Negara-negara Benelux

Loading...

ASTALOG.COM – Benelux atau Benelux Custom Union merupakan nama uni ekonomi di 3 negara monarki termasuk Belanda, Belgia, dan Luxemburg yang didirikan pada tahun 1944. Bisa dikatakan bahwa Benelux adalah pelopor Uni Eropa. Negara-negara ini berada di Eropa bagian barat laut antara Perancis dan Jerman.

Berdasarkan catatan sejarah, pada tahun 1944, 3 negara ini menandatangani Konvensi London Bea Cukai, yaitu sebuah perjanjian yang membentuk Uni Benelux Bea Cukai. Setelah diratifikasi pada tahun 1947, perjanjian ini berlaku dari tahun 1948 sampai yang digantikan oleh Uni Ekonomi Benelux.

Perjanjian mendirikan Uni Benelux Ekonomi (Benelux Economische Unie / Uni Économique Benelux) ditandatangani tanggal 3 Februari 1958 dan mulai berlaku pada 1 November 1960 untuk mempromosikan gerakan bebas pekerja, modal, jasa, dan barang di wilayah tersebut. Di bawah Perjanjian Uni menyiratkan kerjasama kebijakan ekonomi, keuangan dan sosial.

Profil 3 Negara Anggota Benelux

1. Belanda

Belanda adalah sebuah negara peserta Kerajaan Belanda yang terdiri dari 12 provinsi di Eropa Barat Laut dan 3 pulau di Karibia. Belanda berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya. Secara geografis, Belanda merupakan negara dengan permukaan daratan yang rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut dan 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:  Dasar HAM Di Indonesia

Sebagian besar daratan yang berada di bawah permukaan laut adalah hasil campur tangan manusia, ini disebabkan oleh ekstraksi gambut yang meluas, dan kurang terkontrol selama berabad-abad, dan merendahkan permukaan setinggi beberapa meter. Sebagian besar wilayah Belanda dibentuk oleh estuaria 3 sungai penting di Eropa, yang secara bersama-sama dengan anak-anak sungainya membentuk delta Rhein-Maas-Schelde.

  • Nama resmi : Kerajaan Belanda (Koninkrijk der Nederlanden)
  • Ibukota : Amsterdam
  • Bahasa resmi : Belanda dan Frisia
  • Bentuk pemerintahan : Monarki Konstitusional yang terdiri dari Raja Willem – Alexander dan Perdana Menteri
  • Luas total wilayah : 42.508 km2
  • Mata uang : Euro

2. Belgia

Belgia adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Belgia terletak di antara 2 perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin. Oleh karena itu, Belgia juga adalah sebuah negara dari 2 kelompok etnik, yaitu Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil adalah pembicara bahasa Jerman.

BACA JUGA:  Letak Pulau Kambing

Dari segi geografis, 2 area terbesar dari Belgia adalah wilayah penutur bahasa Belanda yang merupakan area dari Flandria yang ada di utara, dengan 59% dari populasi secara keseluruhan, dan wilayah penutur bahasa Perancis yang terletak di bagian selatan dari daerah Walonia, dengan populasi sebesar 31%. Daerah Ibu Kota Brussel, walaupun secara resmi memiliki dua bahasa nasional, namun pada umumnya penutur berbahasa Perancis-lah yang mendominasi daerah kantong ini.

Keseluruhan wilayahnya berada di wilayah Flandria yang berbahasa Belanda, dan memiliki populasi sebesar 10% dari populasi keseluruhan. Namun sekelompok kecil penutur Bahasa Jerman juga tinggal di arah timur dari Wallonia. Keanekaragaman bahasa yang dituturkan di Belgia dan sikap politik serta pertentangan kultural tergambar dalam sejarah politik dan sebuah sistem pemerintahan yang kompleks.

  • Nama resmi : Kerajaan Belgia (Koninkrijk Belgie)
  • Ibukota : Brussels
  • Bahasa resmi : Belanda, Perancis, dan Jerman
  • Bentuk pemerintahan : Monarki Konstitusional yang terdiri dari Raja Philippe dan Perdana Menteri
  • Luas total wilayah : 30.528 km2
  • Mata uang : Euro
BACA JUGA:  Klasifikasi 5 Kingdom dan Ciri-cirinya

3. Luxemburg

Luxemburg adalah sebuah negara yang tidak berbatasan dengan laut di Eropa bagian barat laut, berbatasan dengan Perancis (perbatasan panjang 73 km), Jerman (panjang perbatasan 138 km), dan Belgia (panjang perbatasan 148 km). Luxemburg merupakan salah satu negara terkecil di benua Eropa yang berbatasan dengan provinsi Luxemburg milik Belgia di sebelah barat, yang luasnya sebesar 4.443 km2, hampir 2 kali luas negara ini. Di utara, bagian-bagian dari Ardennes, berbukit-bukit dan gunung-gunung dengan ketinggian rendah, dengan Buurgplaatz sebagai titik tertinggi pada 559 m. Bagian lain dari negara ini juga berbukit-bukit. Perbatasan timur Luxemburg dibentuk oleh 3 sungai, yaitu Moselle, Sauer/Sure, dan Our.

  • Nama resmi : Keharyapatihan Luxemburg (Groussherzogtum Letzebuerg)
  • Ibukota : Luxemburg City
  • Bahasa resmi : Luxemburg, Jerman, dan Perancis
  • Bentuk pemerintahan : Monarki Konstitusional yang terdiri dari Haryapatih Henry dan Perdana Menteri
  • Luas total wilayah : 2.586 km2
  • Mata uang : Euro