Bangunan Buatan Manusia yang Terkenal di Amerika

ASTALOG.COM – Benua Amerika merupakan benua terbesar ke-2 di dunia setelah benua Asia. Wilayah daratan dari benua Amerika terletak di antara samudera Pasifik dan samudera Atlantik. Benua ini umumnya dibagi menjadi 3, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Wilayah Amerika Tengah merupakan daratan sempit memanjang yang menghubungkan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 72° LU – 59° LS dan 36° BB – 163° BB. Secara geografis, letak Benua Amerika berbatasan dengan:

  • Samudera Pasifik dan laut Bering di sebelah barat.
  • Samudera Atlantik dan laut Karibia di sebelah timur.
  • Laut Es dan selat Davis di sebelah utara.
  • Laut Kutub Selatan di sebelah selatan.

Penduduk asli di dataran Amerika bermigrasi dari Asia, yang dimulai sekitar 40.000 hingga 12.000 tahun yang lalu. Beberapa di antaranya, seperti kebudayaan Mississippi pra Columbia, telah mengembangkan teknik pertanian yang maju, arsitektur megah, dan masyarakat setingkat negara. Namun setelah penjelajah Eropa dan para pedagang melakukan kontak pertama dengan para penduduk asli, jutaan dari mereka tewas karena wabah penyakit yang ditularkan oleh para pendatang Eropa, misalnya cacar.

Bangunan Buatan Manusia yang Terkenal di Amerika

Sebagai sebuah benua yang terkenal, Amerika memiliki sejumlah bangunan buatan manusia yang juga terkenal, antara lain:

1. Patung Liberty di New York, Amerika Utara

Patung Liberty (statue of Liberty) adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang Amerika yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Kemudian pada tahun 1984, patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Hollywood Sign di Los Angeles, Amerika Utara

Hollywood Sign adalah markah tanah dan salah satu ikon kultural terkenal Amerika Serikat yang berlokasi di kota Los Angeles, California. Hollywood Sign berdiri di Mount Lee di kawasan Hollywood Hills Pegunungan Santa Monica. Markah tersebut berdiri menghadap ke arah distrik Hollywood. Tulisan “HOLLYWOOD” dieja pada huruf kapital berwarna putih dengan tinggi sekitar 45 kaki atau 14 m dan lebar sekitar 350 kaki atau 110 m. Markah tersebut pada awalnya dibuat sebagai media promosi untuk perumahan lokal yang dikembangkan pada tahun 1923, namun mendapatkan perhatian yang terus meningkat dari orang-orang setelah tidak dipakai lagi. Markah tersebut saat ini dilindungi dan diurus oleh organisasi nirlaba Hollywood Sign Trust. Markah tersebut seringkali muncul dalam budaya populer, terutama dalam film dan serial televisi yang berlatarkan di Hollywood atau sekitarnya. Markah serupa dengan ejaan kata yang lain juga sering dibuat sebagai parodi. Dilihat dari bawah, kontur bukit Hollywood Sign akan memberikan penampilan “bergelombang” pada markah tersebut. Namun ketika dilihat dari ketinggian yang berkisar sama, seperti pada foto di sebelah kanan, huruf-huruf tersebut akan nampak lurus dan sejajar.

3. Machu Picchu di Peru, Amerika Selatan

Machu Picchu sering juga disebut sebagai “Kota Inca yang hilang” adalah merupakan sebuah lokasi reruntuhan kota Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu. Machu Picchu telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983, dan juga merupakan salah satu dari 7 Keajaiban Dunia yang baru.