Maskapai Penerbangan Jepang

Loading...

ASTALOG.COM – Sebagai salah satu negara yang menjadi tujuan wisata dunia, Jepang memiliki koneksi transportasi udara yang menghubungkan wisatawan dari belahan dunia yang ingin berkunjung ke Jepang melalui beragam maskapai penerbangannya yang tersebar di banyak negara. Dalam hal ini, Jepang memiliki banyak maskapai penerbangan yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan untuk memilih maskapai penerbangan dari Jepang.

Maskapai Penerbangan Jepang

1. Japan Airlines (JAL/IATA JL)

Japan Airlines adalah maskapai penerbangan komersial yang didirikan pada tanggal 1 Maret 1951, dengan penerbangan domestik perdana pada tanggal 25 Oktober 1951 dengan pesawat Martin 2-0-2 yang disewa dari Northwest Airlines. Sementara, penerbangan internasional perdana dengan rute Tokyo-San Francisco dimulai pada tanggal 2 Februari 1954 dengan pesawat Douglas DC-6.

Japan Airlines kemudian memasuki era pesawat jet pada tahun 1966 dengan pesawat Douglas DC-8. Lalu, JAL memutuskan memodernisasi armadanya dengan pesawat jet. JAL juga menambah tujuan internasional seperti Hong Kong, New York, Paris, London, dan Busan. Pada tahun 1970an, maskapai ini juga membeli Boeing 747, Boeing 727, serta McDonnell-Douglas DC-10.

JAL terbang di 161 kota mulai dari benua Asia, Eropa, Amerika, dan Oseania, termasuk dengan mekanisme code sharing. Negara-negara ASEAN yang didarati JAL antara lain Singapura, Thailand, dan Indonesia.

BACA JUGA:  Dimana Letak Masjid Zahir?

2. Japan Air Commuter

Japan Air Commuter adalah maskapai penerbangan Jepang yang memiliki basis di Kirishima, Perfektur Kagoshima. Maskapai penerbangan ini melakukan layanan pengumpan dalam upaya dukungan untuk Japan Airlines. Basis utama dari maskapai penerbangan ini adalah di Bandar Udara Kagoshima, dengan bandar udara penghubung di Bandar Udara Internasional Osaka, Bandar Udara Amami, dan Bandar Udara Fukuoka.

3. All Nippon Airways (ANA)

All Nippon Airways atau juga dikenal sebagai Zennikku atau ANA adalah maskapai penerbangan komersial Jepang yang berkantor pusat di Shiodome City Center, kawasan Shiodome, Minato, Tokyo. ANA juga berstatus sebagai Maskapai Penerbangan Nasional Jepang. ANA melayani 49 destinasi domestik, 35 rute internasional dan memiliki total pegawai 14.179 orang. Hubungan internasional ANA berada di Bandar Udara Internasional Narita dan Bandar Udara Internasional Kansai, sementara hubungan domestiknya berada di Bandar Udara Internasional Tokyo, Bandar Udara Internasional Osaka, Bandar Udara Internasional Centrair Chubu (dekat Nagoya), dan Bandar Udara New Chitose (dekat Sapporo).

BACA JUGA:  Contoh Hubungan Simbiosis Komensalisme

ANA melayani rute domestik di jepang, dari Hokkaido di utara ke Okinawa di selatan. Penerbangan Internasional ANA meliputi benua Asia, Eropa dan Amerika Utara. Gerbang internasional ANA terletak di Bandara Internasional Narita dan ditempatkan di Terminal 1 bersama anggota Star Alliance lainnya.

4. AirAsia Japan

AirAsia Japan adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Maskapai penerbangan ini merupakan perusahaan patungan antara maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia dan maskapai penerbangan asal Jepang, All Nippon Airways (ANA). Maskapai penerbangan ini merupakan anak perusahaan ke-5 AirAsia dan ke-9 untuk ANA. Penerbangan pertama dari maskapai penerbangan ini dimulai pada tanggal 1 Agustus 2012 dari Tokyo Narita ke Fukuoka.

5. Air Japan

Air Japan adalah maskapai penerbangan sewaan yang berbasis di Higashikojiya, Ota, Tokyo, Jepang. Maskapai penerbangan ini mengoperasikan penerbangan berjadwal dibawah merek ANA. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kebingungan dengan Air Nippon, anak perusahaan ANA yang lainnya, atau Japan Airlines (JAL), pesaing ANA. Basis utama dari maskapai penerbangan ini adalah di Bandar Udara Internasional Narita. Air Japan melayani rute ke:

  • China (Dalian, Shanghai, Xiamen, Qingdao)
  • Hongkong
  • Jepang (Tokyo, Osaka, Okinawa)
  • Singapura
  • Korea Selatan (hanya kargo)
  • Bangkok, Thailand
  • Taipei, Taiwan
  • Honolulu, Amerika Serikat
  • Ho Chi Minh, Vietnam
BACA JUGA:  Mengapa Muh. Yamin Menyebut Kerajaan Sriwijaya Sebagai Negara Nasional Pertama?

6. Air Nippon

Air Nippon adalah maskapai penerbangan regional yang berbasis di kompleks Shiodome City Center di Minato, Tokyo, Jepang. Maskapai penerbangan ini merupakan sepenuhnya anak perusahaan dari All Nippon Airways (ANA). Maskapai penerbangan ini mengoperasikan penerbangan jarak pendek dan ke pulau terpencil untuk mendukung layanan domestik ANA. Basis utama dari maskapai penerbangan ini adalah di Bandar Udara Internasional Tokyo.

7. ANA Wings

ANA Wings adalah maskapai penerbangan regional yang berbasis di Bandar Udara Internasional Tokyo (Haneda) di Ōta, Tokyo, Jepang. Maskapai penerbangan ini dibentuk pada tanggal 1 Oktober 2010 merupakan hasil merger dari anak usaha All Nippon Airways (ANA), yaitu Air Nippon Network, Air Next, dan Air Central.