Pengertian Nilai Adalah

ASTALOG.COM – Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan.

Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan.

Ciri-ciri Nilai
Sifat-sifat nilai menurut Bambang Daroeso (1986) adalah Sebagai berikut.
1. Nilai itu suatu realitas abstrak dan ada dalam kehidupan manusia. Nilai yang bersifat abstrak tidak dapat diindra. Hal yang dapat diamati hanyalah objek yang bernilai itu. Misalnya, orang yang memiliki kejujuran. Kejujuran adalah nilai,tetapi kita tidak bisa mengindra kejujuran itu. Yang dapat kita indra adalah kejujuran itu.

2. Nilai memiliki sifat normatif, artinya nilai mengandung harapan, cita-cita, dan suatu keharusan sehingga nilai nemiliki sifat ideal (das sollen). Nilai diwujudkan dalam bentuk norma sebagai landasan manusia dalam bertindak. Misalnya, nilai keadilan. Semua orang berharap dan mendapatkan dan berperilaku yang mencerminkan nilai keadilan.

3. Nilai berfungsi sebagai daya dorong/motivator dan manusia adalah pendukung nilai. Manusia bertindak berdasar dan didorong oleh nilai yang diyakininya.Misalnya, nilai ketakwaan. Adanya nilai ini menjadikan semua orang terdorong untuk bisa mencapai derajat ketakwaan.

Karakteristik Nilai
Nilai juga memiliki beberapa karakteristik antara lain:

1. Umum dan abstrak.
Nilai adalah patokan umum tentang sesuatu yang dicita citakan atau dianggap baik. Nilai dapat dikatakan umum sebab tidak akan ada masyarakat tanpa pedoman umum tentang sesuatu yang dianggap baik, patut, layak, pantas sekaligus sesuatu menjadi larangan atau tabu bagi kehidupan masing masing kelompok. Nilai sosial memiliki sifat abstrak, artinya nilai tidak hanya dilihat sebagai benda secara fisik terlihat, dapat diraba ataupun difoto

2. Konsepsional
Nilai memiliki ciri konsepsional artinya bahwa nilai nilai tersebut hanya diketahui berdasarkan ucapan ucapan, tulisan dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang.

3. Nilai Mengandung Kualitas moral
Kualitas moral suatu masyarakat baik individu ataupun kelompok ditentukan oleh nilai nilai yang dianut oleh masyarakat tersebut. Baca pengertian moral.

4. Nilai tidak selamanya realistik
Nilai yang ada dalam masyarakat biasanya bersifat idealis atau tidak mampu secara penuh dilaksanakan. Hal ini dikarenakan sifat nilai yang abstrak sehingga pemahamannya tidak mampu sama untuk tiap individu dalam masyarakat tersebut.

5. Dalam bermasyarakat, Nilai bersifat campuran
6. Cenderung bersifat stabil.

Macam Macam Nilai
Menurut Spranger, nilai terdiri dari beberapa macam yaitu :

1. Nilai keilmuan merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang bekerja terutama atas dasar pertimbangan rasional. Nilai keilmuan ini dipertentangkan dengan nilai agama.

2. Nilai agama ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atas dasar pertimbangan kepercayaan bahwa sesuatu itu dipandang benar menurut ajaran agama.

3. Nilai ekonomi adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan ada tidaknya keuntungan finansial sebagai akibat dari perbuatannya itu. Nilai ekonomi ini dikontraskan dengan nilai seni.

4. Nilai Seni merupakan salah satu dari macam-macam nilai yang mendasar perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan rasa keindahan atau rasa seni yang terlepas dari berbagai pertimbangan material.

5. Nilai Solidaritas ialah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang terhadap orang lain tanpa menghiraukan akibat yang mungkin timbul terhadap dirinya sendiri, baik itu berupa keberuntungan maupun ketidakberuntungan. Nilai solidaritas ini dikontraskan dengan nilai kuasa.

6. Nilai Kuasa adalah salah satu dari macam-macam nilai yang mendasari perbuatan seseorang atau sekelompok orang atas dasar pertimbangan baik buruknya untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya.