Sebutkan Teknik-Teknik Dasar Menggambar Dengan Menggunakan Pensil?

Loading...

ASTALOG.COM – Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau wujudnya terdiri dari unsur-unsur rupa yang berupa gbidang, garis, tekstur, bentuk, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut disusun dengan sedemikian rupa ke dalam sebuah pola tertentu.

Bentuk dari karya seni rupa merupakan rangkaian dari keseluruhan unsur-unsur rupa yang disusun dalam sebuah komposisi atau struktur yang bermakna. Unsur-unsur rupa tersebut tidak hanya sekedar akumulasi atau kumpulan beberapa bagian yang tidak bermakna, namun dibuat dengan menggunakan prinsip tertentu.

Makna dari sebuah bentuk karya seni rupa tidak ditentukan dengan sedikit atau banyaknya unsur yang membentuknya, melainkan dari sifat komposisi/struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas dari keseluruhan sebuah karya seni lebih penting jika dibandingkan dengan jumlah bagian-bagiannya. Sala satu contoh dalam seni rupa adalah menggambar dan melukis.

Teknik-Teknik Dasar Menggambar Dengan Menggunakan Pensil

Teknik dasar menggambar dengan menggunakan pensil sangat perlu diketahui jika kita benar-benar ingin mendapatkan hasil yang baik saat menggambar. Menggambar menggunakan pensil adalah cara menggambar paling sederhana dan tidak ribet karena memang cukup menyediakan kertas gambar, pensil, penghapus dan rautan saja. Tidak perlu terlalu banyak menyediakan pewarna atau alat-alat lainnya.

BACA JUGA:  Apa Saja Bagian-bagian Bunga Sempurna dan Berikan Contohnya

Karena sedikitnya alat bantu ketika menggambar dengan pensil itulah yang membuat kita harus belajar memahami dan mengetahui teknik menggambar menggunakan pensil jika ingin mengembangkan hasil karya gambaran kita. Mulai dari teknik mengarsir dan teknik-teknik lainnya untuk membuat gambaran kita terlihat semakin nyata. Nah, di artikel ini kita akan sama-sama belajar teknik-teknik menggambar dengan pensil yang benar dan tepat.

Teknik Arsir

Teknik arsir adalah teknik yang paling banyak diketahui oleh orang. Ya, hal ini memang dikarenakan teknik arsir adalah teknik yang paling banyak digunakan ketika membuat gambar menggunakan pensil. Seperti misalnya menggambar sketsa dimana teknik arsir adalah teknik utama. Hanya saja ada banyak teknik lain dalam teknik arsir tersebut agar hasil gambar menjadi semakin nyata. Teknik arsir adalah teknik yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah bayangan maupun tekstur dari gambar yang kita buat. Ada banyak cara mengarsir seperti mengarsir secara sejajar, menyilang atau yang lainnya. Sementara untuk mendapatkan hasil gambar seperti 2 dimensi kita bisa menggunakan teknik arsir dengan 2 garis menyilang dan teknik arsir melengkung untuk mendapatkan efek melingkar pada gambar. Dari banyaknya teknik mengarsir tersebut, secara ringkas ada 3 jenis teknik arsir yaitu mengarsir biasa, teknik arsing menyilang dan teknik arsir acak untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih bervariasi.

BACA JUGA:  Kenampakan Alam di Perancis

Fungsi Teknik Arsir
1. Memberikan karakter obyek gambar.
2. Memberikan kesan bentuk & volume benda.
3. Memberikan kesan karak & kedalam pada gambar.
4. Mengisi bidang kosong.
5. Finishing touch gambar.

Teknik Stipel

Teknik stipel ini adalah teknik dasar kedua setelah teknik arsir. Beberapa fungsinya hampir sama yaitu untuk menciptakan efek bayangan yang lembut, hanya saja caranya yang berbeda. Jika teknik arsir menggunakan goresan-goresan pensil berbentuk garis, teknik stipel mengharuskan kita hanya membuat titik-titik yang sedikit rapat dengan gradasi berbeda sesuai dengan arah bayangan yang kita inginkan. Untuk mendapatkan hasil yang baik kita bisa menggunakan jenis pensil yang berbeda setiap membubuhkan titik pada kertas gambar kita.Tujuanya agar warna titik-titik yang diciptakan berbeda sehingga membentuk sebuah gradasi yang indah. Karena tekniknya yang memang sedikit sulit membuat cara ini hanya digunakan oleh orang-orang yang keterampilan gambarnya sudah tidak diragukan lagi terutama dalam menggunakan teknik menggambar menggunakan pensil.

BACA JUGA:  Fungsi Antenula

Teknik Dussel

Teknik dussel adalah teknik menggambar yang menurut saya paling ajaib, karena kita menggoreskan pensil di kertas lain dan kemudia menggosokan goresan pensil tersebut sehingga mampu mempercantik gambar kita. Tetapi perlu keterampilan yang tinggi untuk mendapatkan hasil gambar yang baik dengan menggunakan teknik ini. Biasanya teknik ini digunakan untuk menampilkan efek-efek sinar sehingga tampak semakin nyata.