5 Kota Utama di Jepang

Loading...

ASTALOG.COM – Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudera Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Kepulauan Jepang adalah gugusan pulau-pulau yang memanjang dari timur laut sampai ke barat daya pesisir timur Benua Asia yang saat ini membentuk negara modern Jepang.  Jadi, Kepulauan Jepang yang berada di pesisir timur Benua Asia yang memanjang dari timur laut ke barat daya dikelilingi oleh lautan, dimana Jepang berbatasan dengan Laut Jepang dan Korea di sebelah barat, Samudera Pasifik di sebelah timur, Pulau Sakhalin dan Kuril Rusia di sebelah utara, dan Laut Cina Selatan di sebelah selatan.

5 Kota Utama di Jepang

Sebagai sebuah negara kepulauan yang maju di dunia, tentunya Jepang memiliki banyak kota-kota penting, di antaranya adalah ke-6 kota utama di Jepang berikut ini:

1. Tokyo

Tokyo adalah ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya). Kota Tokyo terletak di Wilayah Kanto di pinggir Teluk Tokyo. Wilayah prefektur Tokyo dibagi menjadi wilayah daratan dan kepulauan.

Bagian daratan terletak di sebelah barat laut Teluk Tokyo, sekitar 90 km timur ke barat, dan 25 km utara ke selatan. Kota Tokyo berbatasan dengan:

  • Prefektur Chiba di timur
  • Prefektur Yamanashi di barat
  • Prefektur Kanagawa di selatan
  • Prefektur Saitama di utara
BACA JUGA:  Bagaimana Transformasi (Perubahan Energi) yang Terjadi dalam Klorofil?

Kepulauan di kota Tokyo terdiri dari Kepulauan Izu dan Kepulauan Ogasawara, yang memanjang sekitar 1.000 km ke Samudera Pasifik.

2. Osaka

Osaka atau Shin-Osaka merupakan kota terbesar kedua di Jepang dan merupakan salah satu kota pusat industri tekstil terbesar di dunia. Selain sebagai ibu kota Prefektur Osaka, kota ini ditetapkan sebagai salah satu kota terpilih berdasarkan Undang-Undang Otonomi Lokal. Osaka terletak di pulau Honshu, di mulut Sungai Yodo di Teluk Osaka. Osaka adalah kota terbesar di kawasan Keihanshin sebagai pusat industri dan pelabuhan untuk daerah metropolitan Osaka – Kobe – Kyoto. Di sebelah timur, Osaka bertetangga dengan Kyoto dan Nara, dan di sebelah barat dengan Kobe.

3. Kyoto

Kyoto adalah ibukota masa lalu Jepang sejak berakhirnya Zaman Edo hingga tahun 1868. Kyoto juga merupakan kota budaya dan kota pusat induastri kerajinan tangan. Kimono dan beragam kerajinan tradisional Jepang diproduksi di kota ini. Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Bagian pusat kota didesain terkotak-kotak seperti papan catur, dengan bentuk jalan yang sebagian besar lurus. Setiap jalan memiliki nama-nama tersendiri, dan sebagian besar persimpangan diberi nama sesuai dengan nama jalan yang bertemu.

BACA JUGA:  Bagaimana Perkembangan Organisme Bersel Satu?

Kyoto terletak di bagian selatan dari Prefektur Kyoto. Di dalam kota mengalir beberapa sungai seperti Kamogawa di timur, Katsuragawa di barat, dan Ujigawa di selatan. Posisinya berada di Lembah Yamashiro. Lembah Yamashiro sendiri dikelilingi oleh 3 buah gunung, yaitu Higashiyama, Kitayama, dan Nishiyama, dengan ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan laut. Karena letaknya yang dikelilingi pegunungan ini, iklimnya bersifat iklim darat, menyebabkan perbedaan suhu antara siang dan malam, antara musim dingin dan musim panas lumayan besar.

4. Nagoya

Nagoya adalah ibu kota Prefektur Aichi, Jepang. Kota ini terletak di pesisir Samudera Pasifik di wilayah Chubu, bagian tengah Pulau Honshu. Letaknya di tengah-tengah antara Tokyo dan Kyoto, sehingga kota ini sering disebut Chukyo (ibu kota bagian tengah). Kota ini merupakan pusat dari Daerah Metropolitan Chukyo yang terletak di daratan rendah Nobi, bagian barat daya Prefektur Aichi.

BACA JUGA:  Negara di Benua Afrika yang Memiliki Sejarah Kebudayaan Tertua

Di bagian barat daya kota terdapat distrik Minato-ku yang merupakan kawasan industri dan Pelabuhan Nagoya. Di sebelah barat distrik Minato-ku terdapat sawah yang luas. Di selatan kota terdapat distrik Minami-ku yang merupakan kawasan industri, sedangkan bagian utara kota, yaitu distrik Mizuho-ku merupakan pusat perbelanjaan.

5. Kobe

Kobe adalah sebuah kota di Jepang yang terletak di pulau Honshu. Kobe adalah bagian dari wilayah metropolitan Osaka – Kobe – Kyoto. Kobe adalah ibukota Prefektur Hyogo dan merupakan salah satu pelabuhan besar Jepang bersama dengan pelabuhan-pelabuhan di Yokohama, Osaka, Nagoya, Hakata, dan Tokyo.

Kobe terletak di wilayah Kansai di prefektur Hyogo di sebelah barat daya Osaka. Kota ini adalah salah satu kota pertama Jepang yang membuka perdagangan kepada Barat pada tahun 1868. Kota pelabuhan yang kosmopolitan ini mempunyai sekitar 45.500 penduduk asing dari lebih dari 100 negara.