Apa Saja Bagian-bagian Bunga Sempurna dan Berikan Contohnya

Loading...

ASTALOG.COM – Tidak semua organ-organ bunga memiliki bentuk yang sempurna.Biasanya terjadi perbedaan keseragaman baik itu warna, ada atau tidak adanya salah satu bagian bunga, dan lainnya. Maka dari itu ,sering kita jumpai adanya bunga lengkap dan bunga tak lengkap.

Bunga lengkap umumnya memiliki empat bagian organ bunga yaitu; kelopak bunga, mahkota bunga, putik dan benang sari. Sedangkan bunga tak lengkap umumnya tidak memiliki salah satu atau kedua-duanya dari bagian bunga lengkap.

Bagian-bagian Bunga Lengkap
Berikut beberapa bagian-bagian yang terdapat pada bunga lengkap

1. Tangkai Bunga
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.

BACA JUGA:  Penemuan Sistem Fotosintesis

2. Kelopak Bunga
Kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun.

3. Mahkota Bunga
Mahkota bunga umum nya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat dalam proses penyerbukan.

4. Benang Sari
Benang sari dengan serbuk sari sebagai alat kelamin jantan.
Putik terdapat di bagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik.
Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga

5. Tangkai Sari (filamen)
Tangkai sari berfungsi untuk menyangga kepala sari agar tetap berada pada posisi yang ditentukan Kepala putik (stigma) berfungsi sebagai tempat melekat dan masuknya polen yang berasal dari kepala sari untuk kemudian ditransfer ke bagian ovarium/inti telur melalui tabung serbuk sari

BACA JUGA:  Apa Yang Dimaksud Dengan Outline?

6. Tangkai Putik (stilus)
Tangkai putik berfungsi untuk menyangga kepala putik agar tetap berada pada posisi yang telah ditentukan. Tangkai putik ini memiliki rongga atau saluran tabung serbuk sari yang merupakan tempat untuk lewatnya polen yang berasal dari kepala sari yang kemudian akan diteruskan menuju inti generatif (ovarium) untuk kemudian terjadinya pembuahan

7. Bakal Buah (ovarium)
Bakal buah berfungsi sebagai tempat terjadinya pembuahan, dimana terjadi peleburan antara gamet jantan dengan gamet betina, sehingga dimungkinkan terbentuknya bakal buah

8. Bakal Biji (ovulum)
Bakal biji berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukkan biji untuk kemudian menghasilkan biji yang matang.

Untuk lebih jelasnya, berikut gambar dari bentuk bunga sempurna

BACA JUGA:  Jelaskan Manfaat Sistem Keamanan Lingkungan (SISKAMLING)?

Contoh beberapa bunga sempurna bisa Anda temukan di bunga mawar, matahari, kamboja, alamanda, kembang sepatu, anggrek, latulip, lily, morning glory, bougenvile, bunga tomat, bunga kopi dan bunga strawbery.

Bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit.