Pohon Mahoni Dapat di Manfaatkan Untuk?

Loading...

ASTALOG.COM – Mahoni adalah tumbuhan berbatang keras yang berkulit kasar dan tebal berwarna hitam kecoklatan. Mahoni adalah pohon peneduh dan pelindung di tepi jalan atau di pekarangan.

Mahoni memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, dari mulai sebagai bahan bangunan sampai dengan untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Manfaat Pohon Mahoni
Pohon mahoni memiliki beberapa manfaat untuk manusia, antara lain:

1. Mahoni sebagai Tanaman Agri Bisnis
Mahoni memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi sebagai tanaman tahunan yang dapat ditanam di pekarangan rumah atau pekarangan kosong dan lahan tidur sebagai penghijauan yang dapat mendatangkan keuntungan. Biasanya oleh masyarakat pedesaan, pohon mahoni ditanam bersamaan dengan pohon tahunan lainnya, misalnya sengon atau albasia, yaitu sebagai pagar atau pelindung albasia agar tidak roboh tertiup angin kencang, biasanya pohon mahoni ditanam di sekeliling pohon lainnya sebagai pelindung.

BACA JUGA:  Dampak-Dampak yang Ditimbulkan Akibat Terjadinya Pemanasan Global

2. Mahoni sebagai Tanaman Pelindung
Sebagai pohon pelindung, mahoni juga bermanfaat karena bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% – 69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar. Ketika hujan turun, tanah dan akar-akar pepohonan itu akan mengikat air yang jatuh, sehingga menjadi cadangan air.

3. Batang Mahoni sebagai Bahan Bangunan
Batang pohon mahoni yang tergolong kayu kuat ini dimanfaatkan sebagai bahan bangunan untuk membuat rumah yang memiliki ketahanan yang cukup baik dari serangan hewan pengrusak kayu. Tanaman mahoni mulai dibudidayakan karena kayunya mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. Kualitas kayunya keras dan sangat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Sering juga dibuat penggaris karena sifatnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit dibawah kayu jati sehingga sering dijuluki sebagai primadona kedua dalam pasar kayu.

BACA JUGA:  Sebutkan dan Jelaskan Dasar Pembuatan Simplia?

4. Mahoni sebagai Obat Herbal
Banyak pengobatan herbal yang menggunakan buah mahoni. Buah mahoni mengandung flavonoid dan saponin. Buahnya dilaporkan dapat melancarkan peredaran darah sehingga para penderita penyakit yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah disarankan memakai buah ini sebagai obat, mengurangi kolesterol, penimbunan lemak pada saluran darah, mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam, serta bertindak sebagai antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas, mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak di badan, membantu meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah, serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah.

5. Kulit Pohon Mahoni sebagai Pewarna alami
Pemanfaatan lain dari tanaman mahoni adalah kulitnya dipergunakan untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus bersama kulit mahoni akan menjadi kuning dan tidak mudah luntur.

BACA JUGA:  Fungsi Glukosa Bagi Tubuh Adalah?

6. Getah Mahoni sebagai Bahan Baku Lem
Selain batang dan kulitnya, getah mahoni yang disebut juga blendok juga dapat dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan lem

7. Daun Mahoni sebagai Pakan Ternak
Satu lagi yang juga memiliki manfaat dan nilai ekonomis adalah daun mahoni yang dapat digunakan untuk pakan ternak.

8. Mahoni sebagai Pestisida Alami
Ekstrak biji pohon mahoni juga dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama pada pertanaman kubis, yaitu Plutella xylostella dan Crocidolomia binolalis khususnya pada saat hama berada pada stadia larva. Penggunaan insektisida botani merupakan salah satu alternatif pengendalian yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif akibat penggunaan insektisida sintetik yang tidak bijaksana.