Apa Tujuan dari Permainan Sepak Bola?

ASTALOG.COM – Sepakbola adalah salah satu jenis olahraga yang masih populer hingga saat ini. Tidak hanya itu, sepak bola selain dapat di tonton juga dapat dimainkan oleh semua kalangan umur. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa suka dengan olah raga ini.

Sebelum membahas lebih jauh khususnya tujuan dari olah raga ini, yuk simak dulu sejarah singkat dari sepak bola.

Sejarah Sepak Bola
Olahraga ini sudah ada sejak zaman kerajaan Han di tiongkok China yaitu antara abad ke-2 sampai ke-3 sebelum masehi. Sejak itulah sepak bola mulai berkembang pesat di dunia. Hingga akhirnya pada tahun 1820 olahraga sepak bola sudah dimainkan di area lapangan kampus-kampus terkenal seperti Cambrigde, Amhers, Havard dan lain-lain. Selanjutnya pada tahun 1848 peraturan sepak bola dirundingkan pertama kali di Universitas Cambrigde. Berikut ini adalah catatan penting dalam sejarah perkembangan olahraga sepak bola.

1. Tahun 1863 membentuk asosiasi sepak bola Inggris (FA).
2. Tahun 1885 Kanada vs Amerika adalah pertandingan pertama kali yang diadakan di luar Inggris.
3. Tahun 1886 pertama kali mengadakan rapat untuk membahas pembentukan asosiasi sepak bola dunia.
4. Tahun 1888 mulai diberlakuakan pengawas pertandingan yaitu wasit, bertugas yang memegang kendali penuh saat pertandingan sepak bola berlangsung.
5. Tahun 1888 peraturan tendangan pinalti mulai berlaku.
6. Tahun 1904 oraganisasi olahraga sepak bola FIFA dibentuk dengan anggota Prancis, Swedia, Spanyol, Belanda, Swiss dan Belgia.

Tujuan Permainan Sepak Bola
Meskipun dikenal sebagai permainan, namun sepak bola sebenarnya memiliki tujuan.

1. Mencetak Gol.
Ini adalah tujuan dari sepak bola yaitu menghasilkan gol sebanyak-banyaknya demi kemenangan tim.

2. Mencegah Gawang Jebol
Ini adalah kebalikan dari yang tujuan pertama bermain sepak bola. Jika gawang kita tidak berhasil dijebol musuh dan kita berhasil menjebol gawang musuh, maka dipastikan kita akan meraih kemenangan.

3. Meningkatkan Kerja Sama
Sepak bola bukan permainan egois dari satu orang pemain, sepakbola adalah permainan tim. Ketika tim bekerjasama dengan baik, maka permainan tim menjadi lebih baik.

4. Saling Menghormati
Walaupun kita bertanding dengan tim lain, bukan berarti kita harus bermusuhan dengan mereka. Dalam permainan sepak bola, kita harus saling menghormati lawan untuk menciptakan pertandingan yang damai.

5. Menjaga Sportivitas
Sportivitas dalam sepak bola harus terus dijaga agar rasa keadilan dalam pertandingan tercapai dan semua pihak merasa puas, baik yang kalah maupun yang menang.

6.Misi Perdamaian
Inilah hal yang sangat penting yang ditunjukkan dalam sepak bola.
Walaupun semua pemain bertarung demi klub masing-masing, tetapi setelah pertandingan berakhir tidak ada rasa marah, permusuhan ataupun perkelahian.

Jadi bisa ditarik kesimpulan, tujuan dari permainan sepak bola adalah memasukan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan menjaga agar lawan tidak dapat memasukan bola ke gawan timnya. Untuk mencapai kemenangan dalam pertandiangan, setiap pemain harus menguasai teknik dalam bermain sepak bola.

Teknik Permainan Sepak Bola
Ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola antara lain:

1. Teknik Gerak tanpa Bola
Dalam permainan sepak bola teknik ini sangat menentukan dalam serangan, setiap pemain harus bergerak aktif agar menjdi pemain yang baik.

2. Teknik Gerak Dengan Bola
Teknik gerak dengan bola dilakukan dengan cara menggiring bola. Menggiring bola adalah gerakan mendorong bola dengan ujungkaki atau punggung kaki secara perlahan sambil berjalan atau berlari. Dalam teknik ini akan dijelaskan teknik gerak dengan bola pada pola penyerangan dan pada pola bertahan.