Cara Menulis Iklan Baris

ASTALOG.COM – Iklan baris salah satu bentuk teks persuasif yang dimuat pada media cetak dengan perhitungan biaya jumlah baris. Jika kita mencermati gaya penulisan iklan baris di berbagai media cetak atau surat kabar, jarang sekali kita jumpai iklan yang ditulis dengan lengkap, karena memang ada aturan-aturan baku yang mengatur mengenai batasan panjang pendeknya sebuah iklan baris. A

turan yang disepakati secara umum adalah iklan baris terpendek minimal 2 baris dan panjang maksimal adalah 10 baris. Apabila iklan yang akan kita tuliskan ternyata lebih dari 10 baris, maka penulisannya harus diringkas atau disingkat lagi atau diubah formatnya menjadi iklan kolom.

Jenis Iklan Baris
Iklan yang dimuat di koran jika dilihat dari ukurannya dapat dibedakan atas iklan kolom dan iklan baris.

1. Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar dari iklan baris. Bahkan, ada iklan yang penuh satu halaman koran. Hal ini tentu memerlukan biaya yang mahal bagi pemasang iklan kolom tersebut.

2. Iklan baris adalah iklan yang hanya terdiri atas beberapa baris dalam kolom. Karena terbatasnya jumlah baris dalam kolom yang disediakan, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya untuk pemasangan.

Meskipun hanya terdiri atas beberapa baris, informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca untuk memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca. Keberhasilan suatu usaha sering ditentukan oleh perencanaan dan promosi yang baik. Iklan merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif untuk menawarkan barang, jasa, lowongan kerja, dan lain-lain. Itulah sebabnya kemampuan menulis iklan baris sangat penting untuk dikuasai.

Unsur-unsur Iklan Baris
Kriteria penulisan Ikaln Penawaran (barang/jasa)
1. Disebutkan barang/jasa yang ditawarkan
2. Disebutkan jenis/tipe barang/jasa yang ditawarkan
3. Disebutkan kondisi barang/jasa yang ditawarkan
4. Disebutkan fasilitas barang/jasa yang ditawarkan
5. Disebutkan alamat/nomor telepon lokasi penawaran barang/jasa

Cara Menulis Iklan Baris
Agar barang yang Anda dapat menarik perhatian dari pembaca, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan dalam penulisan iklan baris antara lain:

1. Iklan baris biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang objektif, jujur, singkat, dan jelas. Kata-kata yang dipilih menarik, sopan, dan logis, serta ungkapan-ungkapannya memikat (sugestif).

2. Ada pun penulisannya menggunakan singkatan-singkatan pada bagian yang dipentingkan dengan menggunakan huruf kapital dan huruf kecil.

3. Panjang penulisannya antara 3 – 5 baris. Oleh karena itu, agar kalian dapat membaca teks iklan dengan benar, maka kalian perlu mengetahui jenis iklan baris (berdasarkan tujuannya) dan memahami penggunaan singkatan-singkatan yang ada di dalam iklan baris.

Contoh Iklan Baris
RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Atsiri Permai, Citayam. Jl. Widuri no.2. Lt/Lb.152/
45, SHM. Hub: 081317009588

TANAH DIJUAL : BODETABEK
Jl. Rancamaya ±100mtr dr pintu lap golf, akan
sblhan dg Rancamaya II, ±5600m² SHM. Hub:
0811170302

MOBIL DIJUAL
Jaguar X Type 2V6 SEAT Hitam Th. 2005. KM.8000
Masih Baru Hub. Telp.021-71068391 Hp.0818193008