Sebutkan Peran Indonesia di Lingkungan ASEAN

ASTALOG.COM – Sesuai dengan tujuan negara Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa negara ikut serta berperan dalam melaksanakan ketertiban dunia, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dengan demikian Indonesia menyadari pentingnya hubungan kerja sama dengan negara yang lain di berbagai belahan bumi terlebih dengan negara tetangga.

Nah, salah satu bentuk kerjasama Indonesia dan Negara luar ada pada pembentukan ASEAN. Peran Indonesia daam kerja sama negara ASEAN sangat penting. Peran ini mencakup beberapa bidang yang sesuai denga asas dan tujuan ASEAN

Terbentuknya ASEAN
Terbentuknya ASEAN didasari oleh adanya kepentingan-kepentingan bersama dan masalah-masalah bersama di Asia Tenggara. Dengan terbentuknya ASEAN akan memperkukuh ikatan solidaritas, terciptanya perdamaian, dan kerja sama yang saling menguntungkan di antara negara-negara di Asia Tenggara.

ASEAN adalah singkatan dari Association of South East Asian Nations atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Perbara (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara).

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, ibu kota negara Thailand yang diprakarsai oleh lima Menteri Luar Negeri berikut ini.
1. Indonesia oleh Adam Malik
2. Malaysia oleh Tun Abdul Razak
3. Thailand oleh Thanat Khoman
4. Filipina oleh Narcisco Ramos
5. Singapura oleh S. Rajaratnam

Peran Indonesia di ASEAN
Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam daftar ASEAN, maka Indonesia memiliki peran penting didalam ASEAN. Nah, apa saja peran penting dari Indonesia di ASEAN?

1. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Yang Menggagas Lahirnya ASEAN

Wakil Indonesia yang ikut dalam Deklarasi Bangkok adalah Menteri luar negeri yang bernama Adam Malitk. Pada waktu itu, atas nama Indonesia, Menteri Luar Negeri Adam Malik menjelaskan visi indonesia untuk membentuk ASEAN. Kawasan Asia tenggara yang berdiri atas kaki sendiri, mampu mempertahankan diri sendiri terhadap pengaruh pengaruh negatif dari luar kawasan. Visi itu dapat terwujud jika ada kerja sama yang efektif antara negara negara di kawasan tersebut.

2. Meluncurkan Gagasan untuk Menghargai dan melindungi HAM

Dewasa ini HAM menjadi salah satu isu yang telah mendunia. maka Indonesia berusaha untuk mengajak dan mendorong negara negara ASEAN agar lebih menghormati hak asasi manusia dengan cara menaati segala aturan dan norma yang berlaku dalam negaranya

3. Meluncurkan Gagasan Pembentukan Komunitas Keamanan ASEAN

Gagasan pembentukan komunitas keamanan ASEAN ini dikemukakan oleh Menteri Luar Negri Hasa Wirayudha . Dalam gagasan tersebut Indonesia mengedepankan proses pembangunan politik di kawasan tersebut guna mengatasi perbedaan sistem politik yang terlalu mencolok diantara sesama negara ASEAN, tentang kejahatan transisional, terorisme, sparatisme, perampokan, dan sebagainya.

4. Meganjurkan kerja Sama Penukaran Barang dan jasa

Kerja sama Indonesia dalam bidang Ekonomi dengan negara negara ASEAN lainya sudah sejak lama dilakukan untuk memperkuat perdagangan dan mendatangkan kemakmuran. Kerja sama dalam bidang ekonomi itu dapat berupa pertukaran barang dan jasa. Selain itu dalam bidang jasa transportasi darat dan laut kerja sama ini juga bisa terlihat dalam pengiriman tenaga kerja ke malaysia, singapura, dan negara negara tetangga lainya.

5. Menganjurkan Adanya Pementasan Kesenian atau Budaya Negara-Negara ASEAN.

Dalam bidang Sosial budaya, Indonesia dapat melakukan kerja sama dengan negara negara lain berupa pementasan kesenian antar negara-negara ASEAN. Banyak karya karya dari orang indonesia yang turut memperkaya khasanah budaya ASEAN.