3 Provinsi yang Awalnya Adalah Provinsi Sunda Kecil

Loading...

ASTALOG.COM – Istilah Sunda Kecil merujuk pada gugusan pulau-pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa, yaitu mulai dari Pulau Bali di sebelah barat, hingga Pulau Timor di sebelah timur. Kepulauan Barat Daya dan Kepulauan Tanimbar yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Maluku secara geologis juga termasuk dalam kepulauan Nusa Tenggara atau Sunda Kecil. Di Indonesia, terdapat 3 propinsi yang dulunya disebut sebagai Sunda Kecil, yaitu:

  1. Bali
  2. Nusa Tenggara Barat
  3. Nusa Tenggara Timur

3 Provinsi yang Awalnya Adalah Provinsi Sunda Kecil

Sebagaimana yang telah diuraikan secara singkat di atas, terdapat 3 provinsi yang awalnya adalah provinsi Sunda Kecil, yaitu:

1. Provinsi Bali

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia dimana penamaannya diambil dari nama pulau utama di provinsi ini. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil yang beribukota di Singaraja. Wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan.

BACA JUGA:  Variasi Bahasa dan Ragam Jenisnya

Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah provinsi dengan mayoritas pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas, dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan provinsi Bali secara geografis terbagi menjadi 2 bagian yang tidak sama, yaitu:

  1. Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai.
  2. Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai.

Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan (Bedugul), Buyan, Tamblingan, dan Batur. Alam Bali yang indah menjadikan pulau Bali terkenal sebagai daerah wisata hingga ke mancanegara.

BACA JUGA:  Tri Kerukunan Umat Beragama

2. Provinsi Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia dalam gugusan Sunda Kecil. Provinsi ini biasa disingkat NTB dan memiliki 10 Kabupaten/Kota. Dua pulau terbesar di provinsi NTB adalah:

  1. Lombok yang terletak di barat
  2. Sumbawa yang terletak di timur

Ibu kota provinsi NTB adalah Kota Mataram yang berada di Pulau Lombok. Sebagian besar dari penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di Pulau Sumbawa.

Berdasarkan catatan sejarah, keberadaan status provinsi, bagi NTB tidak datang dengan sendirinya. Perjuangan menuntut terbentuknya Provinsi NTB berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama. Provinsi NTB, sebelumnya sempat menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur dalam konsepsi Negara Republik Indonesia Serikat,dan menjadi bagian dari Provinsi Sunda kecil setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

3. Provinsi Nusa Tenggara TImur

Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain: Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo, dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor.

BACA JUGA:  Bagaimanakah Ciri-ciri Homo Sapiens?

Provinsi NTT menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Bentangan kepulauan pada provinsi NTT yang terletak antara 80-120 Lintang Selatan dan 1180 – 1250 Bujur Timur, merupakan bagian dari NKRI yang mempunyai makna tersendiri pada hidup dan kehidupan banyak orang.

Gugusan pulau-pulau tersebut disapa dengan berbagai sebutan, antara lain, “Sunda Kecil, Nusa Tenggara, Nusa Tenggara Timur”, dan juga “Flobamora“. Sebutan tersebut juga bisa bermakna ada aneka suku dan sub-suku di/pada wilayah tersebut, namun mempunyai satu tanda kesamaan yaitu sama-sama menyatukan diri sebagai anak-anak Flobamor atau pun NTT.