Jelaskan Arti dari Pencak Silat

Loading...

ASTALOG.COM – Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang berasal asli dari Nusantara, dan pencak silat merupakan bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia.

Pengertian Pencak Silat
Pencak silat secara umum adalah merupakan metode bela diri yang diciptakan untuk mempertahankan diri dari bahaya yang dapat mengancam keselamatan dan kelangsungan hidup. Sedangkan di dalam kamus bahasa Indonesia, pengertian pencak silat diartikan sebagai suatu permainan /keahlian dalam mempertahankan diri dengan kepandaian menangkis, menyerang dan membela diri dengan atau tanpa senjata. Ada juga yang mengatakan bahwa pencak silat adalah gerak bela diri tingkat tinggi yang disertai dengan perasaan sehingga penguasaan gerak efektif dan terkendali.

Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Persilat(Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa), adalah nama organisasi yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam untuk mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara.

BACA JUGA:  Sebutkan dan Jelaskan Macam-Macam Passing Dalam Sepak Bola

Teknik Pencak Silat
Pencak silat memiliki banyak teknik seperti bertahan dan menyerang. Praktisi biasa menggunakan tangan, siku, lengan, kaki, lutut dan telapak kaki dalam serangan. Teknik umum termasuk tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, mematahkan tulang sendi, dan lain-lain.
Jurus

Pesilat berlatih dengan jurus-jurus. Jurus ialah rangkaian gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bawah, yang digunakan sebagai panduan untuk menguasai penggunaan tehnik-tehnik lanjutan pencak silat (buah), saat dilakukan untuk berlatih secara tunggal atau berpasangan. Penggunaan langkah, atau gerakan kecil tubuh, mengajarkan penggunaan pengaturan kaki. Saat digabungkan, itulah Dasar Pasan, atau aliran seluruh tubuh.

Manfaat Pencak Silat
Dilansir dari salah satu blog, berikut manfaat dari pencak silat antara lain:

BACA JUGA:  Olahraga Pencak Silat

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Salah satu manfaat terbesar dalam berlatih pencak silat adalah meningkatnya kesehatan sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung juga vena dan arteri yang mengantarkan darah. Sistem kardiovaskuler yang lemah dapat menyebabkan sesak nafas, lesu, lelah dan bahkan dapat menyebabkan serangan jantung. Untuk menguatkan sistem kardiovaskuler dibutuhkan jenis olahraga antara lain berjalan, bersepeda, berenang dan tentunya bergabung dalam Pencak Silat atau olahraga bela diri lainnya. Lakukan setidaknya 30 menit, 3-4 kali seminggu

2. Melatih otot
Dengan berlatih pencak silat, Anda akan meningkatkan massa otot di tubuh Anda. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin liat tubuh Anda. Semakin tinggi massa .otot, semakin tinggi pula metabolisme Anda, dan karenanya semakin banyak kalori yang Anda bakar setiap hari sehingga menghambat obesitas. Selain itu, massa otot yang tinggi juga meningkatkan kelincahan.

BACA JUGA:  Berapakah Berat Tolak Peluru Putera?

3. Refleks yang semakin baik
Agar dapat menjadi seorang pelaku pencak silat yang baik, Anda harus punya refleks yang sangat cepat. Menurut riset yang pernah dilakukan, berpartisipasi dalam Pencak Silat atau olahraga bela diri lainnya, Anda tidak hanya akan mendapatkan refleks yang lebih baik saat bersilat, tapi juga dalam segala kegiatan Anda sehari-hari. Refleks yang tinggi sangat berguna dalam kegiatan seperti misalnya menyetir kendaraan atau memasak.

4. Suasana hati yang semakin baik
Latihan fisik yang dilakukan saat berlatih atau bertanding Pencak Silat melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa senang. Jadi, selain melepaskan stres dan rasa frustrasi, latihan Pencak Silat akan membuat kita merasa senang, tidak hanya saat melakukan latihannya, tapi juga berjam-jam setelahnya.