Kenampakan Alam di Perancis

ASTALOG.COM – Perancis adalah sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” (“Heksagon”) karena bentuk geometris teritorinya.

Meskipun Perancis Metropolitan terletak di Eropa Barat, namun Perancis juga memiliki sejumlah teritori di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, selatan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Antarktika. Teritori ini memiliki berbagai bentuk pemerintahan mulai dari departemen seberang laut hingga jajahan seberang laut.

Perancis berbatasan dengan Belgia, Luxemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen seberang laut, Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brasil dan Suriname (berbatasan dengan Guyana Perancis), dan Sint Maarten (berbatasan dengan Saint-Martin). Perancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel, yang berada di bawah Selat Inggris.

Kenampakan Alam di Perancis

Perancis memiliki wilayah negara terluas di antara semua anggota Uni Eropa dan sedikit lebih besar dari Spanyol. Perancis memiliki berbagai macam lanskap, mulai dataran pantai di utara dan barat hingga jejaring pegunungan Alpen di tenggara, Massif Central di tengah selatan dan Pyrenees di barat daya.

Pada ketinggian 4.807 meter di atas permukaan laut, titik tertinggi di Eropa Barat, Mont Blanc, yang terletak di pegunungan Alpen ini berada di perbatasan antara Perancis dan Italia. Perancis Metropolitan juga memiliki sistem sungai panjang seperti Loire, Garonne, Seine, dan Rhone, yang membelah Massif Central dari Alpen dan mengalir ke Laut Mediterania di Camargue, yang merupakan titik terendah di Perancis (2 meter di bawah permukaan laut). Pulau Corsica terletak di lepas pantai Mediterania.

1. Pegunungan Alpen

Pegunungan Alpen adalah nama pegunungan besar di Eropa yang membentang dari Austria dan Slovenia di timur, melalui Italia, Swiss, Liechtenstein, dan Jerman, sampai ke Perancis di barat. Pegunungan Alpen Barat lebih tinggi, tetapi rangkaian pergunungannya lebih pendek dan berliku, dan terletak di Italia, Perancis, dan Swiss.

2. Massif Central

Massif Central adalah dataran tinggi di tengah selatan Perancis, terdiri dari pegunungan dan plateau. Karena vulkanisme yang telah aktif dalam 10.000 tahun, pegunungan sentral ini terpisah dari Alpen oleh sebuah lembah utara-selatan yang dibentuk oleh Sungai Rhone dan dikenal dalam bahasa Perancis sebagai lembah Rhone.

3. Pyrenees

Pyrenees (pegunungan Pirenia) adalah pegunungan di Eropa barat daya yang membentuk perbatasan alami antara Perancis dan Spanyol. Pirenia memisahkan Semenanjung Iberia dari benua Eropa, dan terbentang sekitar 430 km (267 mil) dari Teluk Biscay hingga Laut Tengah.

4. Mont Blanc

Mont Blanc (Gunung Putih) merupakan salah satu dari rangkaian pegunungan Alpen dan merupakan gunung tertinggi di Eropa barat dengan ketinggian sekitar 4.810 meter (15.780 kaki). Mont Blanc terletak di sebagian wilayah Perancis dan wilayah Italia, akan tetapi Perancis bersikeras menyatakan bahwa puncak gunung ini berada di dalam area wilayahnya, bahkan di beberapa peta negara Perancis, area gunung ini dimasukkan sepenuhnya ke dalam wilayah negara Perancis.  2 kota paling terkenal dekat Mont Blanc adalah Chamonix, Haute-Savoie (Perancis) dan Courmayeur, Valle d’Aosta (Italia).

5. Sungai Loire

Sungaai Loire adalah sungai terpanjang di Perancis dengan panjang 1.020 kilometer. Sungai ini menyuburkan wilayah seluas 117.000 km2, seperlima dari seluruh Perancis. Sungai ini bermula di Pegunungan Cevennes di Departement Ardeche pada ketinggian 1.350 m/4.430 kaki dekat Mont Gerbier de Jonc, dan mengalir sepanjang 1.000 km (620 mi) melalui Nevers menuju Orleans, kemudian barat melalui Tours dan Nantes hingga mencapai Teluk Biscay di Saint-Nazaire.

6. Sungai Garonne

Sungai Garonne  adalah sebuah sungai di barat daya Perancis dan utara Spanyol dengan panjang 575 km.

7. Sungai Seine

Sungai Seine adalah sebuah sungai utama di Perancis bagian barat laut. Sungai ini merupakan salah satu jalur lalu lintas air komersial dan juga menjadi sebuah tujuan wisata, khususnya bagian yang terletak dalam kota Paris. Sungai ini membelah kota Paris menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. la rive droite (tepi kanan) adalah Paris Utara.
  2. la rive gauche (tepi kiri) adalah Paris Selatan.

Paris Utara lebih makmur daripada Paris Selatan.

8. Sungai Rhone

Sungai Rhone adalah salah satu sungai besar di Eropa, membentang melalui Swiss dan Perancis.