Jenis Tanaman Indo-Malayan Adalah?

ASTALOG.COM – Di Indonesia ada ribuan bahkan jutaab jenis flora yang hidup diantara pulau Sabang hingga sampai Merauke di Papua. Saking banyaknya jenis flora di Indonesia di bagi menjadi 2 jenis. Hal ini di sesuaikan dengan karakteristik flora masing – masing, pembagian ini di bagi atas florea di bagian Timur Indonesia dan flora bagian barat di Indonesia Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok salah satunya adalah Indo Malayan.

Sejarah Indo Malayan
Sejarah flora Indo Malayan berawal dari pemikiran seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace. Afred Wallace ini melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan flora di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok. Yaitu kelompok Indo Malayan dan kelompok Indo Australian. Kedua kelompok flora tersebut dibatasi oleh garis Wallace dan garis Lydekker.

Flora Indo Malayan meliputi tanaman yang berada di wilayah Indonesia Barat dimana wilayah ini meliputi Jawa, kalimantan, Sumatera, dan Bali. Flora Indo Malayan didominasi oleh jenis meranti-merantian, terdapat ebebrapa jenis rotan, serta memiliki berbagai jenis pohon nangka. Penyebaran flora di Indoensia sangat dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati serta posisi geografis Indoensia yang sangat menguntungkan.

Flora Indo Malayan yang merupakan hasil dari pendekatan biogeografi ini sangat dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang berada di wiayah Malesiana. Kawasan malesian ini terdiri dari Indonesia, Philipina, Semenanjung Malaya dan Papua Nugini. Kawasan ini dibatasi oleh 3 simpul demarkasi yang masing-masing terletak di selat Torres di bagian selatan, Jazirah Kra (Thailand) di bagian barat, dan di ujung utara pulau Luzon (Philipina).

Contoh Tanaman Indo Malayan
Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di Indonesia Barat antara lain:

1. Banyak terdapat jenis meranti-merantian
2. Terdapat berbagai jenis rotan
3. Tidak memiliki gutan kayu putih
4. Memiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yangsedikit
5. Memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit
6. Memiliki berbagai jenis nangka

Selain itu, ada juga daerah Indo Australia meliputi tanaman yang ada di kawasan Indonesia Timur, yaitu Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Flora di Indonesia bagian Timur :
1. Memiliki jenis meranti-merantian yang sedikit
2. Tidak memiliki rotan
3. Terdapat hutan kayu putih
4. Memiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya di Papua)
5. Memiliki banyak tumbuhan sagu
6. Tidak terdapat jenis nangka.

Negara kepulauan seperti Indonesia sangat rentan terhadap kerusakan habitat. Hal ini disebabkan oleh pola penyebaran flora yang terbatas serta populasinya relatif lebih kecil. Walaupun demikian, Flora Indo Malayan yang oleh beberapa ahli disebut flora kepulauan Wallace ini sebagian besar terdiri dari flora asli Indonesia. Sehingga sudah sepatutnya kita ikut melestarikannya. Apalagi secara teori flora Indo Malayan ini merupaka pembentuk mayoritas terbesar dari malviflora yang ada di dunia ini, terutama di wilayah Asia Tenggara