Kota-kota di Perancis yang Dialiri Sungai Rhone

Loading...

ASTALOG.COM – Sungai Rhone adalah salah satu sungai besar di Eropa, yang membentang melalui Swiss dan Perancis. Sebelum rel dan jalan raya ditemukan, Rhone adalah sebuah rute dagang dan transportasi darat penting, menghubungkan kota Arles, Avignon, Valence, Vienne, dan Lyon ke pelabuhan Mediterania Fos, Marseille dan Sete. Sebelumnya, berlayar sepanjang Rhone dengan kapal barang bisa memakan 3 minggu, namun sekarang hanya 3 hari. Rhone dikelompokkan sebagai jalur air V dari mulut Sungai Saone ke laut.

Saone, yang juga dikanalisasikan, menghubungkan pelabuhan Rhone dengan kota Villefranche, Macon, dan Chalons. Perahu kecil hingga CEMT kelas I dapat berlayar ke barat laut, utara, dan timur laut melalui Centre-Loire-Briare dan Kanal Loing ke Sungai Seine, melalui Canal de la Marne a la Saone (Canal entre Champagne et Bourgogne) ke Marne, melalui Canal des Vosges ke Moselle dan melalui Canal du Rhone au Rhin ke Rhine.

Kota-kota di Perancis yang Dialiri Sungai Rhone

1. Lyon

Lyon adalah sebuah kota perdagangan, pariwisata, hiburan dan perindustrian yang besar. Lyon dikenal sebagai pusat coklat, es krim dan kota terbesar ke-2 di Perancis. Lyon berada di sebelah timur laut negara Perancis. Kota ini merupakan wilayah ibukota bagi region Rhone-Alpes serta merupakan ibukota Rhone Department. Lokasi Lyon secara lebih rinci adalah terletak pada pinggiran atau tepi bagian utara Sungai Rhone. Lyon dikenal sebagai pusat wisata musim panas dengan skyline langit malam hari yang benar-benar menakjubkan. Selain itu, setiap malam tahun baru di Lyon selalu diadakan pesta cahaya laser yang tentu saja menarik minat ribuan pengunjung baik dalam negeri maupun luar negeri.

BACA JUGA:  Struktur Anatomi pada Akar Tumbuhan

2. Valence

Valence terletak di sisi kiri Sungai Rhone, tepatnya sekitar 65 mil (105 km) di selatan Lyon pada jalur rel ke Marseille. Penduduknya disebut sebagai Valentinois (Valentinoises). Valence merupakan bagian Kota dan Tanah Seni dan Sejarah Perancis. Daerah yang dulu pernah menjadi kadipaten ini pernah dikuasai oleh Adipati Valence, gelar yang masih diklaim oleh Pangeran Monaco meskipun tak memiliki kendali administratif atas Valence.

3. Avignon

Avignon adalah sebuah kota di selatan Perancis yang didirikan sekitar tahun 539 SM. Avignon merupakan ibukota administratif Vaucluse. Penduduk Avignon diperkirakan berada pada kisaran sekitar 89.000 orang yang tinggal di kota, dan sekitar 155.000 orang yang tinggal di wilayah pinggiran kota. Selama Abad Pertengahan, kota ini adalah tempat pemerintahan Paus. Kini, terdapat sisa kota tua yang dilestarikan, juga Istana Paus, dan Jembatan (Pont d’Avignon) yang merupakan salah satu tempat wisata di Perancis yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

BACA JUGA:  Sebutkan Ciri-ciri dari Tanah Humus

4. Arles

Arles merupakan nama kota di Perancis yang letaknya di bagian selatan, tepatnya di Provence Alpes Cote d’Azur. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 52.600 jiwa dan memiliki luas wilayah sekitar 758,93 km², dengan kepadatan penduduk sekitar 66 jiwa/km².