Sebutkan Jenis-jenis Gambar

Loading...

ASTALOG.COM – Kehidupan kita tidak bisa terlepas dari gambar. Ada banyak jenis gambar yang bisa kita temukan di sekeliling kita sehingga mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui pengertian gambar itu sendiri.

Pengertian Gambar
Pengertian gambar dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah tiruan barang yang meliputi orang, tumbuhan, binatang, alam dan sebagainya yang dapat dibuat dengan coretan pensil ataupun alat lain dengan media kertas dan sebagainya.

Gambar juga memiliki pengertian lain yang di lihat dari sudut pandang beberapa ahli, antara lain:

1. Katherine Klipper Merseth
Gambar itu bernilai lebih dari seribu kata-kata

2. Tamiya Onodera
Gambar adalah sebuah copy dari alam secara phisis

3. Sudjono
Gambar adalah proses jiwa kita dan bukan gambar jiplakan karya orang lain

4. Donald Preziosi
Gambar adalah temporal linier dari sebuah bahasa

BACA JUGA:  Letak dan Pengaruh Wilayah Geografis Indonesia

5. W. J. Mitchel
Gambar adalah merupakan sebuah petunjuk diri yang terdapat dalam sebuah struktur referensi

5. M. P. Hodges
Gambar tidak hanya berupa sekumpulan benda-benda fisik

6. James. B.Pawley
Gambar adalah sesuatu yang bisa dilihat dan terdiri dari beberapa pertemuan ruang antara beberapa fitur

7. Ned Block
Gambar adalah mewakili dari sesuatu yang telah ditetapkan serta memiliki kualitas atau karakteristik dari bentuk dan warna dari sesuatu yang diwakilinya

8. Elaine Hodges
Gambar merupakan pengoptimalan dari sebuah output tertentu yang terkadang dibutuhkan beberapa pencitraan yang bertujuan untuk membuatnya menjadi lebih baik

9. Haralic & Saphiro
Gambar adalah sebuah representasi spasial dari fenomena objek, adegan, atau lainnya

Fungsi Gambar
Secara khusus gambar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin cepat akan dilupakan atau diabaikan tidak digambarkan. Gambar termasuk media yang relatif mudah ditinjau dari segi biayanya.

BACA JUGA:  Apa Yang Dimaksud Dengan Bahan Lunak Semi Keras dan Bahan Keras Beserta Contohnya

Jenis-jenis Gambar
1. Gambar Kreatif
a. Gambar bentuk
Gambar bentuk adalah gambar dengan objek gambar yang nyata, serta memiliki volume, efek, bahan, bayangan, maupun kelengkapan sebagai bentuk yang utuh. Objek gambar bentuk sangat luas. Mulai dari benda sehari-hari, tumbuhan, masusia, hewan, atau gambar imajinatif yang dikonkritkan

b. Gambar Ekspresif
Gambar ekspreis adalah gambbar yang dibuat berdasarkan penafsiran sesuatu ke dalam bentuk ungkapan pribadi, serta subjektif atau berselaras dengan emosi.

2. Gambar konstruktif
Gambar konstruktif adalah gambar yang dibuat berdasarkan kaedah-kaedah objektif suatu gambar. Baik ukuran, perspektif, skala, volume, bayangan, hingga bahan sesuai dengan objek gambar.
a. Gambar tampak
Gambar tampak atau gambar teknik dilihat berdasarkan penampakan(tampak depan, atas, samping ataupun tampak bawah)

BACA JUGA:  Bagaimana Proses Hemodialisis?

b. Gambar perspektif
Gambar perspektif adalah gambar yang dibuat berdasarkan kaedah-kaedah objektif suatu gambar, dengan satu titik hilang, dua titik hilang, ataupun titik hilang di luar bidang gambar. Kesan perspektif (tiga dimensi) adalah keterbatasan persepsi mata manusia menangkap benda secara utuh. Jenis gambar perspektif antara lain : gambar pandangan mata katak dan pandangan mata burung.

c. Gambar isometri
Gambar isometri adalah gambar yang dibuat berdasar kaedah-kaedah objektif suatu gambar dengan cara mengurangi kesalahan persepsi manusia. Bagi penglihatan mata normal, gambar isometri terlihat janggal karena tidak ada pengecilan untuk posisi gambar yang menjauh dari mata