Teknik Membawa Korban Kecelakaan di Air

Loading...

ASTALOG.COM – Kecelakaan bisa terjadi di mana saja, termasuk di air. Kecelakaan juga bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga Anda perlu siaga dan siap melakukan tindakan pertolongan atau penyelamatan terhadap korban.

Itulah alasannya mengapa melakukan proses penyelamatan sangat penting untuk Anda kuasai walaupun hanya untuk sekedar berjaga-jaga. Kecelakaan di air biasanya bisa disebabkan karena banyak faktor. Beberapa penyebab kecelakaan di air antara lain sebagai berikut:
1. Tidak melakukan pemanasan (warming up) sebelum latihan berenang.
2. Tidak mematuhi peraturan dan tata tertib di kolam renang.
3. Tidak menguasai teknik berenang yang baik.
4. Terlalu lelah atau terlalu lama berenang.
5. Sarana dan prasarana kolam yang kurang memadai.

Teknik-Teknik Pertolongan di Air
Cara masuk ke permukaan air ada 4 macam. Hai ini tergantung pada lokasi korban. Teknik-teknik pertolongan di air adalah sebagai berikut:
1. Meloncat dengan kaki lebih dahulu (stride jump)
Memberi pertolongan dengan meloncat kaki terlebih dahulu. Dimana kedua tangan dibuka lebar. Gerakan ini mempunyai maksud agar ketika tiba di permukaan air kepala tetap berada di atas permukaan air. Hal ini diperlukan agar penolong dapat selalu memantau korban, sebelum berhasil ditolong.
2. Lari kemudian masuk air (run and plunge drive)
Cara ini ditempuh apabila korban berada jauh dari jangkauan maka diperlukan awalan lari supaya dapat mendekati korban.
3. Terjun dekat jangkauan jauh (long shallow drive)
Cara masuk permukaan air dimana tangan tangan lebih dahulu. Biasanya digunakan apabila korban memang jauh dari jangkauan, sehingga harus tiba secepatnya di tempat kejadian. Dengan meloncat lebih dahulu, memaksa tubuh untuk meluncurjauh dan selanjutnya berenang mendekati korban.
4. Cara mendekati korban (approach stroking)

BACA JUGA:  Apa Fungsinya Perusahaan Umum?

Untuk mendekati korban saat terjadinya kecelakaan, hendaknya pandangan tetap mengawasi posisi korban. Saat mendekati korban ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar korban mudah dihadapi dan kemudian selanjutnya bisa didekati.
Cara mendekati korban yaitu:
1. mendekati korban dengan menggunakan gaya bebas, kepala di atas
2. mendekati korban dengan menggunakan gaya dada, kepala di atas

Teknik Membawa Korban Kecelakaan di Air
Teknik-Teknik membawa korban kecelakaan di air adalah sebagai berikut.
1. Melakukan renang pertolongan dengan baik
Melakukan renang pertolongan pada kecelakaan di air merupakan keterampilan renang lanjutan. Sebagai syarat utama bahwa penyelamatan harus menguasai betul berbagai teknik renang, khususnya renang gaya dada.
2. Memegang Iengan dari depan
Dengan cara penolong di samping korban dengan posisi telungkup penolong dengan memegang lengan dengan satu tangan dari depan.
3. Memegang lengan dari belakang
Menolong korban dengan cara memegang korban yang dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan dari arah belakang korban. Posisi korban telentang sedangkan penolong posisi di samping korban dari arah belakang korban. Melakukan teknik pertolongan dengan sistem Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)

BACA JUGA:  Tuliskanlah 3 Contoh Teks Hasil Observasi