Apa Gunung Tertinggi di Indonesia?

ASTALOG.COM – Seperti yang Anda ketahui, selain memmiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga dikenal karena keindahannya. Indonesia memiliki berbagai keindahan disetiap sudutnya yang dapat kita nikmati dengan gratis. Salah satu jenis keindahan yang di sajikan oleh Indonesia adalah pemandangan alam gunungnya.

Di Indonesia, terdapat begitu banyak jenis gunung mulai dari yang masih aktif sampai yang sudah tidak aktif lagi. Selain itu, di Indonesia juga terdapat gunung yang menjulang tinggi yang tidak kalah dari Negara luar tentunya.

Nah, apa saja gunung tertinggi yang ada di Indonesia?

1. Gunung Puncak Jaya
Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang menempati urutan pertama dan juga masuk kedalam tujuh puncak tertinggi di dunia (seven summit). Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Provinsi Papua yang juga merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman. Gunung Puncak Jaya ini memiliki gletser yang menjadi satu-satunya gletser tropika di Indonesia. Namun bukti dari Citra Satelit menunjukkan gletser yang ada pada Puncak Jaya telah menyusut dengan cepat yaitu ketebalan 7 meter per tahunnya akibat pemanasan global. Gletser tersebut diprediksi akan hilang pada tahun 2015.

2. Gunung Kerinci, 3.805 meter
Gunung Kerinci terletak Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra. Gunung ini dikelilingi oleh hutan lebat dengan nama Taman Nasional Kerinci Seblat dan menjadi habitat Harimau Sumatra. Puncak gunung Kerinci mencapai 3.805 meter diatas permukaan laut. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Sumatra sekaligus menjadi salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia.

3. Gunung Rinjani, 3.726 meter
Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah gunung Rinjani yang terletak di pulau Lombok bagian utara. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Bagi masyarakat yang memeluk agama Hindu percaya di puncaknya merupakan tempat suci dimana tempat tersebut dihuni para Dewa. Pendakian di gunung Rinjani menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi orang yang hobi pendakian gunung. Pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, terdapat kaldera yang membentuk danau Segara Anak. Danau tersebut digunakan untuk memancing.

4. Gunung Latimojong, 3.680 meter
Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.680 meter diatas permukaan laut dengan puncaknya yang bernama Rante Kambola. Gunung ini merupakan bukan gunung berapi, untuk akses rute pendakian dimulai dari desa Karangan.

5. Gunung Semeru atau Mahameru, 3.676 meter
Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia dengan menduduki urutan kelima. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 meter diatas permukaan laut. Gunung Semeru terletak Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur dan termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini memiliki pesona alam yang indah dan menjadi tempat favorit bagi para pendaki gunung.

Demikian 5 gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Karena Indonesia memiliki banyak gunung, yuk jaga dan lestarikan keindahan alam yang ada di Indonesia.