Jelaskan Apa Saja Struktur Teks Iklan

Loading...

ASTALOG.COM – Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan merupakan bentuk pemakaian bahasa yang digunakan sedemikian rupa sehingga pesan yang dikandungnya dapat diterima oleh masyarakat lalu masyarakat tersebut memberikan umpan balik yang berupa keuntungan bagi perusahaan pengiklan. Teks iklan mempunyai fungsi sosial untuk menjelaskan sebuah teori/ masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melakukan/tidak melakukan sesuatu.

Iklan bisa kita temukan di media, baik cetak, elektronik, maupun sosial. Bahasa yang digunakan dalam iklan mengandung fakta dan opini. Fakta merupakan peristiwa nyata, sedangkan opini adalah pernyataan untuk menarik minat pembeli. Opini harus didukung fakta-fakta yang ada di dalam produk.

BACA JUGA:  4 Aspek Penting dalam Pembinaan Keluarga Sejahtera

Pengertian Teks Iklan

Teks iklan adalah salah satu media yang sangat efektif sekali digunakan dalam mempromosikan sesuatu baik itu barang, jasa atau lainnya yang ditujukan kepada masyarakat umum yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik orang lain agar membeli atau menikmati barang atau jasa yang kita berikan.

Sebuah teks iklan harus dibuat semenarik mungkin, tujuannya yaitu agar orang yang melihat iklan tersebut, tertarik dengan apa yang ada didalam iklan tadi, sehingga seseorang sebagai penjual akan mendapat keuntungan.

Ada banyak sekali iklan dari berbagai produk yang bermunculan di televise, iklan tersebut menawarkan berbagai produk yang umumnya dibutuhkan oleh masyarakat. Media yang digunakan dalam memasang iklan juga sangat banyak, mulai dari media cetak seperti surat kabar, majalah, dan lainnya, media elektronik seperti televisi, dan juga banyak yang memasang iklan melalui media internet.

BACA JUGA:  Penanaman Kembali Hutan Yang Telah Gundul Disebut?

Walaupun media yang digunakan berbeda-beda, tetapi semua itu tetap dalam satu tujuan yaitu untuk lebih mengenalkan produk atau jasanya kepada khalayak.

Struktur Teks Iklan

1. Judul
Judul merupakan bagian yang umumnya diletakkan pada bagian atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak mencantumkan judul didalamnya.

2. Nama Produk atau Jasa
Merupakan bagian yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak ditawarkan kepada masyarakat.

3. Deskripsi
Deskripsi merupakan bagian yang berisi penjelasan tentang produk dan jasa yang hendak ditawarkan kepada khalayak, biasanya bagian ini ditulis dengan menarik dan kalimatnya mengajak orang lain untuk membeli produk atau jasa tersebut.

BACA JUGA:  Proses Terjadinya Metagenesis dari Tumbuhan Lumut

Ciri Kebahasaan Teks Iklan

1. Berupa Kalimat Slogan
Untuk membuat sebuah teks iklan, perlu digunakan yang namanya kalimat slogan.

2. Kalimat Persuasif (Membujuk)
Kalimat yang digunakan sifatnya harus persuasif atau membujuk orang agar tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.