Apa yang Dimaksud dengan Zooplankton dan Fitoplankton?

ASTALOG.COM – Zooplankton dan Fitoplankton adalah dua jenis kelompok yang paling penting dari Ekologi dan sebagai sarana aliran energi. Fitoplankton dan zooplankton mencakup semua filum dari dunia hewan termasuk chordata. Fitoplankton dan zooplankton adalah dua jenis organisme yang berasal dari plankton.

Pengertian Zooplankton dan Fitoplankton
1. Zooplankton
Zooplankton adalah hewan-hewan kecil yang berenang atau mengapung di kolom air. Menurut tahap perkembangan dalam siklus hidup mereka, zooplanktons dibagi menjadi dua kelompok, yang dikenal sebagai meroplankton dan holoplankton. Meroplankton adalah merupakan larva dari cnidaria, krustasea, moluska, serangga, echinodermata, dan beberapa ikan. Meroplankton hanya menghabiskan sedikit waktu siklus hidup mereka sebagai plankton. Sedangkan, holoplankton menghabiskan seluruh hidup sebagai plankton. Holoplankton seperti pteropods, Polychaetes, larvaceans, Copepoda, siphonophore, dll.

Zooplankton termasuk anggota dari hampir semua Filum dari kerajaan hewan; Protozoa, Cnidaria/coelenterates, Arthropoda, Moluska, Echinodermata, dan chordata. Zooplankton memiliki fenomena yang sangat unik yang disebut migrasi vertikal, di mana mereka bergerak menuju ke permukaan air pada malam hari dan kembali ke air yang dalam pada siang hari. Migrasi vertikal membantu mereka untuk menjauhkan diri dari predator diurnal. Selama migrasi ini, zooplanktons menggunakan arus air serta berenang aktif.

2. Fitoplankton
Fitoplankton disebut juga plankton nabati, adalah tumbuhan yang hidupnya mengapung atau melayang dilaut. Ukurannya sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Umumnya fitoplankton berukuran 2 – 200µm (1 µm = 0,001mm). fitoplankton umumnya berupa individu bersel tunggal, tetapi juga ada yang berbentuk rantai.

Meskipun ukurannya sangat kecil, namun fitoplankton dapat tumbuh dengan sangat lebat dan padat sehingga dapat menyebabkan perubahan warna pada air laut.

Fitoplankton mempunyai fungsi penting di laut, karena bersifat autotrofik, yakni dapat menghasilkan sendiri bahan organic makanannya. Selain itu, fitoplankton juga mampu melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan bahan organic karena mengandung klorofil. Karena kemampuannya ini fitoplankton disebut sebagai primer producer.
Bahan organik yang diproduksi fitoplankton menjadi sumber energi untuk menjalan segala fungsi faalnya. Tetapi, disamping itu energi yang terkandung didalam fitoplankton dialirkan melalui rantai makanan. Seluruh hewan laut seperti udang, ikan, cumi – cumi sampai ikan paus yang berukuran raksasa bergantung pada fitoplankton baik secara langsung atau tidak langsung melalui rantai makanan.

Perbedaan Zooplankton dan Fitoplankton
Zooplankton dan Fitoplankton meskipun masuk dalam dua jenis organisme dari plankton namun keduanya memiliki perbedaan antara lain:

1. Fungsi dari dua kelompok ekologi mikroskopis ini berbeda dan sangat penting.
2. Fitoplankton adalah organisme autotrof, sedangkan zooplanktons adalah heterotrof.
3. Fitoplankton tidak bisa berenang secara aktif, sedangkan zooplankton dapat bergerak baik secara aktif maupun pasif.
4. Ada dan tidak adanya migrasi vertikal dalam zooplankton dan fitoplankton juga menyatakan variasi tambahan antara kedua.
5. Fitoplankton adalah plankton nabati tapi zooplankton adalah plankton hewani