus berdasarkan sebuah gunung dengan nama yang sama di Spanyol.
  9. Pitcairn Islands adalah kumpulan dari 5 pulau, di mana hanya pulau ini yang dihuni, yang terletak di selatan samudera Pasifik, satu-satunya koloni Inggris di Pasifik.
  10. British Indian Ocean Territory (BIOT atau Wilayah Samudera Hindia Britania) terdiri atas 6 pulau karang atol di Chagos Islands dengan sekitar 56 buah pulau-pulau kecil di Samudera Hindia.
  11. Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha adalah suatu wilayah seberang laut Britania yang terdiri dari pulau Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha yang semuanya terletak di samudera Atlantik selatan.
  12. Turks Islands dan Caicos adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya yang terdiri dari 40 pulau tropis, 8 di antaranya berpenghuni, di Karibia, sebelah tenggara Bahama.
  13. British Virgin Islands adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya di kawasan Karibia, sebelah timur Jamaica. Britania mengambi lalih kepemilikan kepulauan ini dari Kerajaan Belanda pada 1672. Christopher Columbus menamakan kepulauan ini “Virgin” berdasarkan sebuah legenda tentang Santa Ursula yang memiliki 11.000 pembantu perawan.
  14. Akrotiri dan Dhekelia disebut “Area Pangkalan Kuasa Timur” (Eastern Sovereign Base Area/ESBA) adalah 2 Area Pangkalan Kuasa Britania di Cyprus. Akrotiri terletak di bagian selatan Cyprus, dekat kota Limassol. Dhekelia terletak di bagian tenggara, dekat Larnaca. Kedua kawasan tersebut mempunyai pangkalan militer, lahan pertanian, dan pemukiman.