Planet yang Dijuluki Sebagai Bintang Pagi dan Malam Adalah

Loading...

ASTALOG.COM – Biasanya di pagi hari, yang akan Anda lihat saat mendongak ke langit hanya langit biru yang di hiasi oleh awan putih dan cahaya matahari. Tetapi coba Anda lihat dengan seksama, disalah satu bagian langit pasti Anda akan menemukan sebuah titik kecil terang. Yah, banyak yang salah mengira mengenai cahaya terang tersebut. Banyak yang mengira bahwa itu adalah bintang, namun kenyataannya bukan.

Dilangit, planet dan bintang seakan tidak ada bedanya. Mereka sama-sama nya memancarkan cahaya. Namun jika kita amati maka akan tampak keganjilan antara planet dan bintang. Coba saja kita melihat bintang di dilangit malam yang cerah seolah mereka berkelip-kelip memancarkan cahayanya sedangkan untuk planet mereka hanya akan bersinar terang. Jadi, coba pandangi sekali lagi titik terang tersebut, apakah itu bintang atau planet??

Jawabannya planet. Apa yang Anda lihat itu adalah planet. Ada salah satu planet yang bisa Anda lihat saat pagi dan malam hari diantara bintang-bintang. Planet tersebut adalah planet Merkurius.

BACA JUGA:  Penemuan Sistem Fotosintesis

Pengertian Planet Merkurius
Dilansir dari wikipedia, Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari dan kala rotasi 59 hari. Kecerahan planet ini berkisar di antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan Matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat. Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius karena hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975. Mariner 10 hanya berhasil memetakan sekitar 40 sampai 45 persen dari permukaan planet.

BACA JUGA:  Teripang Adalah Contoh dari Invertebrata Kelas ?

Merkurius sering disebut juga bintang pagi. Hal ini karena Merkurius bersinar terang di pagi hari sebelum matahari terbit. Merkurius Ini juga disebut bintang malam untuk alasan yang sama. Merkurius sering terlihat untuk jangka waktu singkat setelah Matahari terbenam di sore hari.

Ukuran Merkurius hanya sedikit lebih besar dari bulan Bumi. Permukaan Merkurius yang menghadap ke Matahari suhunya bisa mencapai sekitar 800 derajat Fahrenheit. Di sisi lain, permukaan yang tidak mendapatkan cahaya matahari suhunya dapat menurun hampir -300 derajat Fahrenheit. Hal ini karena Merkurius hanya memiliki sedikit bahkan tidak ada atmosfer untuk membantu mengatur suhu. Merkurius tidak memiliki bulan.

Merkurius merupakan planet kecil. Diameternya hanya 3100 mil atau 4990 kilometer. Diameter bumi adalah 7.926 mil atau 12.760 kilometer. Jarak Merkurius dari Bumi adalah 57 juta mil atau 92 juta kilometer dan menggunakan Astronomical Unit Mercury adalah 0,61 AU dari Bumi.
Merkurius tidak memiliki bulan. Bulan adalah satelit yang melakukan perjalanan dengan planet mengitari matahari. Bumi memiliki satu bulan, Mars memiliki dua bulan yang sangat kecil dan Jupiter memiliki 16 bulan.