Berapakah Ukuran Lapangan Voli?

Loading...

ASTALOG.COM – Permainan bola voli pertama kali muncul Pada tahun 1895 oleh William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran.

Permainan aslinya dahulu menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebih sesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying).

Untuk melakukan permainan bola voli sama halnya dengan olahraga lainnya. Dibutuhkan sebuah tempat atau lapangan untuk bermain. Pada umumnya lapangan voli berukuran 18×9 meter dan merupakan ukuran standar, baik secara nasional atau internasional sehingga tidak ada perbedaan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

BACA JUGA:  Masa Mengandung Kangguru Adalah?

Jika ada yang membuat lapangan lebih kecil, bisa jadi karena area yang tersedia tidak memadai sehingga dibuatlah lapangan dengan ukuran lebih kecil, seperti lapangan untuk latihan atau sekedar berlatih mengenai teknik dasar bola voli seperti smash, blok, teknik passing atau teknik-teknik lain-lain.

Sebagaimana kita tahu bahwa olahraga bola voli termasuk salah satu jenis olahraga yang diminati banyak orang, baik anak-anak, remaja sampai orang tua menyukai jenis olahraga ini. Disamping cara permainannya yang mudah, bermain bola voli bisa dilakukan oleh siapa saja baik wanita atau pria.

Ukuran Lapngan Bola Voli

1. Ukuran Luas : Panjang dan Lebar Lapangan

– Ukuran panjang lapangan : 18 Meter
– Ukuran lebar lapangan : 9 meter
– Ukuran Lebar Garis Serang : 3 Meter
– Ukuran Lebar Garis Tengah (Center Line) : 5cm
– Ukuran area servis (serving area) : 3 meter

BACA JUGA:  Jelaskan Pengertian Ideologi?

Dari rincian diatas bahwa Lapangan volly secara keseluruhan memiliki panjang 18 meter (Delapan Belas Meter) tidak kurang tidak lebih dan merupakan ukuran umum atau standar internasional, sedang lebarnya 9 meter. Dalam permainan bola voli terdiri dari 2 regu, jadi masing-masing tim/regu menempati separuh lapangan dengan ukuran 9 meter setelah dipisahkan dengan jaring net pada bagian tengah lapangan.

2. Ukuran Tiang dan Net

– Tinggi tiang net : 2,55 meter (Dua setengah meter lima lebih)
– Tinggi Net Untuk Laki-laki (Man) : 2.43 meter
– Tinggi Net Untuk Perempuan (women) : 2.24 meter
– Lebar Net : 1 meter
– Panjang Net : 9.5 meter
– Mata jala net : 10 centimeter
– Pita Bagian tepi atas net : 5 centimeter
– Pita samping net : 5 centimeter
– Jarang Tiang Net Dengan pinggir lapanagn :0.6meter
– Tinggi Antenna : 80 cm

Net atau jaring net dalam permainan bola voli terbuat dari rangkaian benangber bentuk kotak-kotak dengan ukuran kotak 10 cm. Panjang net 9,5 sampai 10 meter atau lebih panjang dari ukuran lebar lapangan, kenapa? karena berdirinya tiang untuk mengikat net berada diluar lapangan kurang lebih 0,5 meter, sehingga jaring harus lebih panjang. Sedangkan tinggi jaring 1 meter.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Dengan Manajemen Quota User?

Pada bagian tepi atas net terdapat pita biasanya berwarna putih berukuran 5 cm. Net dipasang melintang ditengah lapangan di ikatkan pada tiang kanan kiri lapangan. Pemasangan jaring net harus sama tinggi sehingga seimbang dan di ikat dengan kuat.

3. Ukuran Bola Voli

– Berat bola voli : 200 – 280 gram
– Keliling lingkaran : 65 – 67 cm

Bola yang digunakan dalam permainan bola voli juga memiliki ukuran standar, dengan berat 20 sampai 280 gram. sedang keliling pada lingkaran bola 65 sampai 67 cm. Mengenai warna bola ada banyak pilihan warna, hal itu bertujuan untuk memudahkan pemain melihat perputaran bola saat dimainkan sehingga pemain dari masing-masing regu dapat mengantisipasi datangnya bola.