Open Office Writer dibuat Oleh?

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).

Pembuat Open Office Writer
OpenOffice.org atau open office writer adalah salah satu teknologi yang dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.

Paket aplikasi ini dapat diperoleh gratis di website openoffice.org, yang terdiri dari komponen pengolah kata (word prosessor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor dan gudang data atau database.

OpenOffice ditujukan sebagai pengganti dari Microsoft Office yang berlisensi amat mahal. Open Office dapat dijalankan dari berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Solaris, Linux dan Mac. OpenOffice mendukung format standar dokumen terbuka dengan ekstensi .odt yang dapat dipertukarkan dengan bebas.

Komponen Open Office Writer
Komponen dalam OpenOffice.org antara lain:

1. OpenOffice.org Writer adalah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk mengolah huruf dan kata. Aplikasi yang ini sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office. Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll. Dokumen yang ada dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Word.

2. OpenOffice.org Calc adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office namun memiliki beberapa perbedaan kecil. Dokumen yang dibuat dapat disimpan dengan format yang bisa dibaca oleh Microsoft Excell.

3. OpenOffice.org Impress adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PowerPoint pada Microsoft Office. Dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh pengguna Microsoft PowerPoint.

4. OpenOffice.org Draw adalah aplikasi yang digunakan untuk menggambar dan dilengkapi dengan tool dalam membuat 3D, membuat efek kewarnaan, dll. Program ini hampir sama dengan Microsoft Visio pada Microsoft Office. Selain itu aplikasi ini memberikan sedikit fungsi dasar yang ada pada CorelDraw.

5. OpenOffice.org Math adalah aplikasi yang digunakan untuk menulis formula (rumus matematika), seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.

6. OpenOffice.org Base adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat database, seperti halnya Microsoft Access pada Microsoft Office. Database yang digunakan dapat dibaca oleh aplikasi Microsoft Access.

Bagian-bagian Open Offie Writer
OpenOffice.org Writer memiliki beberapa bagian beserta fungsinya masing-masing. Bagian-bagiannya antara lain:

1.Title Bar
Bagian pertama dari tampilan OpenOffice.org Writer adalah Title Bar atau Baris Judul yang berada pada jendela paling atas. Bagian ini menjadi indikator nama file yang sedang aktif. Pada gambar diatas, dokumen yang sedang aktif adalah Untitled 1, sedangkan OpenOffice.org Writer adalah nama program aplikasinya. Jika Anda membuka dokumen baru lagi, secara otomatis Title Bar akan menunjukkan nama Untitled2, Untitled3, dan seterusnya.

2.Control Window
Bagian kedua terletak di bagian kanan Title Bar. Bagian ini sering disebut Control Window dan berfungsi untuk mengatur jendela lembar kerja OpenOffice.org Writer.

Terdapat tiga jenis ikon yang mempunyai nama dan fungsi yang berbeda, yaitu:
a. Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.org Writer.
b. Maximize dan Restore, berfungsi untuk memperbesar tampilan layar
OpenOffice.org Writer dan untuk mengembalikan ukuran tampilan jendela ke ukuran semula.
c. Close, berfungsi untuk menutup seluruh lembar kerja OpenOffice.org Writer dan keluar dari programnya. Ikon ini sama dengan perintah File → Exit dari menu bar.

3.Menu Bar
Menu bar pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa menu utama yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer menyediakan sembilan menu yang terdapat pada menu bar. Kesembilan menu yang merupakan menu pull-down tersebut adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window, dan Help. Huruf bergaris bawah pada menu merupakan huruf kunci (shortkey) yang dapat Anda gunakan bersamaan dengan tombol ALT pada keyboard untuk membuka menu-menu tersebut. Sebagai contoh, kita dapat membuka menu Edit dengan menekan tombol ALT + E secara bersamaan.

4.Toolbar Standard
Toolbar adalah sekumpulan perintah berbentuk gambar atau ikon yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Toolbar Standard adalah ikon-ikon utama yang dapat kita gunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

5.Toolbar Formatting Toolbar Formatting
Toolbar formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur, memodifikasi atau memformat objek-objek pada dokumen seperti objek gambar, tabel, dan teks. Toolbar Formatting juga dapat Anda gunakan untuk mengganti jenis, ukuran dan warna huruf.

6.Horizontal Ruler
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas kiri dan batas kanan dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

7.Vertical Ruler
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas atas dan batas bawah dari sebuah paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.

8.Horizontal Scroll Bar
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar bagian teks yang tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat.

9.Vertical Scroll Bar
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.

10.Toolbar Drawing
Toolbar Drawing berisi ikon-ikon yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen yang disertai gambar, auto shapes dan tulisan yang menarik dengan Font Work Gallery.

11.Status Bar
Status Bar Merupakan bagian yang terletak pada posisi paling bawah dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, ukuran tampilan, Caps Lock, Num Lock dan sebagainya.